Menu

Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

December 1, 2016 | Daun Daunan

Pohon bidara termasuk pohon yang berkategori kelas semak, sehingga ciri-cirinya pun seperti semak belukar dengan kecepatan tumbuh yang besar. Pohon ini bercabang dan banyak durinya. Pohon bidara cukup mudah ditemukan karena bisa subur di semua wilayah. Biasanya penyebaran bibit tanaman ini ini dilakukan oleh burung yang memakan buah bidara. Salah satu bagian dari pohon ini yang dimanfaatkan dalam pengobatan adalah daunnya.

daun-bidara

Ciri-ciri Daun Bidara

Daun bidara bentuknya lingkaran atau elips. Warnanya hijau dengan permukaan daun yang mengkilat. Semua daunnya mempunyai garis daun yang terlihat jelas.Panjang daun sekitar 4-6 cm dengan lebar sekitar 2,5 cm hingga 6,5 cm.

Manfaat Daun Bidara

1. Mempercepat penyembuhan luka

Daun bidara memiliki kandungan zat anti inflamasi yang berperan mempercepat penyembuhan luka. Jadi jika anda mengalami luka tergores atau lecet atau luka akibat jatuh, anda bisa membuat ramuan daun bidara ini dengan cara:

– Siapkan daun bidara yang sudah kering secukupnya.
– Tumbuklah hingga menjadi bubuk halus
– Campurkan hasil tumbukan dengan sedikit air
– Oleskan pada bagian tubuh yang terluka
– Lakukan secara rutin hingga sembuh.

2. Mengobati luka bakar

Daun bidara memiliki selain mengandung zat inflamasi juga memberikan efek dingin pada kulit, Oleh karena itu cocok digunakan untuk mengobati luka bakar. Cara penggunaannya pun sama dengan cara di atas.

3. Mengatasi Gejala Depresi

Depresi merupakan gangguan yang disebabkan oleh penegangan di bagian syaraf dengan ditandai suasana hati yang terpuruk dalam kurun waktu tertentu sehingga menyebabkan menurunnya motivasi untuk melakukan berbagai aktivitas. Jika anda mengalami kondisi tersebut, segeralah membuat ramuan daun bidara untuk mengatasinya agar tidak berkepanjangan.

Pengobatan daun bidara untuk mengatasi depresi ini sudah diteliti oleh sebuah lembaga penelitian farmasi dan dipublikasikan dalam jurnal Ethnopharmacology tahun 2011. Selain itu ada banyak produk daun bidara yang diolah menjadi minuman yang berfungsi memberikan efek tenang dan nyaman, terutama untuk orang tua dan orang dewasa yang sedang mengalami banyak permasalahan.

4. Mengobati Penyakit akibat Bakteri atau Virus

Kandungan senyawa antibakterial dalam daun bidara dipandang mampu untuk mengobati segala penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, seperti influenza, flue babi, flue burung, ataupun HIV/Aids.

Baca juga: Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Akasia

5. Mengobati masalah mulut

Sariawan, bibir pecah-pecah, bau mulut yang tidak sedap, gigi berdarah, dan permasalahan mulut lainnya dapat diatasi dengan menggunakan ramuan bidadara ini.

6. Mengatasi masalah kewanitaan

Ramuan yang dibuat dari daun bidara juga bisa mengatasi berbagai masalah kewanitaan, seperti keputihan atau haid yang tidak normal.

7. Mengatasi kulit Kering dan mengobati jerawat

Anda bisa membuat masker wajah dari daun bidara ini untuk mengatasi kulit wajah yang kering atau munculnya jerawat yang membandel. Caranya yaitu:

– Siapkan daun bidara secukupnya
– Tumbuklah hingga menjadi bubuk halus
– Tambahkan air, perasan jeruk lemon dan madu
– Oleskan masker tersebut pada wajah anda secara merata
– Diamkan beberapa menit
– Bilaslah dengan air hangat hingga bersih.

8. Meningkatkan nafsu makan

Senyawa dan aroma segar dari daun bidara menjadikannya efektif untuk mengatasi orang-orang yang memiliki selera makan rendah. Daun bidara dapat diolah menjadi kapsul atau teh untuk diminum . Mereka pun akan mendapatkan selera makan mereka dan merubah pola makan sebelumnya. Biasanya daun bidara ini juga digunakan untuk masa pemulihan orang sakit yang pada umumnya lidah mereka masih terasa pahit dan tidak enak untuk makan.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat yang dapat anda temukan dari daun bidara. Sebaiknya anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Related For Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan