Menu

Tips Membeli Bibit Jahe Gajah

September 20, 2015 | Jahe gajah

bibit jahe gajahTips Membeli Bibit Jahe Gajah Bonggol atau Siap Tanam

Bibit jahe gajah yang baik ialah yang diambil langsung dari perkebunannya. Kemudian dipilih yang bebas penyakit dan terbaik kondisinya. Sebelum ditanam dilakukan proses penyemaian agar pertumbuhan merata dan seragam.

Namun, bagi Anda yang tak ingin terlalu repot dengan proses persiapan tersebut bisa membeli bibit yang sudah siap tanam. Anda bisa mendapatkannya secara offline di petani jahe yang menyediakannya atau lewat internet, dimana sudah banyak penjual bibit unggul jahe gajah siap tanam.

Tips Membeli Bibit Jahe Gajah Siap Tanam

Bibit berkualitas harus memenuhi syarat mutu fisiologis (terkait pertumbuhan yang tinggi), mutu fisik dan mutu genetik. Jika Anda membeli bibit yang masih harus disemai sebaiknya diambil dari tanaman tua berusia 9 – 10 bulan.

Lalu, lakukan proses penyemaian dengan bedengan atau peti kayu. Masing-masing ada tata caranya dan harus disesuaikan. Setelahnya, bibit dibebaskan dulu dari ancaman penyakit sebelum siap ditanam.

Namun, bagi Anda yang membeli bibit unggulan siap tanam sebaiknya lebih teliti mengetahui informasi dan spesifikasi bibit yang dijual. Penjual terpercaya pastinya akan dengan senang hati memberitahu detail bibit yang dijualnya. Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain:

– Sudah melewati proses seleksi rimpang, kebusukan dan perkecambahan.

– Perkecambahan dari bibit baik dan sekitar 80 persen dengan tinggi 5 cm ke atas.

– Ketahui umur bibit siap tanam. Biasanya sekitar 3 sampai 3 minggu.

– Akan baik jika bibit dan lahan perkebunan bersertifikasi.

Selain lebih simpel dan mudah, membeli bibit jahe gajah siap tanam memiliki keuntungan lain. Yakni tingkat keberhasilan penanaman lebih tinggi dan mendekati 100 persen, sehingga menghindari resiko gagal.

Harga Bibit Jahe Gajah di Pasaran

Penjual bibit jahe gajah menerapkan harga yang bervariasi dengan tawaran menarik lainnya. Untuk bibit jahe gajah siap tanam umumnya dipatok harga sekitar Rp 800 hingga Rp 1500 per bibit. Sedangkan bibit yang masih berupa bonggol harganya lebih murah lagi.

Diskon biasanya berlaku untu pembeli yang memesan dalam jumlah banyak. Tak hanya itu, untuk pemesanan dalam jumlah tertentu penjual umumnya memberikan pelayanan tambahan dengan bebas ongkos kirim atau tambahan fasilitas seperti buku serta e-book berisi tutorial budidaya jahe.

Tak hanya itu, penjual bibit jahe biasanya juga menyediakan media alternatif untum menanam jika tak memiliki lahan cukup, misalnya seperti polybag. Umumnya satu polybag ditanam 3 sampai 6 bibit jahe gajah. Jadi, jika Anda ingin berbisnis dengan budidaya jahe, pertimbangkan berapa banyak bibit yang dibutuhkan, media yang digunakan dan jumlah yang sesuai.

Sebaiknya Anda perlu mengumpulkan banyak informasi, melakukan survey dan menyusun rincian keperluan sebelum memulai budidaya jahe gajah. Semua langkah tersebut tentu harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jika anggaran sudah tersusun baik selanjutnya memilih tempat terpercaya membeli bibit jahe gajah.

Related For Tips Membeli Bibit Jahe Gajah