Menu

Kandungan, Ciri Ciri dan Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan

November 24, 2016 | Daun Daunan

Daun suji merupakan tanaman perdu yang berumur tahunan dan dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang lembab serta sedikit cahaya matahari. Dikenal dengan nama ilmiah Pleomele Angustifolia dan Draceana Angustifolia, daun suji termasuk tanaman yang tergolong dalam keluarga Liliaceae. Tanaman suji tumbuh tersebar dari Birma, India, Cina bagian selatan, Indo-Cina, Thailand, Filipina, New Guinea, Australia bagian utara, hingga Indonesia.

Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Indonesia seringkali menggunakannya untuk beberapa keperluaan terutama dalam hal memasak. Daun suji memiliki kemiripan dengan daun pandan yang sering digunakan sebagai pewarna hijau alami. Selain itu, daun suji memiliki aroma khas yang tak kalah wangi dengan daun pandan.

daun-suji

Ciri Ciri Daun Suji

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daun suji memiliki kemiripan dengan daun pandan. Hanya saja, ukuran daun suji berukuran lebih pendek dibandingkan dengan daun pandan.

Tinggi tanaman suji dapat mencapai ukuran 8 meter. Bentuk daun nya berseling dengan ujung yang runcing, bertumpuk-tumpuk, dan berwarna hijau tua.. Karakteristik daun suji lainnya adalah jika daun suji dibelah maka akan mengeluarkan cairan seperti lendir yang berwarna hijau apabila dicampur dengan air.

Kandungan Daun Suji

Meskipun memiliki rasa yang pahit akan tetapi daun suji mengandung beberapa senyawa penting yang dapat digunakan sebagai obat tradisional seperti saponin, flavonoida, tannin, alkaloid, dan polifenol. Warna hijau pekat pada daun suji menunjukkan bahwa terdapat kandungan klorofil yang sangat kuat.

Manfaat Daun Suji

Bukan hanya dapat digunakan pada bahan makanan saja, daun suji memiliki beragam manfaat yang dapat berguna bagi dunia kesehatan dan pengobatan. Berikut beberapa manfaat daun suji yang berkaitan dengan kesehatan dan pengobatan:

  1. Dapat menghentikan batuk berdarah

Batuk berdarah disebabkan oleh infeksi bakteri pada tenggorokan. Selain itu paru paru yang berisi cairan juga dapat menyebabkan batuk berdarah. Daun suji dapat menjadi obat alternatif karena mengandung zat alkaloid yang berguna untuk meredakan infeksi di dalam tenggorokan.

Cara membuat obat nya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kurang lebih 15 lembar daun suji kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu diseduh menggunakan air yang sudah masak. Peras daun suji untuk mendapatkan sarinya dan kemudian dapat kita minum. Anda harus rutin meminumnya pagi dan malam hari.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Hal ini dikarenakan daun suji mengandung saponin, zat yang efektif mengurangi kadar kolesterol jahat dengan cara mengikatnya dalam aliran darah. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan kurang lebih 5 lembar daun suji dengan dua gelas air. Kemudian rebus dan sisakan setengahnya saja. Anda dapat meminumnya tiga kali sehari.

Baca juga: Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Paprika

  1. Penawar racun

Kandungan zat alkaloid pada daun suji juga bermanfaat sebagai anti bakteri. Saat mengalami keracunan, akan banyak terdapat bakteri bakteri di dalam tubuh. Oleh sebab itu, bakteri-bakteri tersebut harus dinetralisir.

Cara menetralisir racun dalam tubuh menggunakan daun suji adalah dengan merebus 20 gram akar dari daun suji dengan dua gelas air. Sisakan menjadi satu gelas kemudian minum sekali dalam sehari.

  1. Mengobati gusi berdarah dan sakit gigi

Bakteri di dalam mulut dapat menjadi penyebab masalah gusi berdarah dan sakit gigi. Untuk meredakan pendarahan pada gusi, anda dapat berkumur dengan air rebusan daun suji yang masih hangat. Sama hal nya dengan pengobatan untuk masalah gigi, anda dapat berkumur air rebusan daun suji dan meminumnya sebagian.

  1. Meredakan nyeri pada lambung

Daun suji dapat menjadi obat nyeri lambung dengan cara merebus 20 gram daun suji dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum pada waktu pagi dan malam hari dengan takaran ½ gelas.

Demikian diatas adalah manfaat dari daun suji. Semoga informasi di atas ada manfaatnya

Related For Kandungan, Ciri Ciri dan Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan