Menu

Kandungan dan Manfaat Akar Pasak Bumi

October 13, 2016 | Akar Akaran

Tanaman pasak bumi menjadi salah satu jenis tanaman yang telah lama dikenal terutama dalam dunia pengobatan. Tidak hanya itu, namun tanaman yang satu ini juga disebut sebagai tanaman penambah stamina bagi kaum laki-laki.

akar-pasak-bumi

Salah satu bagian yang cukup banyak digunakan dalam tanaman yang satu ini adalah akarnya. Keberadaan akar pasak bumi sendiri mampu mengobati banyak ragam penyakit mulai dari jenis penyakit yang ringan seperti sakit perut hingga jenis penyakit berat yakni kanker.

Baca juga ya: Manfaat akar pohon kelapa

Ciri dan kandungan akar pasak bumi

Tanaman pasak bumi tumbuh dengan ukuran batang yang mencapai ketinggian hingga sepuluh meter. Tanaman ini juga memiliki daun yang rimbun pada bagian ujung batangnya. Tanaman pasak bumi banyak ditemukan di dalam rimbunan pohon di hutan.

Akar pasak bumi bisa digunakan dalam mengobati banyak jenis penyakit karena mengandung senyawa alami yang sehat seperti berikut ini.

  1. Quasinoid
  2. Canthin
  3. Euryomanone
  4. Etanol
  5. Saponin
  6. Alkaloid
  7. Tanin

Kandungan-kandungan sehat dari akar pasak bumi tersebut di atas, merupakan kandungan sehat yang mampu menjaga tubuh kita dari ragam penyakit yang menyerang.

Manfaat akar pasak bumi bagi kesehatan tubuh

Akar pasak bumi dalam bidang kesehatan memang memiliki banyak sekali manfaatnya. Mulai dari jenis penyakit ringan hingga penyakit berbaya seperti kanker, bisa disembuhkan dengan jenis akar sehat yang satu ini.

Adapun beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari akar pasak bumi antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai anti kanker

Salah satu manfaat dari Akar pasak bumi adalah sebagai anti kanker. Mengonsumsi ramuan dari akar tanaman ini mampu mencegah sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker ataupun tumor di dalam tubuh.

Beberapa jenis kanker yang dapat diobati dengan akar pasak bumi adalah kanker payudara serta kanker darah atau leukimia.

  1. Meningkatkan stamina kaum pria

Manfaat lain yang paling banyak dicari dari akar pasak bumi adalah kemampuannya dalam meningkatkan stamina kaum pria. Hal ini tentu berguna bagi Anda yang telah berkeluarga dan ingin memiliki kehidupan rumah tangga harmonis.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik, akan mampu menghindarkan kita dari banyaknya ragam penyakit yang menyerang. Ramuan dari akar pasak bumi sendiri mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda jauh dari yang namanya sakit.

  1. Melancarkan peredaran darah

Salah satu jenis penyakit yang cukup banyak menyerang seseorang, terutama mereka dengan gaya hidup yang kurang baik adalah tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang mengidap jenis penyakit ini, ada baiknya Anda menggunakan Akar pasak bumi sebagai solusi dalam melancarkan sistem peredaran dalam tubuh.

Inilah kenapa terlebih bagi Anda yang tengah mengidap hipertensi, ada baiknya selalu sedia akar pasak bumi sebagai solusi sehat dalam menyeimbangkan tekanan darah di dalam tubuh.

  1. Anti malaria

Ramuan yang diolah dari akar pasak bumi bisa pula digunakan dalam mengatasi penyakit malaria karena memiliki kandungan senyawa yang berperan sebagai anti-malaria di dalamnya.

Untuk mengobati beragam jenis penyakit seperti halnya ragam penyakit di atas, ada baiknya Anda mengonsumsi akar dari tanaman yang satu ini dengan cara dibuat ramuan terlebih dahulu.

Tanaman pasak bumi memang banyak memberi manfaat terutama pada bagian akarnya. Meski demikian, bagian tanaman yang lain seperti pada bagian daunnya, dapat pula digunakan untuk mengobati beragam jenis penyakit dimana salah satunya adalah gangguan sakit perut.

Related For Kandungan dan Manfaat Akar Pasak Bumi