Menu

Kandungan, Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Ginseng

November 21, 2016 | Daun Daunan

Ginseng (panax) merupakan sejenis tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat. Ginseng termasuk dalam suku Araliaceae. Tanaman ini dapat tumbuh subur di wilayah belahan bumi utara terutama Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Ginseng memang telah banyak dimanfaatkan oleh masyarak di kawasan Asia Pasifik , khususnya di Negara kawasan Cina, Korea, Jepang, dan beberapa wilayah Asia Tenggara lainnya.

manfaat-daun-ginseng

Ciri-Ciri Daun Ginseng

Biasanya tanaman ginseng memiliki lima daun majemuk di satu tangkai pada saat tumbuhan sudah dewasa. Ciri ciri daun ginseng berwarna hijau terang atau agak keputihan. Kedudukan antar daun saling berhadapan atau bersilangan. Tangkai daunnya pendek dan bulat telur sungsang. Tepi daunnya rata dengan tulang yang menyirip. Ukuran daun ginseng mencapai panjang 3-10 cm  dan lebar 1,5-5 cm. Permukaan daun ginseng sangat lembut dan licin.

Kandungan Daun Ginseng

Salah satu jenis daun ginseng yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan adalah daun ginseng jawa. Kandungan daun ginseng jawa memiliki komposisi sebagai berikut:

  1. Saponin

Saponin berasa manis dan netral. Saponin dapat digunakan untuk menguatkan paru-paru, melancarkan sirkulasi darah dan mengatur maksimal pada sistem syaraf pusat dan tepi

  1. Flavanoid

Sama hal nya dengan manfaat saponin, flavonoid pada daun ginseng berguna untuk mengurangi pembengkakan, anti bakteri, antioksidan, antiviral, dan anti histamin.

  1. Steroid

Steroid mempunyai khasiat dalam meningkatkan nafsu makan.

  1. Minyak Atsiri

Minyak atsiri memiliki khasiat yang sama dengan steroid

Selain itu, menurut beberapa penelitian menemukan bahwa terdapat beberapa kandungan lain yang tersimpan di dalam daun ginseng yaitu vitamin A, senyawa turunan alkaloid, tannin, dan senyawa lainnya.

Baca juga: Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Genjer

Manfaat Daun Ginseng

Seluruh bagian dari pohon ginseng memilik kandungan yang baik dan dapat dijadikan sebagai obat herbal terasuk daun ginseng walaupun khasiatnya tidak sehebat akar dan batang nya. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari daun ginseng jawa adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengatasi bisul

Biasanya untuk mengatasi bisul, daun ginseng jawa ditambah dengan gula merah ditumbuk hingga halus. Kemudian hasil tumbukan tersebut dapat anda tempelkan pada bisul. Lakukan hal tersebut dua kali sehari.

  1. Untuk melancarkan ASI

Untuk membuat ramuan obat sebagai pelancar ASI dibutuhkan daun ginseng jawa secukup nya. Kemudian cuci halus dan tumis daun tersebut. Tumisan daun ginseng dapat dimakan 2-3 kali sehari.

Selain itu, daun ginseng jawa juga dapat menangani masalah kanker payudara, masalah keputihan, memperkuat stamina, memiliki efek afrosidiak, memperlancar aliran darah di sistem saraf pusat, dan masih banyak lainnya.

Pada sebuah uji klinis menunjukkan bahwa formula obat yang mengandung daun ginseng Cina dapat meningkatkan berbagai gejala yang berhubungan dengan penuaan. Hal ini dikarenakan daun ginseng dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan hormone, serta menangkal radikal bebas.

Ekstrak daun ginseng Amerika dan Cina memiliki anti obesitas. Hal ini ditemukan dalam sebuah penelitian bahwa ekstrak daun ginseng Amerika secara signifikan dapat mengurangi berat badan orang dewasa.

Selain itu ekstrak daun ginseng Amerika juga dikenal memiliki efek anti hiperglikemia dan memiliki efek anti-diabetes. Ekstra daun ginseng India (Ashwagandha) juga memiliki aktivitas anti kanker. Pada daun Panax ginseng dilindungi oleh siklofosfamid yang biasanya digunakan sebagai senyawa anti-kanker.

Daun ginseng juga dapat digunakan sebagai obat Alzheimer. Daun ginseng  baik dimakan mentah atau dimasak, maupun diseduh menjadi teh herbal juga dapat mengobati Alzheimer apabila di minum dan di makan secara teratur.

Related For Kandungan, Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Ginseng