Menu

Kandungan, Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Cerry Untuk Kesehatan

November 27, 2016 | Daun Daunan

Tanaman cerry yang mempunyai nama latin muntingia calabuara L ini merupakan jenis tumbuhan dengan pohon yang menjulang tinggi namun berdaun rindang. Buah cerry ini sangat diminat anak-anak sebab rasa buahnya yang manis. Dan ternyata bukan hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, daunnya pun juga sangat bermanfaat buat kesehatan manusia.

manfaat-daun-cherry

Ciri-ciri daun cerry

Pada umumnya, daun cerry ditandai dengan sistem pertulangan daun yang menyirip. Pada bagian tepinya bergerigi, tidak berbentuk simetris dan ujung daun runcing namun tidak tajam. Terdapat bulu-bulu halus yang mengelili daun, sehingga terlihat agak mengkilap bila dilihat dari kejauhan.

Disamping itu, daun cerry memiliki warna hijau muda dan hijau tua. Namun daun yang akan layu akan berubah warna menjadi kuning mendekati orange. Daun cerry tidak mampu bertahan dalam suhu yang hangat atau panas. Karena ketika berada pada suhu tersebut, pada umumnya daun akan menguning dan layu, kemudian mengalami kerontokan.

Kandungan daun cerry

Daun cerry dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit, karena daun cerry memiliki berbagai kandungan sehat, diantaranya:

  1. Tanin
  2. Flavanoid
  3. Saponin

Bukan hanya daun cerry yang mempunyai kandungan sehat, buah cerry juga mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan, Seperti air, karbohidrat, protein, lemak, serat, niacin, ribofalin, karoten, tianin, fosfor, zat besi, energi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Cengkeh

Manfaat daun cerry bagi kesehatan

Sebagaimana dijelaskan diatas mengenai beberapa kandungan yang terdapat dalam daun cerry. Maka daun cerry mempunyai yang sangat banyak bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai penurun kadar gula

Salah satu manfaat yang terkandung dalam daun cerry adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini terjadi karena daun cerry mengandung flavanoid dan saponin. Kedua zat tersebut berperan sebagai antioksidan yang mampu menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan metabolisme gula. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam hal penyembuhan penyakit diabetes ini, idealnya mengkonsumsi air rebusan daun cerry secara teratur.

  1. Penghilang rasa sakit Asam Urat dan reumathik

Daun cerry mengandung flavanoid yang sangat tinggi. Salah satu fungsi flavanoid dalam tubuh adalah untuk membentuk kekebalan imunitas tubuh. Dengan demikian, flavanoid secara otomatis dapat menghilangkan rasa sakit dalam tubuh, seperti sakit yang diakibatkan oleh penyakit asam urat, reumathik, dan lain sebagainya.

  1. Penurun kolesterol

Selain bemanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, daun cerry juga dapat menurunkan kolesterol. Dengan mengknsumsi air rebusan daun cerry secara rutin, lambat laun kolesterol yang berlebih dalam tubuh dapat menurun.

  1. Mencegah pertumbuhan tumor

Kandungan daun cerry yang kaya akan tanin, flavanoid, dan saponin ini dapat digunakan obat pencegah penyakit tumor. Ketiga senyawa yang teekandung dalam daun cerry tersebut sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan tumor. Sebagaimana kita ketahui, bahwa tumor merupakan penyakit ganas yang mematikan. Oleh karena itu, sangat penting dilakukan pencegahan agar sel tumor yang berada dalam tubuh tidak mengalami pertumbuhan dan penyebaran pada organ lain. Untuk mencegah pertumbuhan sel tumor tersebut, idealnya penderita tumor mengkonsumsi air rebusan daun cerry secara teratur.

  1. Menjaga fungsi otot jantung

Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga jantung kita agar tetap sehat. Salah satu cara untuk menjaga fungsi otot jantung adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun cerry secara teratur. Daun cerry dapat menjaga funsi otot jantung karena mengandung zat herbal yang dapat melawan berbagai racun dan penyakit.

Nah, demikianlah ulasan mengenai manfaat daun cerry bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Related For Kandungan, Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Cerry Untuk Kesehatan