Menu

Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Anting-Anting Untuk Kesehatan

November 29, 2016 | Daun Daunan

Tanaman Anting anting yang memiliki nama latin Acalypha Australis L mempunyai beberapa nama daerah yaitu akar kucingan dan rumput kokosan. Tanaman ini termasuk kategori tanaman liar yang tumbuh subur di gunung, lapangan rumput atau pun di tepi sungai.

daun-anting-anting

Ada tes yang cukup unik untuk mendeteksi apakah tanaman tersebut tanaman anting-anting atau bukan. Caranya dengan mencabut tanaman ini beserta akar-akarnya. Jika kucing di sekitar langsung berdatangan dan memakan akarnya, maka tanaman tersebut dipastikan merupakan tanaman anting-anting.

Akar dari tanaman ini berkhasiat melancarkan pencernaan kucing karena itu dengan instingnya kucing akan memakan akar dari tanaman ini. Selain bagian akarnya, bagian lain dari tanaman ini yang memiliki khasiat di bidang kesehatan adalah bagian daunnya.

Ciri-ciri Daun Anting-Anting

Daun anting-anting letaknya berseling. Bentuknya lonjong hingga langset. Pangkal daunnya lancip dengan tepian yang bergerigi. Panjang daun ini sekitar 2,5 cm hingga 8 cm dengan lebar 1,5 cm hingga 3,5 cm.

Kandungan Daun Anting-Anting

Bagian atas dari tanaman anting-anting memiliki khasiat untuk pengobatan, termasuk daunnya. Tanaman anting-anting yang memiliki zat aktif maksimal adalah tanaman anting-anting yang minimal sudah berumur dua bulan hingga tiga bulan. Jika umur tanaman ini terlalu tua, maka kadar kandungannya pun akan semakin berkurang. Berikut ini ada kandungan zat-zat yang terdapat pada daun anting-anting.

– Zat Astringen
– Asam Karbonat
– Tanin
– Kaempfelol

Baca juga: Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Dadap Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Anting-Anting

1. Obat berak darah, batuk dan mimisan.

Berak darah, batuk yang tak kunjung sembuh dan mimisan adalah persoalan yang berbahaya bagi kesehatan anda. Berak darah jika dibiarkan akan mengganggu organ pencernaan anda. Batuk yang tak kunjung sembuh juga menyebabkan tenggorokan kering dan mengurangi nafsu makan. Mimisan juga berbahaya karena menandakan telah terjadi peradangan pada pembuluh darah, sehingga darahnya keluar dari hidung.

Nah, anda tidak perlu khawatir. Jika anda mengalami satu dari tiga penyakit tesebut anda, bisa mengatasninya dengan meminum ramuan daun anting-anting dengan cara:

– Siapkan 30-60 gr daun anting-anting yang sudah dikeringkan sebelumnya.
– Rebuslah daun tersebut dengn 4 gelas air hingga menyisakan setengahnya
– Minumlah secara rutin ramuan tersebut dua kali sehari.

2. Obat Luka bakar

Daun anting-anting juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar, Cara menggunakannya yaitu:

– Siapkan daun anting-anting secukupnya
– Tumbuklah daun anting-anting tersebut hingga halus
– Oleskan pada bagian yang terkena luka bakar secara merata
– Lakukanlah secara rutin hingga luka sembuh.

3. Obat Disentri

Disentri merupakan infeksi pada usus yang menyebabkan diare dengan disertai darah atau lendir. Penyakit ini ditandai dengan perut kram, mual karena ingin muntah, dan disertai demam. Dengan kondisi tersebut, tentunya penderita akan sulit untuk melakukan berbagai aktivitas.
Jika anda mengalami kondisi tersebut, anda bisa mencoba membuat ramuan anting-anting dengan cara merebusnya. Minumlah secara rutin selama 5-10 hari. Jika tidak kunjung sembuh, sebaiknya anda segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

4. Obat Muntah darah

Jika anda mengalami muntah darah, itu berarti sedang ada pendarahan di dalam tubuh anda. Jika hal ini dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan anda. Apabila anda mengalami kasus tersebut, segera buat ramuan daun anting-anting ini dengan merebusnya. Untuk mendapatkan aroma atau yang enak, anda bisa menambahkan gula jawa, daun salam atau daun serih.

5. Obat Penyakit Kulit

Penyakit kulit gatal atau kudis biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, daun anting-anting memiliki kandungan zat antiseptik yang berfungsi membasmi bakteri yang ada dalam tubuh anda. Oleh karena itu, jika anda mengalami penyakit tersebut anda bisa membuat ramuan tumbukan dari daun anting-anting ini.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat yang dapat anda dapatkan dari ramuan daun anting-anting. Jika anda terkena salah satu dari beberpa penyakit di atas, anda bisa melakukan upaya pencegahan agar tidak semakin parah dengan membuat ramuan daun anting-anting. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Related For Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Anting-Anting Untuk Kesehatan