Menu

Kandungan, Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan

December 3, 2016 | Daun Daunan

Tanaman cocor bebek yang mempunyai nama latin kalanchoe pinnata ini merupakan sejenis tumbuhan adventif (tumbuhan yang berkembang biak dengan menggunakan tunas daun). Dengan bentuk daun yang sangat menarik dan unik, pada umumnya cocor bebek sering digunakan sebagai tanaman hias. Selain digunakan sebagai tanaman hias, cocor bebek juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

daun-cocor-bebek

Ciri-ciri daun cocor bebek

Daun cocor bebek berwarna hijau atau abu-abu. Daun cocor bebek berdaging tebal dengan kandungan yang kaya akan air. Bagian pinggir daun bergelombang dan berbentuk lonjong atau bulat. Sedangkan bagian ujung daun berbentuk tumpul, dengan bagian pangkalnya yang membundar. Permukaan daun halus dan gundul. Kira-kira panjang daun cocor bebek berkisar antara 5-20 cm, dengan lebar daun yang mencapai 2,5-15 cm.

Kandungan daun cocor bebek

Daun cocor bebek dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan berbagai penyakit, karena daun cocor bebek memiliki berbagai kandungan senyawa yang sehat, diantaranya:

  1. Glikosida
  2. Zat lendir
  3. Damar
  4. Biofilin
  5. Magnesium malat
  6. Kalsium
  7. Oksalat
  8. Asam Formiat
  9. Tanin

Baca juga nih: Ciri Ciri, Manfaat Dan Kandungan Daun Cincau Untuk Kesehatan

Manfaat daun cocor bebek bagi kesehatan

Beberapa manfaat daun cincau bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengobati nyeri lambung

Salah satu manfaat daun cocor bebek yaitu dapat mengobati nyeri lambung. Bagi seseorang yang mempunyai riwayat penyakit lambung, idealnya tidak melewatkan daun cocor bebek sebagai alternatif obat tradisional dalam hal pengobatannya.

  1. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi memang terkesan sepele namun sangat menyakitkan. Untuk mengobati sakit gigi, tempelkan daun cocor bebek diatas gigi yang sakit. Pengobatan yang satu ini cukup mudah bukan.

  1. Mengobati disentri

Manfaat dari daun cocor bebek juga bisa digunakan sebagai obat disentri. Disentri sendiri terjadi akibat adanya infeksi pada sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi air rebusan cocor bebek, lambat laun penyakit disentri tersebut dapat disembuhkan.

  1. Mengobati amandel

Kandungan yang terdapat dalam daun cocor bebek dapat berfungsi untuk mengobati amandel. Cara pengobatannya adalah dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan daun cocor bebek. Untuk hasil yang maksimal, lakukan pengobatan ini secara teratur.

  1. Obat bisul

Kandungan zat herbal daun cocor bebek dapat mempercepat penuaan bisul. Dengan menggunakan daun cocor bebek sebagai tapal pada bisul, dalam waktu sekejap bisul yang meradang tersebut akan mengempes.

  1. Obat kompres demam

Daun cocor bebek dikenal sebagai daun yang kaya akan zat herbal. Dengan zat herbal tersebut, daun cocor bebek bermanfaat untuk menurunkan demam pada tubuh.

  1. Mengobati penyakit asma

Kandungan daun cocor bebek juga daat digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit asma. Cara pengobatannya yaitu dengan mengkonsumsi air rebusa daun cocor bebek secara rutin.

  1. Obat gigitan nyamuk

Manfaat daun cocor bebek juga dapat digunakan untuk mengobati bekas gigitan nyamuk. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan zat lendir yang terdapat di dalam daun cocor bebek pada bekas gigitan nyamuk.

  1. Obat anti bakteri

Daun cocor bebek mengandung senyawa yang bersifat antibakterial. Sehingga daun cocor bebek dapat membunuh bakteri yang berada dalam tubuh kita.

Dari ulasan diatas mengenai manfaat daun cocor bebek bagi kesehata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, ketika menggunakan obat herbal ini, yaitu:

  • Kelebihan dosis dalam mengkonsumsi obat herbal ini dapat berakitab pusing dan muntah-muntah
  • Sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita hamil, karena dapat mematikan janin.
  • Tidak untuk dikonsumsi oleh orang yang mempunyai masalah dengan sistem pencernaan
  • Untuk orang yang mempunyai kulit bermasalah, sebaiknya berhati-hati saat memakainya, karena dapat menyebabkan gatal dan melepuh

Nah, demikianlah ulasan mengenai manfaat daun cocor bebek bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Related For Kandungan, Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Cocor Bebek Untuk Kesehatan