Menu

Cara Mudah Budidaya Jahe Merah

January 10, 2015 | Budidaya Jahe Merah

Budidaya Jahe merahBudidaya jahe merah sudah banyak dilakukan banyak orang. Budidaya tanaman tradisional ini tidak hanya dilakukan oleh orang Indonesia saja, namun beberapa negara telah mencoba membudidayakan tanaman dengan aroma yang khas ini. Contohnya, negara-negara seperti Australia, Jepang, Pakistan, Yunani, Tiongkok, dan bahkan India telah mencoba mengembangbiakan tanaman jahe merah ini. Yang lebih mencengangkan lagi adalah terpilihnya India sebagai produsen jahe merah terbesar di dunia. Hampir 50 persen dari seluruh produksi jahe merah di dunia dihasilkan oleh negara India. Faktanya, menaman jahe merah tidak terlalu sulit karena anda pun bisa melakukannya di rumah. Apabila anda memiliki kebun atau pekaranga, membudidayakan jahe merah akan menjadi lebih mudah. Namun, apabila tidak memiliki pekarangan yang cukup, anda bisa menanam jahe merah di dalam polybag. Tertarik untuk membudidayakan jahe merah di rumah? Berikut ulasan mengenai cara berbudidaya jahe merah dengan mudah.

Iklim untuk Budidaya Jahe Merah

Sebelum anda membudidayakan tanaman tradisional ini, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, yaitu keadaan iklim dan media tanam yang akan dipakai untuk membudidayakan jahe merah. Untuk membudidayakan jahe merah, pastikan anda mengetahui curah hujan di area penanaman. Jahe merah membutuhkan curah hujan yang cukup tinggi dalam masa penanamannya. Selain membutuhkan curah hujan yang tinggi, tanaman jahe merah juga harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Ketika jahe merah memasuki usia 2 sampai 7 bulan, pastikan tanaman ini mendapatkan sinar matahari sepanjang hari secara cukup. Untuk memudahkan anda, pastikan budidaya jahe merah dilakukan di tempat yang terbuka dan mendapat akses sinar matahari secara mudah. Selain itu, suhu disekitar tanaman jahe merah juga harus diperhatikan. Pastikan suhu udara untuk berbudidaya tanaman tradisional ini berada sekitar 25 hingga 30 derajat celcius.

Media Tanam untuk Budidaya Jahe Merah

Tidak semua jenis tanah dapat digunakan sebagai media tanam dari tanaman jahe merah. Anda perlu memperhatikan keadaan tanah sebelum mulai menanamnya. Jahe merah hanya akan tumbuh pada tanah yang subur dan terdapat banyak kandungan humus. Jangan lupa untuk melihat kadar keasaman tanah, karena jahe merah tumbuh pada tanah dengan ph sekitar 4 – 7. Bagi anda yang tinggal di daerah tropis maupun sub tropis, anda bisa mencoba menanam jahe merah di pekarangan anda. Selain iklim dan media tanam yang harus diperhatikan saat akan membudidayakan jahe merah, masih banyak hal yang harus diketahui, seperti contohnya bibit, cara penyemaian, persiapan lahan untuk menanam, penanaman, pemeliharaan tanaman jahe merah tersebut, tekhnik pemupukan yang tepat, dan juga pengairannya. Informasi di atas mungkin membuat anda menjadi tertarik untuk budidaya jahe merah di sekitar pekarangan rumah anda.

Related For Cara Mudah Budidaya Jahe Merah