Menu

Jenis Dan Manfaat Akar Bahar

October 9, 2016 | Akar Akaran

Akar bahar merupakan keluarga dari anthozoa yakni sejenis hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Anthozoa sendiri adalah hewan laut yang memiliki bentuk layaknya tumbuhan dan hidup di bagian dasar laut. Akar bahar memiliki nama latin Euplexaura sp serta termasuk dalam golongan Octocorallia.

akar-bahar

Keberadaan akar bahar memang tidak banyak diketahui oleh orang. Jikapun ada yang tahu, kebanyakan dari mereka menggunakan akar bahar yang satu ini sebagai bahan aksesoris layaknya gelang. Penggunaan akar bahar sebagai aksesoris sendiri tergolong cukup eksotis sehingga menarik banyak perhatian.

Baca juga: Manfaat dan efek samping lengkuas

Meski bisa digunakan sebagai bahan pembuatan aksesoris, namun nyatanya, akar bahar juga dapat digunakan dalam urusan kesehatan.

Jenis akar bahar

Akar bahar bukan hanya memiliki satu jenis saja, melainkan terdiri dari beberapa jenis sekaligus. Beberapa jenis akar bahar antara lain adalah akar bahar hitam, akar bahar kelabu, akar bahar merah serta putih.

Untuk akar bahar hitam sendiri, masih digolongkan ke dalam beberapa jenis lagi, dan berikut ini adalah jenis-jenisnya.

  1. Akar bahar laut
  2. Akar bahar jantan
  3. Akar bahar betina
  4. Akar bahar kipas
  5. Akar bahar tali atau gelombang lautan
  6. Akar bahar berjaga atau akar bahar bercagak
  7. Akar bahar ratu
  8. Akar bahar dengan bentuk mirip seperti daun cemara

Manfaat akar bahar

Dilihat dari segi ilmiahnya, akar bahar memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, ataupun bagi kehidupan sehari-hari secara umum. Adapun beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari akar bahar ini adalah sebagai berikut.

  1. Membunuh racun-racun yang masuk ke dalam ruangan ataupun yang ada di sekitar kita.
  2. Berguna sebagai aksesoris.
  3. Meningkatkan kondisi fisik agar tetap segar dan sehat meski telah berusia senja sekaligus.
  4. Menghindarkan kita dari banyak jenis penyakit langka.
  5. Mampu mengobati beragam jenis penyakit yang susah untuk diobati.
  6. Menghindarkan kita dari ragam penyakit yang kambuhan.
  7. Melancarkan aliran darah dalam tubuh dan menghindarkan kita dari darah tinggi hingga penyakit yang berhubungan dengan darah lainnya.
  8. Menghentikan terjadinya penyebaran virus dalam tubuh.
  9. Membantu kita dalam menyerap vitamin yang dikonsumsi.
  10. Menetralisir zat kimia yang masuk ke dalam tubuh.
  11. Mengobati jenis penyakit rematik dengan kandungan radiumnya.

Akar bahar, memiliki kemampuan dalam menyerap ion-ion serta vitamin berikut dengan unsur hara di dalam lautan. Kemampuan akar bahar dalam menyerap zat-zat berguna dalam lautan tersebut, berguna bagi manusia karena dapat mengobati banyak jenis penyakit.

Sementara itu, bagi Anda yang tertarik menggunakan akar bahar untuk mengobati radang tenggorokan, Anda bisa menyiapkan akar bahar terlebih dahulu lalu jemur hingga akar mengering.

Untuk selanjutnya, giling akar bahar hingga halus dan konsumsi secara rutin. Agar ramuan yang Anda buat memiliki manfaat lebih baik, Anda bisa mencampur ramuan dengan bahan herbal lain seperti sirih merah, jahe merah hingga akar ilalang. Ramuan akar bahar umumnya dibuat dalam bentuk kapsul serta ramuan godokan.

Akar bahar telah digunakan sejak zaman dulu dan masih juga dipilih sebagai pengobatan alternatif yang sehat hingga sekarang. Meski demikian hal yang cukup disayangkan adalah tidak banyak orang tahu manfaat dari akar bahar yang satu ini.

Keberadaan akar bahar bukan hanya berperan dalam kesehatan tubuh ataupun pembuatan aksesoris melainkan juga dipercaya sebagai penangkal guna- guna sihir bagi beberapa orang yang percaya.

Related For Jenis Dan Manfaat Akar Bahar