Menu

Inilah 5 Manfaat Dari Akar Pinang Yang Mengejutkan

October 10, 2016 | Akar Akaran

Tanaman pinang merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi manusia. Bukan hanya di zaman sekarang, namun akar pinang telah banyak digunakan sejak zaman dulu, bahkan digunakan sebagai pengobatan herbal turun temurun.

akar-pinang

Pinang merupakan tumbuhan yang tumbuh di Pasifik, Afrika Timur serta di benua Asia. Pinang sendiri menjadi salah satu produk dagangan yang diperjualbelikan. Tapi untuk kegunaannya sebagai bahan obat, biasanya yang di ambil adalah akarnya. Lantas, apa saja manfaat dari akar pinang ini?

Manfaat akar pinang bagi tubuh

  1. Meningkatkan gairah pria dewasa

Manfaat akar pinang bagi kaum pria adalah untuk meningkatkan gairah. Hal ini tentu bermanfaat bagi mereka yang telah berumah tangga. Manfaat akar pinang yang satu ini terbilang cukup ampuh sehingga cocok bagi Anda yang ingin memiliki kehidupan rumah tangga yang harmonis.

Cara membuat ramuan dari akar pinang untuk meningkatkan gairah bisa dilakukan dengan cara merebus akar pinang menggunakan dua gelas air. Tunggu hingga airnya bersisa separuhnya. Jika sudah matang, saring lalu minum air ramuan tersebut.

Baca juga: Manfaat akar bahar

Adapun reaksi pengobatan sudah bisa Anda rasakan setalah 2 jam dikonsumsi.

  1. Berguna dalam mengecilkan rahim sehabis melahirkan

Setelah melahirkan, bukan hanya rasa senang yang dirasakan oleh ibu karena memiliki momongan, melainkan ada pula rasa khawatir akibat bentuk tubuh yang berubah. Bagi Anda yang mengalaminya, tidak ada salahnya menggunakan akar pinang sebagai solusinya.

Akar pinang sendiri bisa digunakan untuk mengecilkan rahim selesai melahirkan. Adapun pembuatan ramuannya, bisa dilakukan dengan cara mengeringkan akar pinang terlebih dahulu lalu rebus dengan 2 gelas air. Tunggu rebusan mendidih dan bersisa satu gelas saja.

Jika sudah, Anda bisa menyaringnya lalu konsumsi air hingga rahim Anda kembali normal.

  1. Mengatasi sakit pinggang

Sakit pinggang ialah jenis penyakit yang cukup sering dirasakan oleh pria maupun wanita dewasa. Terlebih bagi mereka yang memiliki jenis pekerjaan berat, maka yang namanya sakit pinggang dapat sewaktu-waktu menyerang.

Dalam mengatasi sakit pinggang menggunakan akar pinang, bisa dilakukan dengan cara mengambil beberapa siung dari akar pinang lalu keringkan. Agar hasilnya maksimal, lakukan pengeringan di bawah sinar matahari yang terik.

Setelah benar-benar kering, rebus akar buah pinang lalu masukkan buah pinang ke dalamnya. Jika sudah mendidih, Anda bisa mengangkat lalu meminumnya selagi ramuan masih hangat.

  1. Mengobati gangguan difteri

Manfaat lain dari akar pinang adalah untuk mengobati difteri. Difteri sendiri merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat gangguan bakteri. Untuk menggunakan ramuan akar pinang sebagai obat difteri, Anda bisa mengeringkan akar pinang terlebih dahulu untuk kemudian direbus ke dalam air sebanyak 2 gelas.

Konsumsi secara rutin ramuan sehat yang satu ini, agar hasilnya juga lebih maksimal.Jika ingin rasa ramuan lebih enak, Anda juga bisa menambahkan madu kedalamnya.

  1. Mengobati penyakit kudis

Mengobati kudis dengan bahan herbal akar pinang, bisa dilakukan dengan cara mengeringkan terlebih dahulu akar pinang, lalu dihaluskan. Campur akar pinang ini dengan seperempat sendok kapur sirih beserta air secukupnya saja. Jika ramuan telah berbentuk seperti pasta Anda bisa menggunakannya sebagai olesan pada bagian tubuh yang terasa sakit.Lakukan secara rutin jika menginginkan hasil yang maksimal.

Bagi Anda yang gemar mengobati jenis penyakit dengan bahan herbal, tidak ada salahnya menggunakan akar pinang sebagai solusinya. Penggunaan bahan herbal dirasa lebih aman karena terhindar dari campuran bahan kimia yang tidak sehat.

Related For Inilah 5 Manfaat Dari Akar Pinang Yang Mengejutkan