Menu

Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Cengkeh

November 26, 2016 | Daun Daunan

Tanaman cengkeh merupakan tanaman herbal yang tumbuh berlimpah ruah di Indonesia. Cengkeh memiliki aroma khas yang sangat harum. Sehingga tak heran jika cengkeh kerap digunakan sebagai rempah-rempah yang di campurkan dalam berbagai jenis makanan khas nusantara. Cengkeh mempunyai manfaat yang sangat banyak, dalam kehidupan sehari-hari kita, mulai dari pohon cengkeh, daun, bunga, hingga akar dari tanaman ini semuanya dapat dimanfaatkan. Dan salah satu bagian dari tanaman cengkeh yang berperan aktif sebagai obat herbal adalah daun cengkeh.

manfaat-daun-cengkeh

Ciri-ciri daun cengkeh

Daun cengkeh bukan termasuk dalam kategori daun lengkap. Itu karena daun cengkeh hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun saja. Dan juga, daun cengkeh ini tidak memiliki pelepah daun. Daun cengkeh merupakan daun majemuk karena dalam satu tangkai terdapat lebih dari satu daun

Kandungan daun cengkeh

Daun cengkeh dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit, karena daun cengkeh memiliki berbagai kandungan sehat. Diantaranya:

  1. Eugenol
  2. Antiseptik

Bukan hanya daun cengkeh yang mempunyai kandungan sehat, bunga cengkeh juga mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan, Seperti falvanoid, eugenol, antioksidan, zat ekspektoran, dan lain sebagainya.

Baca juga: Kandungan, Ciri Ciri dan Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat daun cengkeh

Beberapa manfaat daun cengkeh bagi kesehatan dan kecantikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyingkirkan kuman

Salah satu manfaat daun cengkeh yang bermanfaat bagi kesehatan adalah dapat menyingkirkan kuman pada badan. Hal ini terjadi karena daun cengkeh mengandung zat eugenol yang berbentuk antiseptik.

  1. Menyembuhkan sakit gigi

Manfaat lain dari daun cengkeh adalah untuk menyembuhkan sakit gigi. Sakit gigi diakibatkan oleh kuman yang menempel pada gigi akibat adanya kotoran yang tersisa. Daun cengkeh dapat digunakan untuk membersihkan bakteri dan kuman penyebab sakit gigi tersebut.

  1. Menyembuhkan infeksi pernapasan

Manfaat daun cengkeh juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi yang terdapat dalam saluran pernapasan. Hal ini terjadi karena daun cengkeh dapat menghilangkan lendir yang biasanya menghambat pernapasan. Lendir inilah yang membuat seseorang mengalami infeksi pernapasan. Oleh karena itu, untuk seseroang yang memiliki masalah pernapasan, sangat baik untuk mengkonsumsi daun cengkeh.

  1. Menyingkirkan noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat merupakan noda yang sangat mengganggu penampilan dan sangat sulit untuk dihilangkan. Cara alami yang dapat menghilangkan noda bekas jerawat adalah daun cengkeh. Hal ini terjadi karena daun cengkeh mengandung antiseptik yang tinggi. Dengan menggunakan obat herbal berupa daun cengkeh secara rutin, makaa noda bekas jerawat akan hilang dan wajah tampak bersih tanpa noda.

  1. Pewangi baju alami

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata daun cengkeh juga dapat menjadi pewangi pakaian secara alami. Bau wangi yang dikeluarkan oleh daun cengkeh dapat menghilangkan bau tidak sedap dalam baju kita. Oleh karena itu, dalam hal menjaga keharuman pakaian, kita dapat memanfaatkan daun cengkeh. Dengan menggunakan daun cengkeh sebagai bahan pewangi pakaian, selain menciptakan bau wangi yang alami, juga dapat menghemat biaya.

  1. Dapat dijadikan pestisida

Daun cengkeh dapat dimanfaatkan sebagai obat pestisida yang bisa diaplikasikan pada lahan yang sangat luas. Dalam penggunaan daun cengkeh sebagai pestisida ini, membutuhkan keterampilan dan kejelian dalam hal pengelolannya. Walau demikian, hasilnya akan sangat memuaskan, karena terbuat dari bahan alami yang sangat ampuh untuk membunuh berbagai macam kuman, hama dan serangga.

Nah, demikianlah ulasan mengenai manfaat daun cengkeh bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Related For Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Cengkeh