Menu

Inilah Segudang Manfaat Daun Cabai Untuk Kesehatan

December 5, 2016 | Daun Daunan

Semua kalangan masyarakat pasti sudah mengenal sayuran yang satu ini. Cabai (Capsicium annum) merupakan tumbuhan dari genus capsicum. Cabai dapat digolongkan sebagai sayuran. Tanaman ini sangat popular di berbagai kawasan karena sensasi rasa nya yang pedas.

Cabai merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan yang dibudidayakan oleh orang-orang India untuk keperluan bumbu masak. Selama ini orang-orang hanya memanfaatkan bagian buah cabai sebagai kebutuhan sehari-hari. Namun tanpa disangka, daun cabai ternyata memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya dengan buah cabai.

manfaat-daun-cabai

Ciri-Ciri Daun Cabai

Tanaman cabai merupakan tanaman perdu dan tanaman musiman. Tinggi pohonnya dapat mencapai 50-100 cm. Cabai dapat hidup dengan baik di tanah liat berpasir terutama pada tanah yang banyak mengandung humus atau kompos.

Daun tanaman cabai berbentuk lonjong dengan ujung daun meruncing dan tulang daun menyirip. Panjang daun cabai dapat mencapai 4-8 cm dan lebar 2-4 cm. Namun bentuk daun cabai juga dapat berbeda-beda untuk tiap jenis varietasya. Pada cabai rawit, bentuk daunnya sedikit berbeda dengan jenis cabai lainnya. Bentuk daunnya agak sedikit bulat. Daun cabai berwarna hijau hingga hijau tua.

Baca Juga: Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Cermai Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Cabai

Selain buah nya, daun cabai juga dapat memberikan banyak manfaat yang sangat berguna di bidang kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun cabai:

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat tentunya sangat menganggu penampilan pada kulit terutama wajah. Jerawat dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelebihan minyak pada kulit. Anda dapat menggunakan daun cabai untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah. Anda dapat menggunakan masker wajah yang terbuat dari tumbukan daun cabai. Lakukan lah hal tersebut kurang lebih 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

  1. Mengobati bisul

Bisul merupakan gangguan kulit yang terjadi akibat infeksi bakteri yang masuk ke dalam pori-pori kulit. Salah satu obat alami untuk mengatasi gangguan bisul ini dengan menggunakan daun cabai. Anda dapat melayukan daun cabai dengan minyak sayur,kemudian tempelkan pada bagian kulit yang terkena bisul.

  1. Mengobati masuk angin

Masuk angin dapat menyerang siapapun termasuk anda. Penyebab utama masuk angin adalah kumpulan gas yang tidak merata di dalam tubuh. Anda dapat menggunakan daun cabai sebagai obat alami untuk mengatasi masuk angin. Cukup menggiling daun cabai dengan kapur sirih dan balurkan di daerah perut anda.

  1. Meredakan demam

Banyak cara untuk mengatasi penyakit demam, salah satu nya dengan menggunakan daun cabai. Daun cabai bersifat antipirentik yang mampu menurunkan demam dan panas tubuh.

Cara pun sangat mudah, anda hanya perlu menumbuk daun cabai yang telah dicampur dengan minyak selada. Kemudian balurkan tumbukan daun cabai tersebut pada daerah ubun-ubun maupun di seluruh bagian tubuh.

  1. Merontokkan rambut ketiak

Daun cabai dapat digunakan untuk merontokkan rambut pada ketiak. Hal yang pertama perlu anda lakukan adalah mencukur terlebih dahulu rambut pada ketiak. Setelah itu, lakukan pemijatan dengan menggunakan daun cabai di sekitar daerah ketiak. Hal ini mungkin akan menimbulkan rasa panas, namun ini akan mencegah pertumbuhan bulu ketiak selanjutnya. Akan tetapi bila terjadi iritasi, anda dapat menghentikan metode tersebut.

  1. Obat biduran

Anda dapat menggunakan daun cabai untuk mengobati biduran. Cukup campurkan garam dengan tumbukan daun cabai dan balurkan pada daerah yang terkena biduran. Hal ini dapat memberikan sensasi hangat dan mengurangi rasa gatal-gatal akibat biduran.

  1. Obat kumur

Daun cabai dapat dijadikan sebagai obat kumur alternatif. Anda cukup menumbuk beberapa lembar daun cabai dan diseduh menggunakan air hangat. Setelah itu, kita dapat menggunakannya sebagai obat kumur. Daun cabai sangat efektif untuk membunuh bakteri dalam mulut sehingga dapat menghilangkan bau mulut.

Itulah diatas berbagai manfaat dari daun cabai buat kesehatan manusia. Nah selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Related For Inilah Segudang Manfaat Daun Cabai Untuk Kesehatan