Menu

Efek Samping dan Manfaat Daun Selasih Berikut Cara Penyajiannya

November 6, 2016 | Daun Daunan

Selasih Ocimum Basillium merupakan tanaman yang berasal dari negara Thailand. Namun, tanaman ini telah tersebar di seluruh pulau di Indonesia (terutama Sumbawa), bahkan di Asia, Eropa, dan Amerika Selatan.

Selasih tergolong tanaman semak tahunan yang tumbuh lebat di tempat-tempat lembap dan teduh, bahkan tak jarang tumbuh liar di tepi jalan. Di sebagian negara seperti Italia, India, China, serta Thailand selasih dapat dijadikan sebagai bahan penyedap rasa untuk masakan dan bijinya yang dapat juga jadi kombinasi dalam sebagian type minuman.

Menurut Prof. Hembing, seorang pakar kesehatan, selain sebagai minuman segar yang menyejukkan, biji daun selasih juga mempunyai khasiat menenangkan (sedative) sehingga sangat baik jika digunakan untuk mengurangi keadaan gelisah, sering gagap ataupun susah tidur. Oleh karena itu, biji selasih ini di kembangkan oleh industri minuman penyegar semisal Vegeta, Fiber dan Adem sari dan lain sebagainya.

Sedangkan daun dari tanaman selasih memiliki cita rasa yang kuat, manis, dan tajam. Teksturnya halus dan sedikit berbulu. Bentuknya bulat hingga elips agak meruncing di bagian ujung dengan panjang sekitar 5 cm. Daun selasih ini termasuk dalam kategori tanaman obat. Ia memiliki banyak khasiat. Mau tahu manfaat apa saja dari daun selasih ini?

Nah di bawah ini adalah ulasan lengkap mengenai manfaat dari daun selasih beserta efek samping yang akan di timbulkan bila di konsumsi secara tidak wajar.

manfaat-dan-efek-samping-daun-selasih

Manfaat Daun Selasih

  1. Mencegah Batuk dan Pilek

Daun selasih memiliki kandungan vitamin C. Ia juga bersifat antioksidan. Hal inilah yang membuat daun selasih dipercaya mampu meredakan patuk dan pilek. Anda dapat meminum hasil perasan dari tumbukan daun selasih ini.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Mengalami masalah nafas tidak sedap tentu sangatlah mengganggu, terlebih saat berinteraksi dengan orang lain. Nah Anda tidak perlu risau. Anda bisa menggunakan daun selasih untuk mengatasi masalah anda. Daun selasih dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang cukup banyak yang dimiliki oleh daun selasih. Hal inilah yang membuatnya baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pada mata anda, seperti konjungtivis, rabun jauh, atau pun kelelahan mata karena stres.

  1. Meredamkan kadar nikotin

Salah satu manfaat yang lain dari daun selasih adalah membantu memperbaiki kerusakan pada tubuh yang disebabkan oleh nikotin rokok. Jadi bagi Anda yang merokok, sebaiknya Anda mengkonsumsi daun selasih ini.

  1. Menjaga kesehatan otot dan tulang

Selasih memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak yang dapat digunakan untuk menambah kepadatan tulang, membantu mencegah osteoporosis bagi orang yang sudah memiliki usia lanjut, dan mengobati penyakit arthritis/nyeri sendi.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Ada 33 gr protein dalam tiap 100 gr daun selasih. Ia juga memiliki kandungan magnesium yang membantu untuk mengurangi kadar kolesterol LDL jahat dan mampu menstabilkan sirkulasi peredaran darah. Dan hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung anda.

  1. Obat Kanker

Senyawa golongan fenolat berupa asam kafeat dan asam kumarat yang terdapat dalam daun selasih berada dalam jumlah yang besar sehingga memungkinkan daun ini untuk digunakan sebagai obat kanker.

  1. Menghambat Tumor

Kandungan minyak atsiri (terpenoid) pada daun selasih mampu berperan dalam penghambatan tumor, dengan cara meningkatkan kinerja Human Natural Killeryang terdapat dalam sistem imun, sehingga mampu mengikis sel tumor.

  1. Pelancar air susu

Daun selasih ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi ibu yang sedang menyusui. Ia bisa digunakan sebagai obat untuk memperbanyak produksi air susu ibu.

  1. Diabetes

Pada penderita diabetes Mellitus, terutama pada penderita  non-insulin dependent (NID DM), selasih dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah serta melindungi sel dalam pankreas yang memproduksi insulin dari kerusakan.

  1. Melancarkan gangguan pencernaan

Jika Anda mengalami ganguan percernaan,anda bisa mengunakan daun selasih untuk mengobatinya.

Caranya cukup mudah yaitu:

  • Petik daunnya beberapa biji
  • Tumbuk dengan tangan hingga halus
  • Campurkan dengan sedikit minyak goreng
  • Gosok ke perut anda.
  1. Obat jerawat.

Daun selasih dipandang cukup efektif untuk  mengobati berbagai jenis jerawat, dan noda wajah. Ia memiliki kandungan anti radang, anti bakteri, dan anti jamur.

  1. Menghilangkan noda jerawat

Teh selasih yang dibuat dari daun kering selasih dapat digunakan untuk membersihkan noda bekas jerawat, sehingga wajah Anda terlihat bersih.

Cara membuat teh selasih ini adalah:

  • Masukkan 1 sendok daun selasih kering ke dalam 1 gelas air.
  • Didihkan selama 10-15 menit
  • Saringlah teh yang sudah panas, kemudian dinginkan sebentar
  • Oleskan ke wajah Anda dengan menggunakan kapas atau cukup basuh muka Anda menggunakan teh selasih tersebut.

Baca juga ya: Manfaat dan efek samping daun sukun

Efek Samping dari Daun Selasih

Adapun efek samping dari penggunaan daun ini memang belum diketahui lebih lanjut.walaupun begitu tetap harus berhati-hati, dan jangan mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Apabila Anda sudah mengalami perubahan dan terlihat sembuh maka hentikanlah penggunaannya. Dan apabila di tengah jalan, Anda tidak merasakan perubahan atau justru lebih parah maka konsultasikan dengan dokter karena mungkin saja ada faktor luar lain yang menyebabkan gagalnya pengobatan.

Nah itu tadi adalah beberapa informasi yang kita dapatkan seputar manfaat daun selasih untuk kesehatan dan pengobatan serta efek samping yang menyertainya. Silahkan mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

Related For Efek Samping dan Manfaat Daun Selasih Berikut Cara Penyajiannya