Menu

Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Cermai Untuk Kesehatan

December 4, 2016 | Daun Daunan

Tanaman cermai yang mempunyai nama ilmiah phyllanthus acidus ini merupakan jenis tanaman yang hampir mirip dengan belimbing wuluh. Walaupun daun cermai dikenal dengan rasanya yang sangat pahit. Akan tetapi daun cermai dapat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam tubuh.

manfaat-daun-ceremai

Ciri-ciri daun cermai

Pada umumnya, daun cermai mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan daun belimbih wuluh. Daun cermai mempunyai warna hijau tua. Helai daun berbentuk lonjong, ujung runcing, pertulangan daun menyirip, dan permukaan daun licin tetapi tidak berambut. Panjang daun berkisar antara 2-7 cm dengan lebar 1,5-4 cm.

Kandungan daun cermai

Daun cermai dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit, karena daun cermai memiliki berbagai kandungan sehat, diantaranya:

  1. Laksatif
  2. Saponin
  3. Tanin
  4. Flavanoid
  5. Polifenol
  6. Vitamin C

Bukan hanya daun cermai yang mempunyai kandungan sehat, buah dan akar cermai juga mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan, Seperti flavanid, vitamin C, zat besi, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalsium, fosfor, toksik, thiamin, ribloflavin dan lain sebagainya.

Baca juga: Kandungan, Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan

Manfaat daun cermai bagi kesehatan

Beberapa manfaat daun cermai bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyembuhkan penyakit kanker

Salah satu manfaat daun cermai yang paling efektif dalam dunia kesehatan adakah untuk menyembuhkan penyakit kanker. Hal ini terjadi karena daun cermai mengandung flavanoid yang menjadi antioksidan, sehingga dapat menghindari penyakit kanker. Disamping itu, flavanoid yang terkandung dalam daun cermai juga dapat langsung bertindak sebagai antibiotik dengan memanfaatkan bantuan mikrorganisme.

  1. Melangsingkan tubuh / Menurunkan berat badan

Bagi para wanita yang ingin senantiasa memiliki tubuh langsing, maka idealnya mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun cermai. Walaupun memiliki rasa pahit, akan tetapi kandungan zat laksatif yang terdapat dalam daun cermai dapat memperlancar buang air besar. Sehingga dapat menurunkan berat badan.

  1. Obat sembelit

Kandungan daun cermai yang kaya akan vitamin C, dapat menyembuhkan sembelit. Vitamin C yang ada dalam daun cermai akan mendorong agar feses keluar dan membersihkan usus. Sehingga buang air besar menjadi lancar.

  1. Atasi mual

Rasa asam yang terdapat dalam pucuk daun cermai dapat menangani rasa mual dan menetralkan rasa yang tidak enak dalam mulut. Rasa asam dapat diperoleh dari daun cermai yang telah diolah menjadi minuman maupun manisan.

  1. Mengobati sakit kulit dan gigitan serangga

Manfaat daun cermai yang lain adalah dapat mengobati kulit gatal atau melepuh yang diakibatkan oleh gigitan serangga. Pucuk daun cermai dapat menetralisir adanya racun yang diakibatkan oleh serangga. Daun cermai juga dapat digunakan sebagai salep pada penyekit kulit.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat daun cermai yang selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena kandungan yang terdapat pada pucuk daun cermai, dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

  1. Mengobati sesak nafas

Selanjutnya, daun cermai juga dapat digunakan untuk mengobati sesak nafas. Dengan mengkonsumsi secara teratur air rebusan daun cermai yang ditambah dengan madu, maka sesak nafas akan sembuh dan tidak kembali lagi.

  1. Obat sariawan

Vitamin C yang terdapat dalam daun cermai juga dapat menyembuhkan sariawan. Hal ini terjadi karena pada dasarnya, sakit sariawan diakibatkan oleh kekurangan vitamin C.

  1. Obat kolesterol dan diabetes

Kandungan zat saponin dan tanin yang sangat tinggi dalam daun cermai, dapat digunakan sebagai obat herbal penyakit diabetes dan kolesterol. Hal ini terjadi karena kedua zat tersebut dapat menyerap glukosa dan menurunkan kandungan kolesterol.

  1. Mengobati batuk berdahak

Manfaat daun cermai selanjutnya adalah untuk mengobati batuk berdahak. Hal ini terjadi karena, dengan kandungannya yang banyak mengandung senyawa kimia alami, dapat meningkatkan imunitas tubuh dan melawan batuk tersebut.

Nah, demikianlah ulasan mengenai manfaat daun cermai bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Related For Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Cermai Untuk Kesehatan