Menu

Beberapa Obat Herbal Jahe Merah

February 4, 2015 | Informasi Jahe Merah

obat herbal jahe merahObat herbal jahe merah  merupakan salah satu jenis obat herbal yang populer di pasaran. Jahe telah lama dikenal sebagai salah satu tanaman berkhasiat yang lazim digunakan sebagai bahan jamu ataupun obat herbal tradisional. Jahe merupakan jenis tanaman temu – temuan yang memiliki akar rimpang dimana rimpang tersebut digunakan sebagai tempat untuk menyimpan minyak atsiri yang dihasilkan oleh tanaman ini. Minyak atsiri dengan berbagai macam kandungan senyawa dan nutrisi tersebutlah yang memberikan rasa pedas dan hangat serta memberi berbagai macam khasiat pada rimpang akar tanaman jahe ini.

Beberapa Kandungan Berkhasiat Rimpang Jahe Merah

Salah satu kandungan utama dari rimpang jahe merah adalah senyawa keton yang diberi nama Zingeron; nama tersebut berasal dari nama latin tanaman jahe yaitu Zingiber officinale. Rasa pedas di lidah dan hangat di badan berasal dari minyak atsiri yang mengadung senyawa keton tersebut. Selain itu masih ada beberapa kandungan lain yang bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan. Kandungan minyak terbang dan gingerol seperti limonene, caprylic acid dan arginine merupakan kandungan lain dari akar rimpang jahe merah yang memberi manfaat bagi kesehatan. Selain itu; terdapat pula kandungan unsur pati semacam tepung kanji dan serat resin serta minyap menguap atau volatile oil dan minyak tidak menguap atau non volatile oil yang terdapat pada rimpang jahe merah.

Minyak atsiri yang terkandung dalam jahe merah memiliki beberapa senyawa sebagai komponen utamanya seperti n-nonylaldehyde, methyl heptenone, chavicol dan zingiberene. Hampir semua senyawa yang terkandung dalam minyak atsiri jahe merah merupakan bahan – bahan yang lazim digunakan dalam dunia farmasi untuk membuat berbagai macam obat. Hal itula yang membuat obat herbal jahe merah menjadi populer dan memberi berbagai macam manfaat layaknya obat pabrikan dengan keuntungan minim atau bahkan tanpa efek samping karena merupakan produk herbal. Unsur minyak tidak menguap yang cukup besar adalah minyak oleoresin; kandungan tinggi minyak inilah yang membuat jahe merah terasa lebih pedas dan lebih pahit dibandingkan dengan jenis jahe lain.

Manfaat Jahe Merah Sebagai Obat Herbal

Jahe merah merupakan tanaman herbal yang kaya akan manfaat dan khasiat dengan harga terjangkau. Ada banyak obat herbal yang dibuat dengan bahan jahe merah. Kebanyakan dari obat herbal berbahan jahe merah memiliki khasiat untuk mengatasi rasa nyeri atau linu, meningkatkan kinerja sistem pencernaan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemampuan untuk meregenerasi sel darah putih membuat obat herbal dari jahe merah dapat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jahe merah juga dikenal memiliki khasiat menambah stamina. Sedangkan bagi pria dewasa dengan masalah seksual; obat herbal berbahan jahe merah dapat mengatasi lemah syahwat dan ejakulasi dini serta mampu meningkatkan libido. Informasi kandungan zat aktif, manfaat serta khasiat jahe merah tersebut semoga dapat berguna bagi siapapun yang ingin mengkonsumsi obat herbal jahe merah.

Related For Beberapa Obat Herbal Jahe Merah