Menu

Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Delima Untuk Kesehatan

December 6, 2016 | Daun Daunan

Tanaman delima yang mempunyai nama latin pinica granatum ini merupakan tanaman yang tumbuh di lembah-lembah atau bukit-bukit dengan ketinggian antara 900 m hingga  1800 mdpl. Tanaman delima memiliki manfaat yang sangat banyak sekali. Selain buahnya yang dapat dimakan. Daun delima juga bisa digunakan sebagai bahan pengobatan herbal yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

manfaat-daun-delima

Ciri-ciri daun delima

Daun delima merupakan daun tunggal yang memiliki tangkai pendek. Disamping itu juga, daun delima  tumbuh secara berkelompok. Daun delima mempunyai bentuk yang lonjong dengan pangkalnya yang menyirip. Dan pada bagian ujung daun tampak tumpul dengan bagian tepi daun yang rata. Pertulangan daun delima menyirip dengan permukaan atas terlihat mengkilap. Panjang daun delima berkisar antara 1-9 cm dengan lebar 0,5-2,5 cm.

Kandungan daun delima

Daun delima dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit, karena daun delima memiliki berbagai kandungan sehat, diantaranya:

  1. Nutrisi
  2. Alkaloid
  3. Kalsium oksalat
  4. Tanin
  5. Lemak
  6. Peroksidase
  7. Sulfur

Bukan hanya daun delima yang mempunyai kandungan sehat, pohon delima juga mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan, Seperti vitamin A, B2, C, dan E, riboflavin, tanin, anthocyanin, polifenol, mineral, dan lain sebagainya.

Baca juga: Inilah Segudang Manfaat Daun Cabai Untuk Kesehatan

Manfaat daun delima bagi kesehatan

Beberapa manfaat daun delima bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengatasi insomnia (susah tidur)

Salah satu manfaat daun delima adalah berguna untuk obat yang dapat mengatasi susah tidur (insomnia). Cara untuk mengatasi insomnia dengan menggunakan daun delima adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun delima menjelang tidur.

  1. Mengobati sakit perut

Daun delima juga bermanfaat untuk mengatasi permasalahan ada pencernaan, khususnya pada bagian perut. Hal ini terjadi karena daun delima mengandung senyawa yang bersifat sebagai antiseptik dan antibakterial. Dengan kandungan senyawa tersebut, daun delima dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sakit pada area perut.

  1. Mengobati disentri

Manfaat daun delima yang lain adalah dalam hal mengobati disentri. Disentri ini terjadi karena adanya infeksi pada saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun delima secara teratur, maka infeksi dalam saluran pencernaan tersebut akan segera sembuh.

  1. Mengobati penyakit kuning

Kandungan dalam daun delima juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kuning. Daun delima mengandung suatu zat herbal yang dapat mengurangi penumpukan bilirubin pada darah dan jaringan tubuh. Yang mana, penyakit kuning diakibatkan oleh penumpukan bilirubin tersebut.

  1. Mengobati batuk

Manfaat daun delima yang telah digunakan sejak zaman dahulu adalah untuk mengobati batuk. Daun delima sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis batuk, seperti batuk rejan, batuk berdahak, batuk kering, dan lain sebagainya.

  1. Mengobati sariawan

Sariawan terjadi akibat adanya kuman atau bakteri dalam mulut. Untuk membunuh bakteri atau kuman tersebut adalah dengan berkumur menggunakan air rebusan daun delima. Hal ini terjadi karena daun delima mengandung senyawa antibakterial dan senyawa antiseptik yang berfungsi untuk membunuh kuman atau bakteri penyebab sariawan tersebut.

  1. Mengobati penyakit rektrum prolap

Nutrisi yang terkandung dalam daun delima dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit rektrum prolap. Cara menggunakannya adalah dengan membasuhkan air rebusan daun delima pada bagian yang bermasalah.

  1. Mengatasi keriput dan gangguan mata

Daun delima dapat mengatasi keriput pada wajah yang menyebabkan penuaan dini. Hal ini terjadi karena daun delima mengandung senyawa antioksidan yang mencegah adanya radikal bebas penyebab penuaan dini. Selain itu, radikal bebas ini juga dapat menyebabkan gangguan pada mata. Radikal bebas tersebut meliputi sinar matahari (UV), polusi, dan lain sebagainya.

  1. Menurunkan obesitas

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, idealnya mengknsumsi air rebusan daun delima secara rutin. Hal ini terjadi karena kandungan daun delima dapat menurunkan nafsu makan.

  1. Menormalkan siklus menstruasi

Daun delima mengandung mineral alami yang dapat menggantikan senyawa yang hilang saat menstruasi. Oleh karena itu, daun delima dapat digunakan sebagai obat untuk melancarkan siklus menstruasi

Nah, di atas adalah ulasan mengenai manfaat daun delima bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Related For Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Delima Untuk Kesehatan