Menu

Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Akasia

November 30, 2016 | Daun Daunan

Nama Akasia ini sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Akakia yang artinya duri. Penamaannya disini merujuk pada batang akasia yang memang berduri. Tanaman akasia pertama kali ditemukan dan di teliti di Mesir oleh Coroleus Linneus pada tahun 1733 ketika Coroleus meneliti tanaman di sekitar aliran sungai nil. Coroleus Lineus sendiri sekarang terkenal sebagai bapak klasifikasi tanaman.

daun-akasia

Dalam sumber lain disebutkan, bahwa para ahli botani sepakat bahwa tanaman Akasia berasal dari Australia. Tanaman ini dapat menyebar ke berbagai penjuru dunia karena memang tidak ada syarat yang sulit untuk tumbuhnya tanaman ini. Akasia bisa tumbuh di lahan miskin dan tidak subur, lahan yang mengalami erosi dan berbatu, tanah gambut ataupun tanah yang memiliki ph rendah sepanjang berada di ketinggian maksimal 300 m dengan curah hujan 1000mm hingga 4500mm setiap tahunnya serta memiliki sinar matahari yang cukup.

Akasia termasuk tumbuhan dikotil yang berakar tunggang, berwarna putih kotor, dan bijinya berkeping dua dengan bentuk lonjong pipih. Batang tanaman akasia berkambium, bentuknya bentuknya bulat lurus, bercabang banyak denga kulit yang tebal dan agak kasar dan berduri. Tanaman akasia dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 15m. Buah tanaman ini merupakan jenis polong-polongan yang berwarna hijau saat masih muda dan ketika sudah tua berubah menjadi warna coklat. Salah satu bagian dari tanaman ini yang memiliki manfaat di bidang pengobatan adalah bagian daunnya.

Ciri-ciri Daun Akasia

Daun tanaman akasia merupakan daun majemuk yang terdiri dari anak daun yang banyak dan letaknya saling berhadapan. Daunnya menyirip berbentuk lonjong dengan bagian tepi yang merata. Ujung dan pangkal daunnya tumpul. Pertulangan daunnya menyirip dan berwarna hijau. Panjang daun akasia sekitar 5 cm hingga 20 cm dan lebarnya sekitar 1 cm hingga 2 cm. Setelah tumbuh beberapa minggu, tanaman akasia tidak menghasilkan daun yang sebenarnya, namun tangkai daunnya akan tumbuh melebar dan menjadi daun semu.

Kandungan Daun Akasia

Daun Akasia memiliki bantalan kandungan tannin dalam jumlah banyak. Tannin ini memiliki rasa yang pahit sehingga biasanya digunakan untuk mengikat atau mengecilkan protein dengan cepat. Selain tannin, masih ada lagi beberapa senyawa lain yang fungsinya bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Anting-Anting Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Akasia

Daun akasia memiliki beberapa manfaat di bidang kesehatan, beberapa di antaranya yaitu:

1. Mengatasi Kadar Gula Darah Tinggi

Kandungan yang terdapat dalam daun akasia ini dipercaya mampu mengurangi kadar gula darah sehingga mencegah terkena penyakit diabetes. Cara meramu daun akasia ini yaitu:

– Siapkan 10 lembar daun akasia
– Bersihkan dulu dengan cara mencucinya
– Rebuslah dengan menambahkan 5 gelas air hingga mendidih dan menyisakan kira-kira 3 gelas air
– Minumlah selagi hangat tiga kali sehari selama seminggu secara rutin

2. Mengatasi Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini merupakan penyakit yang biasanya dialami oleh kaum pria yang dalam beberapa kondisi beresiko memicu ketidakharmonisan pada hubungan rumah tangga. Nah, penyakit ini ternyata bisa disembuhkan secara alami dengan menggunakan ramuan akasia.

Jenis Akasia yang digunakan biasanya adalah jenis Nilotica. Kandungan tanin yang ada di dalamnya dipandang mampu mengatasi gangguan seksual pada pria yakni ejakulasi dini. Jadi anda dapat menggunakan ramuan daun akasia jenis tersebut secara rutin hingga merasakan manfaatnya.

3. Mengatasi Bau Badan

Daun akasia memiliki aroma yang khas yang akan awet sepanjang hari. Anda dapat menggunakan ekstrak daun ini untuk mengatasi bau badan yang mengganggu kepercayaan diri anda. Racikan ekstrak daun ini dapat anda kemas dalam bentuk parfum untuk melengkapi penampilan anda.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat yang dapat anda temukan pada ramuan daun akasia. Sebaiknya anda menggunakan racikan daun akasia ini dalam kadar normal dan tidak berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan dapat memberi efek samping yang berbahaya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related For Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Akasia