Menu

Jamu Jahe Merah

July 21, 2015 | Wedang Jahe Merah

Jamu jahe merah dipercaya mampu mengatasi berbagai jenis penyakit. Seperti yang anda kenal, jahe merah merupakan tanaman obat herbal atau tradisional yang berbentuk rimpang. Di indonesia sendiri, tanaman jahe merah sudah banyak dibudidayakan dan distribusinya sudah tersebar di berabagi penjuru daerah. Maka oleh sebab itu, banyak masyarakat indonesia yang cenderung memilih jahe merah untuk proses pengobatan karena dirasa mudah didapatkan, harganya terjangkau, dan aman bagi kesehatan tubuh manusia. Sebenarnya, jenis jahe ada bermacam-macam, ada yang berwarna putih, kuning, dan juga merah seperti yang akan dibahas dalam artikel ini. Jahe merah bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuat jamu atau ramuan. Untuk anda yang ingin mengobati beberapa penyait dengan ramuan atau jamu dari bahan dasar jahe merah, anda bisa mencatat resep-resepya berikut ini.

Jamu jahe merah

Jamu Jahe Merah sebagai Obat Asma

Apakah anda sudah mulai lelah dengan sakit asma yang sulit untuk diobati dan sering kambuh? Apabila anda mengalami rasa tidak nyaman karena penyakit ini, anda bisa mencoba mengolah jahe merah sebagai jamu untuk dikonsumsi. Bahan yang perlu disiapkan adalah jahe merah segar sekitar 20 gram, daun sambiloto dan daun randu masing-masing 30 gram, daun lampes sebanyak 20 gram, dan air kira-kira 4 gelas. Setelah semua bahan dipersiapkan dan dicuci dengan bersih, potong kecil-kecil sebelum merebusnya. Lalu, langkah selanjutnya adalah merebus semua bahan ke dalam wadah hingga air tersisa hanya 2 gelas saja. Saring jamu jahe merah tersebut sebelum dikonsumsi dan usahakan meminumnya 2 kali dalam sehari (pagi – sore) setelah makan. Tidak masalah jika anda ingin menambahkan jeruk nipis atau madu supaya rasanya lebih enak.

Jamu Jahe Merah sebagai Obat Rematik
Selain dipercaya mampu mengatasi asma, jahe merah ditunjuk sebagai salah satu bahan dasar dalam mengatasi sakit rematik. Jahe merah dapat dibuat jamu atau ramuan dalam mengobati sakit rematik yang sangat mengganggu kenyamanan anda. Ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum membuat jamu tersebut. Yang utama adalah jahe merah kira-kira 20 gram, lalu anda bisa menambahkan bahan lain seperti daun dewa segar, daun menira, daun sendok, masing-masing 30 gram, juga irisan mahkota dewa sedikitnya 20 gram. Jangan lupa air sekitar 800 cc untuk merebus. Setelah semua bahan dicuci maka pembuatan jamu dapat segera dimuali dengan merebusnya terlebih dahulu. Pastikan anda sudah merajang semua bahan dengan bentuk yang lebih kecil. Tunggu air rebusan tinggal 400 cc dan anda dapat dengan segera menyaring lalu meminumnya. Jamu jahe merah ini bisa dikonsumsi 2 kali sehari masing-masing 200 cc dan tambahkan madu untuk hasil yang lebih maksimal.

Related For Jamu Jahe Merah