Menu

Harga Jahe Gajah di Pasaran Saat Ini

September 21, 2015 | Jahe gajah

Harga jahe gajah dipasaran jauh lebih mahal jika dibandingkan jahe merah maupun jahe emprit. Hal ini karena permintaan dan minat yang begitu besar dari masyarakat, baik itu lokal maupun internasional.

Banyaknya peminat jahe gajah karena sejumlah keunggulannya. Seperti, ukuran yang besar, tidak banyak serat, rimpang halus dan citarasa yang tidak terlalu pedas juga aromanya yang lembut alias tidak tajam seperti jahe lainnya. Sementara banyaknya petani jahe lantaran permintaan pasar yang selalu tinggi, cara budidaya yang mudah, dan harga jual serta keuntungan menjanjikan.

Harga jahe gajah

Dalam perkembangannya, harga jahe gajah kerap mengalami naik turun. Paling rendah bisa dijual seharga Rp 15 ribu per kilogram dan paling tinggi sekitar Rp 30 ribu per kilogram. Untuk saat ini, harga terbaru jahe gajah stabil dikisaran Rp 20 – 25 ribu per kilogram. Sementara untuk jahe ekspor, biasanya dari Tiongkok, harga sedikit lebih tinggi.

Dimana Tempat Membeli Jahe Gajah

Membeli jahe gajah tidaklah sulit. Anda akan banyak menjumpainya di pasar-pasar besar, khususnya pasar tradisional. Pedagang biasanya menjual jahe gajah dalam takaran kiloan.

Selain itu, perkembangan teknologi juga mempermudah jual-beli jahe gajah. Kini, jahe jenis ini sudah banyak dipasarkan via toko online. Jika Anda ingin membelinya dari internet jangan lupa untuk cek dan ricek penjual agar terhindar dari tindak penipuan.

Banyak distributor besar hingga petani kecil yang memasarkan jahe gajah di internet. Mereka biasanya memberi tahu kualitas jahe, usia jahe dan berapa banyak stok yang dimiliki serta harganya. Beberapa juga ada yang menjual bibit unggul untuk budidaya jahe gajah. Pastikan membeli di toko yang terpercaya dan jangan hanya tergiur dengan harga murah.

Macam-macam Jahe Gajah di Pasaran

Untuk pasar lokal tidak ada grade atau macam tertentu dalam penjualannya. Asalkan terjamin sehat dan segar, beragam bentuk dan ukuran bisa diterima. Biasanya jahe-jahe tersebut dikemas dalam karung yang memuat sekitar 50 kg. Usia jahe yang dipasok sekitar 9 bulan atau jahe indukan.

Sementara untuk eksport jahe gajah terbagi menjadi tiga grade yakni A, B dan C. Grade A berat 200 gr dengan rimpang gemuk, besar dan berwarna mengkilap. Grade B sekitar 100 gr dengan rimpang berbentuk sedang dan grade C seberat 50 gr yang rimpangnya kecil-kecil.

Macamnya ada dua yakni jahe gajah segar bersih cuci dan jahe gajah segar bersih tanah. Untuk jahe bersih cuci kondisi harus benar-benar bersih dari tanah saat dikirim, sedangkan jahe bersih tanah masih boleh ada tanah yang menempel dengan prosentasi 5 persen.

Proses pencucian jahe harus dilakukan dengan tepat dan benar. Jika tidak akan rentan terserang penyakit dan mengurangi mutu. Alhasil bisa mempengaruhi kualitas dan harga jahe gajah.

Related For Harga Jahe Gajah di Pasaran Saat Ini