Menu

Bahaya Jahe Merah Untuk Penyakit Maag

February 11, 2015 | Informasi Jahe Merah

Jahe Merah tidak Dianjurkan untuk Penderita Maag Kronis

Bahaya jahe merah – Jahe merah memang tidak dianjurkan untuk penderita maag kronis. Namun untuk jenis penyakit lainnya, jahe merah sungguh sangat berkhasiat. Jahe merah yang memiliki akar rimpang yang lebih ramping dan memiliki rasa yang lebih pedas mengandung gingerol yang dapat membuat lambung menjadi panas dan teritasi sehingga penyakit maag akan semakin kronis.

Jahe merah  ini memiliki nama latin Zingiberaceae  Officinale Roscoe merupakan tanaman herbal musiman yang memiliki tinggi sekitar 40 hingga 50 cm. Bila dibandingkan dengan jahe biasa, kandungan minyak asiri dan rasa pedasny jauh lebih besar. Soal kegunaan/ manfaat, jahe merah ini memiliki khasiat yang sangat banyak, bahkan lebih banyak bila dibandingkan dengan jahe biasa. Khasiatnya yang banyak inilah membuat jahe merah ini dimanfaatkan sebagai bahan obat alami di dunia farmasi dan juga sebagai bahan alami  untuk pembuatan jamu.

Jahe Merah tidak di anjurkan untuk penderita maag kronis

Ciri-ciri jahe merah

Jahe merah mempunyai rimpang yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jahe biasa. kemudian yang paling membedakan dari jahe merah ini dengan jahe pada umumnya adalah warna merahnya. Ketika dibuat minuman segar atau obat herbal, air seduhannya berwarna merah cantik.

Penggunaan jahe merah untuk pengobatan tradisional

Jahe merah ternyata telah lama dimanfaatkan sejak ratusan tahun yang lalu di Cina. Masyarakat Cina memanfaatkannya sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit limpa, ginjal, impotensi, dan lambung. Masyarakat Saudi Arabia juga sama-sama memanfaatkan rimpang jahe merah sebagi minuman penghangat tubuh dan bumbu masakan. Jahe merah yang menghangatkan ini juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan pada perut, gangguan pada sistem pencernaan, sembelit, dan juga keracunan yang disebabkan oleh makanan yang tercemar zat yang bersifat racun.  Masyarakat Barat pun sepertinya tak mau ketinggalan untuk tidak mencicipi khasiat jahe merah.

Menurut penelitian, jahe merah mengandung zat-zat unik yang mampu mengoptimalkan khasiat obat lainnya yang masuk ke dalam tubuh. sejumlah penelitian lainnya seputar khasiat jahe merah menyebutkan bahwa, rasa hangat yang dirasakan pasca meminum minuman hangat yang terbuat dari jahe merah dan juga kandungan minyak asiri pada jahe merah efektif melegakan jalan nafas pada penderita asma. Beberapa penyakit lainnya yang dapat diatasi hanya dengan jahe merah antara lain pegal-pegal, encok, flu, masuk angin, pusing, migraine, dan peredaran darah yang tidak lancar.

Cara mengolah rimpang jahe merah baik untuk minuman segar atau obat herbal tradisional sangat mudah. Jahe merah juga bisa diolah dengan campuran bahan alami lainnya seperti madu murni, perasan jeruk lemon/ jeruk nipis, dan bahan-bahan alami lainnya yang juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda para pembaca dan pengetahuan Anda seputar  Bahaya jahe merah bertambah luas, termasuk soal jahe merah yang tidak dianjurkan untuk penderita maag kronis.

Baca Juga: Kisaran Harga Jahe Merah

Related For Bahaya Jahe Merah Untuk Penyakit Maag