Menu

Bisnis jahe merah yang menguntungkan

January 27, 2015 | Bisnis Jahe Merah

Bisnis jahe merahBisnis jahe merah – Siapa yang tidak kenal dengan jahe merah, saat ini tanaman ini begitu terkenal, bahkan bisnis jahe merah juga ikut terkenal. Tanaman ini banyak digunakan untuk beberapa jenis minuman, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai tanaman obat. Bahkan saat ini kita dapat menemui tanaman rimpang ini di beberapa pasar tradisional dan di beberapa supermarket.

Tanamaman ini selain dapat digunakan sebagai bumbu masak ada juga khasiat lain yang akan kita dapatkan, seperti sebagai antioksidan, analgesik, antiinflamasi, antikarsiogenik, kardiotonik, pencegah obesitas, anti diare, anti anti hiperlidemia, anti kolesterol, dan dapat melencarkan aliran darah, dan masih banyak lagi manfaat lain yang akan kita dapatkan ketika kita mengkonsumsi jahe merah.

Peluang bisnis

Menanam tanaman ini akan menjadi sebuah peluang bisnis jahe merah yang sangat baik, karena saat ini :

  • Permintaan jahe merah cukup tinggi, baik untuk kebutuhan di dalam negeri maupun di luar negeri. Seperti kita ketahui jahe mempunyai banyak sekali khasiat, maka dari itu tanaman rimpang ini banyak yang mencarinya.
  • Teknis penanaman jahe merah juga cukup mudah. Kita juga dapat menggunakan media tanam menggunakan sistem polybag, karung, dengan demikian maka tanaman ini tidak membutuhkan waktu yang luas.
  • Harga jahe merah memiliki nilai ekonomis yang cukup baik. Jahe merah juga dapat kita olah sendiri dan itu akan meningkatkan harga jual.
  • Belum banyak yang mengelola jahe merah, itu sebabnya jahe merah agak sulit untuk didapat.
  • Biaya yang harus untuk dikeluarkan untuk proses budidaya tanaman ini juga tidak terlalu mahal.

Beragam olahan jahe merah

  • Ketika kita hendak membudidaya tanaman jahe, maka kita perlu memperhatikan bibit yang akan kita gunakan, cari bibit jahe yang berkualitas.
  • Perhatikan cara membudidaya tanaman jahe dengan baik, agar terhindar dari serangan hama.
  • Persiapkan humus dan juga pupuk dari kotoran hewan agar hasil tanaman menjadi organik dan hasil yang akan didapat juga semakin banyak.
  • Persiapkan juga jaring untuk membuat screen, agar tanaman jahe tidak terlalu terkena terik matahari.
  • Lakukan proses penyiraman secara rutin, agar tanaman tidak terlalu kering ketika musim kemarau.
  • Lakukan pemangkasan, dan pemupukan secara rutin, agar tanaman yang dihasilkan semakin bagus. Pemupukan dapat dilakukan seminggu sekali, sebaiknya menggunakan pupuk organik.

Manfaat menanam jahe merah

Jahe dapat dioleh menjadi beragam produk, seperti :

1. Minuman

Ada berbagai macam minuman yang menggunakan jahe merah, seperti wedang, bandrek, bir pletok, sekoteng, syrup jahe merah,dll.

2. Bahan dasar kue

Jahe merah dikenal dengan rasa pedas yang unik, maka dari itu jahe merah kadang kala digunakan pada beberapa resep kue, seperti kue jahe, dll.

3. Bahan obat

Kandungan berbagai nutrisi yang terdapat dalam jahe membuat jahe dapat dijadikan berbagai macam obat, seperto obat masuk angin, obat pegel linu, obat untuk menghangatkan badan, dll.

Dengan banyaknya beragam jenis olahan dari jahe merah, membuat tanaman rimpang ini menjadi bisnis jahe merah yang menjanjikan.

Baca Juga: Peluang Usaha Jahe Merah

Related For Bisnis jahe merah yang menguntungkan