Menu

Cara Mengolah Jahe dan Mengkudu untuk TBC

May 2, 2016 | Campuran Jahe

Tuberculosis atau yang biasa disingkat dan dikenal dengan TBC adalah salah satu penyakit yang menular. TBC ini disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis yang bisa menyebabkan saluran pernafasan menjadi terinfeksi. Sementara itu, tingkat kematian akibat TBC ini tergolong masih tinggi.

Baca juga: Manfaat Campuran Jahe dan Telur Bebek

Tanda -Tanda TBC

Banyak orang yang mengabaikan kehadiran penyakit TBC ini. Selain muncul dengan gejala awal batuk yang ringan, penyakit ini juga mempunyai gejala lain yang khas. Gejala TBC yang lain adalah demam yang cukup lama namun tidak terlalu tinggi, badan terasa lemah, nafsu makan menurun, sesak nafas dan munculnya rasa nyeri pada dada.

Cara penularan TBC

Penularan penyakit ini sangat mudah yaitu dengan melalui udara yang telah tercemar oleh bakteri penyebab TBC, dan biasanya bakteri ini keluar pada saat penderita TBC batuk ataupun bersin. Jika udara yang telah tercemar itu dihirup oleh orang lain yang memiliki daya tahan tubuh rendah, maka orang tersebut akan mudah tertular penyakit TBC ini.

Cara pencegahan agar tidak tertular TBC

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah agar tidak tertular penyakit TBC, yaitu membatasi kontak langsung dengan si penderita, menjaga lingkungan agar tetap sehat, melakukan olahraga, memakan makanan sehat dan pada balita bisa dilakukan dengan memberikan vaksin BCG secara rutin.

Namun, jika seseorang telah terlanjur terkena penyakit TBC, maka tidak ada jalan lain selain mengobatinya. Pengobatan TBC biasanya dilakukan selama 6-9 bulan. Pengobatan penyakit TBC memang lama karena bakteri penyebab TBC termasuk bakteri yang tahan asam.

Jika bakteri telah menjadi kuat, maka obat yang biasa dipakai harus diganti dengan obat lainnya yang lebih mahal dan lebih keras. Karena konsumsi obat harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama, akan muncul efek negatif, seperti terganggunya fungsi penglihatan dan pendengaran, muntah, demam, gatal-gatal, lemas, nyeri perut dan lain-lain.

Cara Alami Mengobati TBC Dengan Jahe Dan Mengkudu

Jahe dan mengkudu

Namun sebenarnya, ada cara tradisional yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit membahayakan ini, yaitu dengan menggunakan jahe dan mengkudu. Baik jahe maupun mengkudu sama-sama memiliki senyawa antibakteri sehingga jika keduanya dicampurkan maka akan lebih efektif dalam mengatasi bakteri penyebab TBC.

Jahe mengandung gingerol sebagai antibakteri sedangkan mengkudu memiliki senyawa antrakuinon dan akubin. Selain itu, jahe dan mengkudu sama-sama memiliki sifat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunostimulan.

Cara membuat ramuan obat untuk TBC dengan menggunakan jahe dan mengkudu ini cukup mudah, yaitu:

  1. Siapkan alat dan bahan yang digunakan. Mengkudu yang digunakan untuk ramuan ini adalah mengkudu yang belum terlalu matang
  2. Cuci bersih kedua bahan
  3. Parut kedua bahan lalu rebus dengan 3 gelas air  sampai tersisa hanya 2 gelas

Minum ramuan ini secara rutin, sehari sekali agar bakteri penyebab TBC dapat benar-benar hilang. Demikian cara mengolah jahe dan mengkudu untuk TBC. Semoga bermanfaat untuk anda.

Related For Cara Mengolah Jahe dan Mengkudu untuk TBC