Menu

Wow, Inilah 7 Manfaat Campuran Kunyit dan Jeruk Nipis Yang Menakjubkan

September 5, 2016 | Kunyit

Baik kunyit maupun jeruk nipis sama-sama memiliki banyak khasiat tidak hanya sebagai bumbu masakan tapi juga baik bagi kesehatan. Kandungan kurkuminoid pada kunyit terkenal sebagai anti bakteri, mengurangi peradangan serta menghambat perkembangan sel-sel kanker. Sedangkan jeruk nipis juga terkenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit seperti batuk, amandel serta merawat kulit.

Kombinasi dari kedua bahan ini tentu memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Lalu apa saja khasiat yang bisa Anda dapatkan dari campuran kedua bahan alami ini? Berikut ini ulasan manfaat campuran kunyit dan jeruk nipis bagi kesehatan.

Manfaat kunyit dan jeruk nipis

Beberapa Manfaat Campuran Kunyit dan Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

  1. Mengobati usus buntu

Bagi Anda yang mengalami gejala usus buntu,  mengkonsumsi campuran kunyit dan jeruk nipis diyakini mampu mengobati usus buntu yang anda derita. Anda bisa membuat ramuan ini dengan mencampur air perasan 1 butir buah jeruk dan parutan 1 rimpang kunyit dengan 1 potong gula aren dan sedikit garam.

Campuran tersebut kemudian diseduh dengan air panas 1 gelas lalu disaring untuk diminum. Anda bisa meminum campuran ini setiap pagi sehabis makan.

  1. Meredakan sakit amandel

Jika Anda memiliki sakit amandel yang sering kambuh-kambuhan, tentu hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain meminum obat-obatan, Anda bisa meminum ramuan herbal campuran jeruk nipis dan kunyit untuk meredakan sakit amandel ini.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup mencampur air perasan jeruk nipis dan air perasan 1 rimpang kunyit yang diparut, kemudian campurkan dengan 2 sendok madu dan air hangat ½ gelas. Aduk campuran ini hingga merata kemudian saring. Anda bisa meminum ramuan ini 2 hari sekali secara rutin agar sakit amandel tak kambuh lagi.

  1. Mengurangi rasa nyeri pada hari pertama haid

Campuran kunyit dan air perasan jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada saat hari pertama haid.

Anda bisa membuat ramuan pereda nyeri haid ini dengan cara mencampur air perasan 1 rimpang kunyit, ½ rimpang kencur dan 1 rimpang jahe yang diparut dengan air perasan jeruk nipis.

Kemudian seduh campuran tersebut dengan ½ gelas air panas lalu saring airnya. Jangan lupa tambahkan garam dan gula secukupnya ketika diminum pada hari pertama haid.

  1. Meredakan nyeri arthritis

Untuk meredakan nyeri sendi atau arthritis, Anda bisa menggunakan pasta yang terbuat dari campuran bubuk kunyit sebanyak 2 sendok makan dengan satu sendok makan air perasan jeruk nipis. Aplikasikan pasta ini ke daerah yang terkena arthritis, diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air. Langkah ini bisa diulangi hingga nyeri mereda.

  1. Mengobati penyakit eksem

Penyakit eksem yang sering menyerang permukaan kulit, sulit untuk hilang sepenuhnya dan sering muncul kembali ketika penderita mengalami stres maupun terkena zat pemicu eksem.

Bagi Anda yang memiliki penyakit eksem, Anda bisa mengaplikasikan pasta yang terbuat dari parutan kunyit, air perasan jeruk nipis dan sesendok air kapur sirih ke bagian yang terkena eksem.

  1. Memutihkan kulit secara alami

Selain untuk menyembuhkan penyakit, kunyit dan jeruk nipis juga bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami dan membuat kulit terasa lebih kencang. Anda bisa menggunakan campuran kunyit dan air jeruk nipis sebagai masker maupun lulur.

Cara membuatnya cukup mudah yakni dengan mencampur 100 ml air perasan jeruk nipis, susu bubuk sebanyak 1sdm dengan kunyit bubuk 1sdm.

Campuran ini kemudian dioleskan ke bagian wajah secara merata. Lakukan hal ini sambil memberi pijatan ringan ke kulit wajah. Setelah didiamkan selama 30 menit kemudian basuh dengan air hangat.

  1. Mengobati jerawat

Selain membantu memutihkan kulit, masker campuran kunyit dan air jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengobati jerawat. Senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti bakteri dan anti septik, sedangkan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis bermanfaat sebagai antioksidan penangkal kerusakan kulit.

 

Related For Wow, Inilah 7 Manfaat Campuran Kunyit dan Jeruk Nipis Yang Menakjubkan