Menu

Jahe Merah Luar Dalam

July 21, 2015 | Informasi Jahe Merah

Jahe merah luar dalamAda banyak sekali jenis jahe yang ada di muka bumi ini, ada yang berwarna putih, dan ada juga yang berwana merah luar dalam nya merah dan yang terakhir jahe kuning.

Sebenarnya dari berbagai jenis jahe ini mengandung senyawa dan nama ilmiahnya hampir sama yang berawalan Zingiber officinale. Hanya saja konsentrasinya yang berbeda, seperti ada yang berabau tajam, sangat tajam, ada juga yang rasanya pedas dan kurang pedas.

Dari jenis jahe yang ada, jahe merah ini diakui mempunyai khasiat yang paling bagus dari jenis lainnya. Jadi jahe merah ini sering digunakan sebagi obat-obatan tradisional dan herbal. Sedangkan jahe yang lain biasanya digunakan sebagai bumbu atau penyedap masakan saja.

Ada banyak sekali kandungan yang ada di dalam jahe merah ini, seperti minyak atsiri pada jahe umumnya, kamfena,zingiberen, shogool, dan gingeral.

Lalu apa perbedaan dan ciri-ciri jahe merah itu sendiri?

Jahe merah bisasanya mempunyai ukurang yang paling kecil di banding dengan jenis jahe lainnya. Dan juga jahe ini mempunyai keunikan tersendiri, seperti rimpangnya yang berwarna merah, batangnya juga merah, bahkan daunnya juga merah kecuali saat mau panen. Dan danging rimpanya berwarna agak kecoklatan. Untuk lebih mudah seperti ini

1. Ukuran jahe merah agak lebih kecil dari yang lain.

2.Kandungan yang ada di dalam jahe merah sepeti minyak atsiri dan senyawa ketona Zingeron lebih tinggi daripada jenis jahe emprit dan jahe gajah.

3.Aroma yang sangat menyengat.

4.Rasa jahe merah jauh lebih pedas dan lebih panas.

Sedangkan untuk ciri Jahe Merah Luar Dalam dari yang lain sebagai berikut

1. Tanaman jahe merah luar dalam mempunyai batang yang semu. Kurang lebih tingginya 30cm sampai 1m.

2. Daun jahe merah lebih sempit kurang lebih sepanjang 15 sampai 23 mm. Dan tangkainya mempunyai panjang 2 sampai 4 mm.

3. Batang bunga dari jahe merah ini akan keluar dari dalam tanah.

4. Jahe merah hanya dapat tumbuh di tanah yang mempunyai kesuburan tinggi, gembur dan mengandung nutrisi.

5. Jahe merah biasanya siap panen sekitar 9 sampai 12 bulan dengan daun berwana kuning dan batangnya kering.

Meskipun jahe merah paling baik dalam pengobatan dari belahan dunia seperti china, arab maupun barat mengatakan bahwa, jahe merah mempunyai beberapa kandungan yang sangat unik dari jenis jahe lainya. Dan jahe merah dapat membantu dalam pengobatan dan lebih baik diterima dan diserap oleh tubuh.

Namun, bagi kamu yang asma atau maag, sebaiknya kamu menghindari mengkonsumsi jahe merah. Hal ini dikarenakan kandungannya yang sangat kuat seperti gingerol, yang kemungkin dapat membuat lambung kamu panas dan iritasi.

Semoga bermanfaat.

Related For Jahe Merah Luar Dalam