Menu

Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Dadap Untuk Kesehatan

November 28, 2016 | Daun Daunan

Tanaman dadap sering digunakan sebagai pagar hidup, karena memiliki pohon yang kuat dan menjulang tinggi, serta dikelilingi oleh duri-duri kecil. Daun dadap di kenal dengan rasanya yang sangat pahit, dan juga di yakini punya banyak khasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit.

manfaat-daun-dadap

Ciri-ciri daun dadap

Daun dadap mempunyai bentuk yang unik, karena membentuk ukuran yang semakin membesar ke ujung. Terkadang ada sebagian yang tumbuh dengan bentuk daun yang bulat dengan ujung pendek dan tajam. Daun dadap berwarna hijau muda dengan panjang tangkai 10-40 cm. Panjang daun berkisar antara 9-25 cm dengan lebar daun sekitar 10-30 cm.

Kandungan daun dadap

Daun dadap dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit, karena daun ini memiliki berbagai kandungan sehat, seperti yang tercantum di bawah ini.

  1. Protein
  2. Nitrogen
  3. Alkaloid
  4. Aritramina
  5. Eritrina
  6. Aritradin
  7. Hipaforina
  8. Erisofina
  9. Anti piretik
  10. Anti inflamasi

Bukan hanya daun dadap yang mempunyai kandungan sehat, pohon, biji, dan buah dadap juga mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan, Seperti asam hidrosianida, eritrina, alkaloid eritrina, hipaforin, dan lain sebagainya.

Baca juga ya: Kandungan, Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Cerry Untuk Kesehatan

Manfaat daun dadap bagi kesehatan

Beberapa manfaat daun dadap bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Melancarkan ASI

Sebagaimana kita ketahui, bahwa ASI sangat penting sebagai sumber nutrisi bagi bayi. Oleh karena itu, produksi ASI harus memadai untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi sang bayi. Untuk para bunda yang  ASInya kurang lancar dapat mengkonsumsi daun dadap ini secara rutin.

  1. Mengobati cacingan dan disentri

Manfaat lain dari daun dadap ini adalah khasiatnya dalam menyembukan cacingan dan disentri Sehingga bagi orang yang terkena penyakit cacingan maupun disentri, yang enggan untuk berobat ke dokter, bisa memanfaatkan daun ini.

  1. Mengobati sakit perut

Manfaat daun dadap yang lain adalah untuk mengobati sakit perut. Seperti misalnya perut mulas, tinja berlendir serta berdarah.

  1. Mengobati demam

Daun dadap dikenal sebagai daun yang mengandung berbagai macam zat herbal. Dengan zat herbal tersebut, daun dadap dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan demam pada tubuh.

  1. Melancarkan menstruasi

Manfaat daun dadap selanjutnya yaitu berfungsi untuk melancarkan menstruasi. Ini karena senyawa yang terkandung dalam daun dadap dapat menggantikan senyawa dalam tubuh yang hilang ketika menstruasi.

  1. Meringankan gejala reumathik

Daun dadap dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk meringankan gejala reumathik. Cara penggunaannya yaitu dengan menggunakan daun dadap yang sudah dipanaskan sebagai tapal pada sendi yang terasa nyeri.

  1. Mengobati bengkak

Seperti halnya gejala reumathik, bengkak dapat menciptakan rasa sakit. Untuk menghilangkan rasa sakit tersebut, dapat disembuhkan dengan meletakkan tumbukan daun dadap pada luka yang mengalami pembengkakan.

  1. Mengobati sakit kepala dan pusing

Sebagaimana kita ketahui, pusing atau sakit kepala adalah hal yang sangat mengganggu. Terlebih lagi ketika kita sedang malaksanaka aktivitas yang sangat penting. Pusing atau sakit kepala tersebut dapat disembuhkan dengan menggunakan remasan daun dadap yang diletakkan di atas dahi sebagai obat herbal.

  1. Mencegah keguguran

Daun dadap memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya keguguran. Bagi seorang wanita yang sedang hamil, tentu akan sangat hati-hati dalam menjalankan berbagai aktivitas, agar tidak terjadi keguguran. Salah satu ramuan herbal yang dapat menguatkan janin adalah dengan memborehkan tumbukan daun dadap pada bagian perut.

Nah, demikianlah ulasan mengenai manfaat daun dadap bagi kesehatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Related For Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Dadap Untuk Kesehatan