Menu

Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Genjer

November 20, 2016 | Daun Daunan

Genjer atau dengan nama latin Limnocharis Flava juga dikenal dengan nama Paku rawan. Tanaman sayuran ini tumbuh baik di rawa ataupun sawah. Biasanya ditemukan bersama sama dengan eceng gondok. Genjer tumbuh di permukaan perairan atau akarnya masuk ke dalam lumpur. Tumbuhan ini merupakan tanaman tahunan, rimpang tebal dan tegak , tingginya dapat mencapai setengah meter.

Bagi sebagian masyarakat terutama petani menganggap genjer gulma yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman lainnya, seperti misalnya padi. Dalam kehidupan sehari-hari, genjer banyak dijadikan sayur yang dikonsumsi secara tradisional.

daun-genjer

Ciri-Ciri Daun Genjer

Tanaman genjer termasuk tanaman dengan daun lengkap, tidak ditemukan daun tambahan. Jumlah helaian daun tanaman ini termasuk kategori daun tunggal. Berdasarkan susunan tulang daun nya , tanaman genjer memiliki tulang daun yang melengkung. Bagian daun terlebar terletak pada bagian tengah helai daun. Ujung distal helai daun (apex) meruncing. Genjer memiliki bunga bulat jika masih kuncup dan berwarna kuning jika sudah merekah.

Kandungan Daun Genjer

Genjer memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan tentu saja bermanfaat bagi tubuh seperti sayur sayuran lainnya. Kandungan yang terdapat pada daun genjer antara lain:

  1. Serat

Sayur genjer memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh sehari harinya.

  1. Protein

Genjer memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dalam 100 gr genjer mengandung protein sebesar 1,7 gr. Jumlah yang cukup banyak untuk kandungan protein sebuah sayuran hijau.

  1. Kalsium

Sayur genjer memilik kandungan kalsium yang cukup tinggi, dalam 100 gr sayur genjer mengandung 62 mg kalsium

  1. Fosfor

Kandungan fossor dalam sayur genjer adalah sebanyak 33 mg dalam 100 gr penyajian sayur genjer.

  1. Zat besi

100 gr sayur genjer mengandung 2,1 mg zat besi

Selain itu daun genjer juga memiliki kandungan flavonoid dan polifenol. Kedua zat ini berperan langsung sebagai zat antibiotik dan antioksidan yang dapat mengurangi resiko kanker serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca juga ya: Manfaat, Kandungan dan Ciri Ciri Daun Gaharu

Manfaat Sayur Genjer

  1. Genjer dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan dalam genjer mampu mencegah sembelit dan membantu proses pencernaan serta penyerapan sari-sari makanan sehingga tidak menumpuk racun yang dapat mengakibatkan obesitas
  1. Menjaga kadar gula darah yang membantu dalam pencegahan kolesterol.
  1. Untuk ibu hamil, kandungan protein pada genjer membantu dalam menambah energi dan pembentukan sel-sel otot janin
  1. Dapat membantu mengikat lemak dan membuangnya melalui feses
  1. Menjaga pertumbuhan dan kepadatan tulang serta gigi
  1. Menambah nafsu makan
  1. Mencegah pengeroposan tulang (Oateoporosis)
  1. Kandungan zat besi dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan pembentukan sel darah merah yang sudah rusak. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anda yang mempunyai penyakit anemia.
  1. Dapat mencegah terjangkitnya kanker kolon
  1. Mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan pendarahan.
  1. Dapat meregenerasi kembali sel-sel tubuh yang rusak.
  1. Mencegah diabetes.
  1. Dapat menambah tenaga dan energy yang dibutuhkan tubuh
  1. Didalam genjer terdapat senyawa polifenol yang berguna sebagai anti oksidan yang mempunyai kemampuan untuk mencegah sel kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Cara mengolah daun genjer sebenarnya sangat mudah. Pastikan memilih daun genjer yang masih sangat muda, karena daun genjer yang sudah tua memiliki tekstur yang agak keras ketika sudah dimasak. Setelah itu, daun genjer cukup direbus atau dikukus.

Related For Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Genjer