Menu

Bibit Jahe Merah

February 22, 2015 | Budidaya Jahe Merah

Bibit jahe merah

Mengetahui lebih jelas tentang bibit jahe merah

Bibit jahe merah  sedang menjadi hal yang populer di kalangan masyarakat dan semua orang ingin memilikinya. Mungkin bibit ini terdengar biasa saja di telinga kita, namun bibit ini akan sangat berguna untuk kemudian hari. Itulah mengapa banyak orang ingin menanam bibit tersebut di sekitar rumah mereka. Sudah banyak yang mempercayai bahwa jahe merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Berbeda dengan jahe pada umumnya yang sering digunakan untuk bumbu dapur, jahe merah digunakan khusus sebagai obat. Bagi anda yang ingin mengenal lebih banyak tentang bibit tanaman herbal tersebut, mari kita mengupasnya satu per satu.

Spesifikasi Bibit Jahe Merah

Ditengok dari sub judul di atas, mungkin anda akan tertawa dan berfikir, apakah perlunya informasi mengenai spesifikasi bibit jahe tersebut. Hal ini diinformasikan supaya anda tidak salah ketika membeli bibit tanaman tradisional tersebut. Ada beberapa spesifikasi yang harus anda lihat dan mengerti. Jadi, ketika anda membeli bibit ini, pastikan anda mendapatkan bibit yang sudah siap tanam. Bibit yang sudah siap tanam berarti bibit tersebut sudah melewati proses penyemaian dan penyulaman juga seleksi pembusukan bibit juga tidak adanya kecambah benih. Selain itu, bibit jahe  merah ini diperjual-belikan dengan menggunakan sertifikat. Pastikan anda mendapatkan sertifikat yang menjelaskan asal rimpang dari kebun yang telah memiliki sertifikasi. Perhatikan standar bibitnya, bibit yang baik akan sampai pada 80% perkecambahan dan memiliki tinggi sekitar 7 sentimeter. Ketika anda sudah mendapatkan bibit jahe tersebut, otomatis bibit tersebut langsung bisa ditanam. Anda tidak perlu melakukan penyemaian yang melelahkan. Bibit jahe merah yang baik juga bebas dari OPT.

Bibit Jahe Merah Lokal

Tentunya ketika anda membeli bibit jahe tersebut pasti anda menginginkan bibit jahe yang baik dengan kualitas yang tidak mengecewakan. Bibit lokal dipercaya memiliki kualitas yang baik dilihat dari genetik dan penampakan fisiknya. Fisik bibit jahe yang layak jual dan tanam harus bebas penyakit dan juga hama. Bahan atau bibit jahe jenis jahe merah ini yang memiliki kualitas baik adalah bibit yang diambil dari kebun atau pekarangan sendiri. Perlu diingat bahwa bibit yang diambil di pasar tidak memiliki kualitas dari hasil kebun sendiri. Bibit dengan kualitas baik akan diambil dari tanaman jahe merah yang umurnya sudah tua, yaitu sekitar 10 hingga 12 bulan. Selain itu, bibit yang sehat akan dipilihkan dari tanaman jahe merah yang sehat pula dengan kulit rimpang mulus dan tidak terluka. Saat ini, bibit tanaman berkhasiat ini bisa didapatkan di banyak tempat. Bahkan, anda juga bisa memperolehnya dengan cara membeli online. Membeli bibit jahe merah tidak sesulit yang dibayangkan jika anda berminat.

Baca Juga: MemBudidayakan jahe merah organik

Related For Bibit Jahe Merah