Menu

Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Cincau Untuk Kesehatan

December 2, 2016 | Daun Daunan

Cincau atau yang dikenal dengan nama latin cyclea barbata merupakan tanaman yang dapat dengan mudah ditemui dimanapun. Daun cincau bahkan telah terkenal di pelosok negeri sebagai bahan pengobatan tradisional. Tidak hanya sebagai pengobatan, bahkan saat ini daun cincau diolah untuk menjadi sesuatu yang dapat kita konsumsi sehari-hari.

daun-cincau

Ciri-ciri daun cincau

Cincau merupakan tanaman yang merambat dengan panjang mencapai 10 meter. Batang nya lunak dan terdapat duri-duri kecil di sepanjang kulit batang. Daun cincau memiliki bentuk mirip dengan perisai. Pada bagian tepi daun ada yang berbentuk rata, bergerigi, maupun berombak. Pada bagian bawah daun terdapat bulu-bulu halus. Bunga pada tanaman cincau tumbuh di antara ketiak daun.

Kandungan daun cincau

Daun cincau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidica yang bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot tubuh. Terdapat pula kandungan senyawa isokandrodendrin yang dapat mencegah pertumbuhan sel tumor ganas. Daun cincau juga mengandung alkaloid dan tetandrin yang memiliki khasiat untuk mencegah kanker pada ginjal, anti radang dan menurunkan tekan darah tinggi.

Pada hasil uji coba kandungan nutrisi, 100 gram daun cincau mengandung energi sebesar 122 kkal,  6 gram protein, 1 gram lemak, 26 gram karbohidrat, 100 mg kalsium, 100 mg fosfor, 3,3 mg zat besi, serta vitamin a, b1, c dan serat makanan.

Baca Juga: Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Manfaat daun cincau

  1. Anti inflamasi

Daun cincau mengandung zat klorofil yang cukup besar. Zat ini mampu meredakan peradangan yang diakibatkan kuman dan bakteri. Anda dapat menumbuk daun cincau dan ditambahkan sedikit garam. Kemudian oleskan tumbukan daun tersebut pada bagian yang mengalami sakit 3 kali sehari.

  1. Penurun demam

Daun cincau mengandung saponin dan atioksidan yang dapat menurunkan demam. Anda dapat meminum air rebusan daun cincau dua kali sehari hingga demam anda turun.

  1. Obat diabtes mellitus

Daun cincau mengandung senyawa bisbenzilsokuinolin dan klorofil yang dapat bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut dapat memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas untuk mengatur kadar gula darah. Minumlah air rebusan daun cincau secara teratur sebanyak 200 ml dua kali sehari.

  1. Obat radang lambung

Daun cincau mengandung vitamin c dan atioksidan  yang dapat bermanfaat untuk mengatasi radang pada lambung. Radang lambung biasanya diakibatkan kelainan pada asam labung. Senyawa pada daun cincau ini dapat memperkuat otot dinding lambung sebagai proses untuk membunuh bakteri penyebab penyakit lambung. Anda dapat mengkonsumsi rebusan daun cincau sebanyak dua kali sehari sebagai obat radang lambung.

  1. menurunkan hipertensi

Pada daun cincau terdapat kandungan senyawa s-s tetandrin yang memiliki khasiat untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah akan mengalir lebih lancar. Jika sistem peredaran darah lancar, maka tekanan darah yang semula tinggi akan kembali menjadi normal. Daun cincau dapat dikonsumsi tiga kali seminggu sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Obat keracunan akibat seafood

Senyawa antioksidan pada daun cincau dapat membantu mengatasi keracunan yang diakibatkan setelah mengkonsumsi seafood. Untuk mengolah daun cincau sebagai obat keracunan, anda dapat menumbuk 5-10 lembar daun cincau sampai menghasilkan air berwarna hijau kemudian anda dapat meminum ramuan tersebut. Anda juga dapat menambahkan gula jawa pada ramuan tersebut.

  1. Obat sakit tipes

Senyawa tokoferol, antioksidan, dan fosfor pada daun cincau akan bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh bagi penderita tipes. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun cincau sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Mampu mengatasi kanker dan mematikan sel tumor

 Senyawa isokandrodendrin dan s-s tetandrin pada daun cincau dapat berkhasiat mematikan sel tumor yang dapat berkembang menjadi sel kanker. Kedua senyawa ini pun dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Nah, itu dia manfaat dari daun cincau. Semoga bermanfaat

Related For Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Cincau Untuk Kesehatan