Menu

Informasi dan Pengertian Jahe Merah

January 30, 2015 | Informasi Jahe Merah

Pengertian jahe merah  menjadi hal yang sangat penting bagi siapapun yang ingin mengetahui informasi mengenai jenis jahe ini ataupun membutuhkan jahe merah untuk keperluan tertentu seperti digunakan sebagai obat herbal. Berbagai varietas jahe telah lama dikenal sebagai tanaman berkhasiat dan banyak digunakan untuk membuat ramuan obat atau jamu tradisional. Jahe merah merupakan varietas dari tanaman jahe atau Zingiber officinale yang merupakan jenis tanaman rimpang atau umbi – umbian yang lazim pula disebut dengan tanaman rempah – rempah karena banyak dikonsumsi karena rasa yang dihasilkan dapat membuat tubuh menjadi hangat dan segar. Nama ilmiah dari jahe berasal dari bahasa Yunani zingiberi; nama tersebut diberikan oleh William Roxburgh.

pengertian jahe merah

Asal Usul dan Ciri Jahe Merah

Keberadaan jahe di Indonesia tidak diketahui secara pasti sejak kapan dan juga tidak diketahui apakah jahe merupakan tanaman asli Indonesia. Beberapa ahli berpendapat bahwa jahe berasal dari India atau dari daerah sekitar Cina. Jahe dibawa ke berbagai daerah di Asia Tenggara sebagai produk yang diperdagangkan. Setelah bangsa Eropa mengenal jahe; maka komoditi jahe memiliki pasar baru di berbagai negara Eropa. Adapun pengertian jahe merah adalah salah satu varietas khusus dari tanaman jahe yang disebut dengan rubrum rhizoma. Seperti halnya tanaman jahe jenis lain; jahe merah memiliki kandungan kimia yang merupakan senyawa keton. Senyawa ini disebut dengan Zingeron.

Bagian dari tanaman jahe merah yang banyak mengandung banyak senyawa Zingeron terletak pada rimpang atau umbi tanaman jahe. Tanaman jahe merah yang terlihat di permukaan tanah adalah batang semu atau daun yang dapat tumbuh hingga 100 cm, namun kebanyakan tanaman jahe hanya memiliki tinggi sekitar 30 cm. Daun jahe berbentuk menyirip dengan tangkai daun memiliki bulu halus. Bunga jahe akan muncul dari dalam tanah berbentuk bulat seperti telur dengan gagang bunga yang bersisik. Bunga jahe merah memiliki warna hijau kekuningan dengan kepala putih dan tepi mahkota bunga berwarna ungu. Daging rimpang tanaman jahe merah memiliki warna kemerahan dengan bau yang khas; berbeda dengan warna daging rimpang tanaman jahe biasa yang berwarna kekuningan.

Manfaat dan Khasiat Jahe Merah

Dari informasi yang didapat dari pengertian jahe merah beserta kandungan senyawa utama yang ada di dalamnya; maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa jahe merah memiliki cukup banyak manfaat bagi manusia. Manfaat yang paling lazim adalah digunakan sebagai bahan obat tradisional dan bumbu masakan atau bahan minuman. Secara khusus; jahe merah memiliki khasiat untuk memperkuat lambung dan mengoptimalkan sistem pencernaan. Jahe merah juga dapat meningkatkan nafsu makan karena sistem pencernaan yang bekerja optimal. Bagi pasangan suami istri; jahe merah juga dapat bermanfaat untuk menghangatkan hubungan karena dapat meningkatkan libido. Siapapun diharapkan dapat memperoleh informasi berguna seputar manfaat, khasiat dan juga pengertian jahe merah.

Simak juga: Harga jahe merah

Related For Informasi dan Pengertian Jahe Merah