Menu

Inilah 11 Manfaat Akar Asparagus Untuk Kesehatan

October 19, 2016 | Akar Akaran

Asparague officinalis adalah nama latin dari tumbuhan Asparagus. Sejak 2000 tahun yang lalu, bangsa Roma dan Yunani menggunakan Asparagus sebagai bahan untuk membuat obat-obatan dan bahan makanan. Asparagus memiliki rasa yang sedap, tumbuhan ini mempunyai banyak varietas yaitu sekitar 300 namun hanya 20 varietas yang dapat dikonsumsi.

manfaat-asparagus

Asparagus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, asparagus tidak bisa diolah secara sembarangan karena dapat merusak kandungan gizi di dalamnya. Pengolahan asparagus yang baik yaitu dengan merebusnya selama 3-4 menit.  Akar rhizome Asparagus banyak mengandung berbagai mineral, kalsium, antioksidan, potassium, vitamin A, D,E dan K. Selain itu juga mengandung kalori yang sangat rendah.

Beberapa Manfaat Akar Rhizoma Asparagus Untuk Kesehatan

1.  Mencegah Katarak Mata

Selain sayuran wortel, akar rhizoma Asparagus juga mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga  kesehatan mata. Selain itu juga Asparagus dapat mencegah katarak pada mata. Bagi Anda yang mengalami masalah pada kesehatan mata, masukkanlah Asparagus dalam daftar sayuran Anda untuk dikonsumsi.

2. Menjaga Fungsi Jantung

Kandungan potassium yang dimiliki oleh akar rhizome Asparagus dapat membantu untuk menjaga fungsi jantung yaitu mengontrol dan menstabilkan denyut jantung . Selain menjaga fungsi jantung, potassium yang terkandung dalam Asparagus  ini juga dapat membantu munurunkan tekanan darah serta menormalkan tekanan darah.

3. Membantu Diet

Akar rhizome Asparagus mengandung kalori yang sangat rendah. Jadi, bagi Anda yang ingin diet atau sedang menjalani program diet, masukkanlah Asparagus dalam daftar menu diet anda. Selain itu juga dapat membantu menurunkan kadar gula yang tinggi dalam tubuh.

4. Mencegah Resiko Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian ilmiah yang pernah dimuat di British Journal of Nutrition menjelaskan  bahwa asparagus dapat membantu mengeluarkan insulin pada tubuh sehingga kinerja sel beta dalam tubuh dapat menurunkan resiko terserang penyakit diabetes tipe 2.

5. Obat Infeksi saluran kemih

Orang yang menderita infeksi saluran kemih biasanya akan mengalami nyeri saat buat air kecil. Tentunya kondisi seperti itu sangat menyakitkan. Asparagus dapat membantu mencegah dan menyembuhkan infeksi pada saluran kemih.

6. Untuk Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada tanaman ini bagus untuk kesehatan kulit. Fungsi antioksidan dapat mencegah penuaan dini pada kulit contohnya seperti flek hitam dan kerutan. Selain itu juga bisa membantu melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi.

7. Melancarkan ASI bagi Ibu Menyusui

Akar Asparagus dapat membantu ibu menyusui untuk melancarkan keluarnya ASI. Karena dapat meningkatkan nafsu makan ibu menyusui sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

8. Membantu Kesuburan

Baik untuk kesuburan laki-laki dan juga perempuan. Kandungan yang terdapat dalam akar asparagus bermanfaat untuk mengatur hormon serta membantu meyembuhkan gangguan dari fungsi reproduksi laki-laki dan perempuan.

9. Mengobati Mabuk

Mabuk akibat minuman berokahol dapat disembuhkan dengan asparagus. Kandungan akar asparagus dapat mengurangi kecemasan, rasa lelah, mual dan gejala mabuk lainnya. Mineral organik dalam asparagus terutama daun dan tunasnya mampu melindungi sel-sel hati dari alkohol.

10. Mengobati Penyakit Neurodegenerative

Peyakit Neurodegenerative yaitu Alzeimer, Parkinson dan Hungtinton dapat dicegah dan diobati dengan mengonsumsi asparagus. Beberapa penelitian membuktikan bahwa asparagus jenis racemosus yang mengandung senyawa fitoestrogen memiliki efek pada saraf yang efektif untuk menggantikan neuron yang rusak dan mengobati penyakit Neurodegenerative.

11. Mencegah Epilepsi

Epilepsi termasuk penyakit berbahaya yaitu gangguan kronis yang dapat memengaruhi sistem kerja otak. Orang yang mengidap penyakit Epilepsi akan sering mengalami kejang. Akar Asparagus jenis recemosus dapat dijadikan sebagai obat herbal dalam proses penyembuhan gejala Epilepsi dan membantu mencegah seseorang terkena penyakit Epilepsi.

Baca juga: Manfaat akar kuning

Nah, itulah 11 manfaat yang dimiliki akar Asparagus untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit pada tubuh manusia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Related For Inilah 11 Manfaat Akar Asparagus Untuk Kesehatan