Menu

5 Manfaat Akar Pohon Kelapa Bagi Kesehatan

October 12, 2016 | Akar Akaran

Pohon kelapa merupakan satu dari sekian banyak jenis pohon yang mendunia karena bisa ditemukan dimana saja. Terutama di daerah pesisir pantai, Anda akan menjumpai banyaknya pohon kelapa yang tumbuh disana. Pohon kelapa sendiri tidak hanya menghasilkan buah yang enak melainkan juga kayu serta daun pohon yang berguna bagi kehidupan. Selain itu, akar dari pohon kelapa juga tidak kalah fungsinya dengan bagian tanaman yang lain.

akar-kelapa

Baca juga ya: Kandungan dan manfaat dai akar pepaya

Manfaat akar pohon kelapa bagi kesehatan

Akar dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari- hari, terlebih bagi kesehatan. Adapun beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.

  1. Mengatasi gangguan penyakit kulit

Penyakit kulit terlebih gatal- gatal, memang cukup sering terjadi, terlebih bagi Anda yang mengidap jenis alergi tertentu. Untuk mengatasi gatal atau gangguan penyakit kulit, ada baiknya Anda menggunakan akar dari  tanaman kelapa sebagai solusi pengobatannya.

Cara menggunakan akar kelapa untuk mengobati gatal, cukup mudah dilakukan yakni dengan memotong akar ini sebanyak 2 sampai 3 inci. Jika sudah dibersihkan, Anda bisa merebusnya ke dalam air bersih. Lanjutkan dengan mengonsumsi ramuan dari akar kelapa ini secara rutin rutin sebanyak 1 gelas perhari..

  1. Melancarkan peredaran darah

Melancarkan peredaran darah merupakan hal yang harus dilakukan terutama bagi Anda yang ingin hidup sehat dengan tekanan darah yang stabil. Untuk melancarkan peredaran darah sendiri, bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan akar kelapa.

Terutama bagi Anda yang mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi, manfaat akar kelapa yang satu ini akan sangat cocok bagi anda.

Meski efek pengobatan melalui ramuan akar kelapa tidak bisa langsung dirasakan, namun nyatanya, secara bertahap peredaran darah Anda akan semakin lancar dan stabil. Asalkan, Anda mengonsumsi jenis ramuan ini secara rutin.

  1. Mengatasi gangguan penyakit wasir

Penyakit wasir ataupun ambaien menjadi salah satu penyakit yang sebaiknya segera diobati karena dapat mengakibatkan timbulnya pendarahan. Penyakit ini juga cukup menganggu dan menimbulkan rasa yang sakit pada penderitanya.

Mengobati sakit wasir menggunakan akar kelapa, bisa dilakukan dengan cara merebus akar kelapa untuk kemudian dikonsumsi secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Mengobati gangguan perut

Beragam gangguan perut seperti halnya perut kembung, sembelit, diare hingga masuk angin sekalipun bisa disembuhkan dengan ramuan dari akar kelapa. Jika akar kelapa sudah kering, Anda bisa pula menjadikannya sebagai persediaan dengan cara disimpan di almari untuk sewaktu- waktu digunakan.

  1. Mengobati penyakit demam

Demam menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup banyak dialami oleh seseorang terutama saat musim hujan. Akar kelapa memiliki sifat anti piretik yang berguna dalam menurunkan panas ataupun demam yang tengah diderita.

Ramuan dari akar kelapa yang satu ini tidak hanya digunakan untuk yang sudah dewasa, melainkan juga bagi anak- anak juga bisa. Cara pembuatan ramuan akar kelapa sendiri, bisa dilakukan dengan cara menumbuk akar  kelapa terlebih dahulu, untuk selanjutnya direbus ke dalam air bersih dan tunggu sampai mendidih.

Konsumsi ramuan sehat yang satu ini sebanyak 2 kali dalam sehari hingga panas ataupun demam yang tengah diderita turun. Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan akar kelapa sebagai penurun demam adalah dengan memilih jenis akar kelapa yang sudah kering.

Manfaat akar kelapa tidak hanya terbatas bagi kesehatan manusia melainkan juga berguna bagi kehidupan sehari-hari. beberapa orang memanfaatkan akar dari kelapa untuk digunakan sebagai bahan dasar kerajinan yang cukup menarik untuk dikoleksi.

Related For 5 Manfaat Akar Pohon Kelapa Bagi Kesehatan