Menu

Kandungan, Ciri Ciri dan Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

November 25, 2016 | Daun Daunan

Tanaman ciplukan yang mempunyai nama latin physalis angulata merupakan tanaman yang mirip labu siam dan terung yang tergolong dalam famili tumbuhan solanacease (terung-terungan). Tanaman ciplukan sangat mudah kita jumpai di pekarangan rumah maupun di sawah-sawah. Walaupun tanaman ini tumbuh liar, namun daun ciplukan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

manfaat-daun-ciplukan

Ciri-ciri daun ciplukan

Daun ciplukan merupakan daun tunggal bertangkai dengan letaknya yang tersebar pada bagian bawah, kemudian berpasangan dibagian atas. Daun ciplukan berbentuk bulat oval dengan ujungnya yang meruncing, dan mempunyai bentuk tepi daun merata atau bergelombang. Panjang daun ciplukan sekitar 5-15 cm dan lebar 2,5-10,5 cm. Tulang daun ciplukan pada bagian pangkal berwarna keunguan, sedangkan tangkai daunnya berwarna hijau dengan uratnya yang mempunyai warna keputihan.

Kandungan daun ciplukan

Daun ciplukan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit, karena daun ciplukan memiliki berbagai kandungan sehat, yang mana diantaranya adalah :

  1. Asam malat
  2. Alkaloid
  3. Acid

Bukan hanya daun ciplukan yang mempunyai kandungan sehat, buah ciplukan juga mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C, gula, dan lain sebagainya

Baca juga: Kandungan, Ciri Ciri dan Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan

Manfaat daun ciplukan bagi kesehatan

Beberapa manfaat daun ciplukan bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengobati flu

Salah satu manfaat daun ciplukan yang dapat digunakan sebagai obat herbal adalah untuk mengobati flu. Untuk seseorang yang terkena serangan sakit flu, idealnya menjadikan daun ciplukan sebagai obat herbal dalam pengobatannya, yaitu dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan hingga flu yang melanda hilang.

  1. Obat radang tenggorokan

Selain dapat mengobati flu, daun ciplukan juga dapat bermanfaat untuk mengobati sakit radang tenggorokan yang sering diderita oleh anak-anak ataupun dewasa. Cara menggunakan daun ciplukan sebagai obat radang tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Mengobati pertusis

Kandungan yang terdapat dalam daun ciplukan dapat mengobati pertusis atau batuk rejan. Dalam pengobatan dengan daun ciplukan ini membutuhkan kesabaran, karena batuk rejan yang dialami seseorang akan sembuh secara bertahap. Akan tetapi, dapat dipastikan bahwa batuk rejan tersebut tidak akan kembali lagi.

  1. Mengobati gondongan

Gondongan merupakan penyakit bengkak pada leher bagian depan yang terjadi karena pembengkakan kelenjar. Penyakit ini dapat menciptakan rasa nyeri. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan, rasa nyeri pada tenggorokan akibat penyakit gondongan ini akan terasa hilang.

  1. Obat untuk bisulan dan borok

Manfaat daun ciplukan yang lain yaitu dapat berguna untuk mengobati bisul dan borok. Cara pengobatannya yaitu dengan cara mengoleskan air rebusan daun ciplukan pada borok atau bisul yang sedang meradang. Namun demikian, sebelum mengoleskan air rebusan daun ciplukan tersebut, pastikan bahwa tangan anda steril dari kuman dan kotoran.

  1. Mengobati kencing manis

Kandungan zat yang terkandung dalam daun ciplukan juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit kencing manis. Agar penderita penyakit kencing manis dapat segera sembuh, idealnya mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin.

  1. Mengurangi penyakit paru-paru basah

Daun ciplukan sangat berkhasiat untuk mengurangi penyakit paru-paru basah. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin, agar dapat sembuh seperti sedia kala.

  1. Mengurangi risiko terjadinya epilepsi

Manfaat daun ciplukan yang selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit epilepsi. Disamping itu, bagi orang yang telah mengalami penyakit epilepsi, kandungan daun ciplukan akan berperan aktif untuk mengurangi kambuhnya penyakit tersebut.

Nah, demikianlah ulasan mengenai manfaat daun ciplukan bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan,

Related For Kandungan, Ciri Ciri dan Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan