Menu

Morfologi, Kandungan Dan Manfaat Daun Durian Untuk Kesehatan

December 7, 2016 | Daun Daunan

Durian adalah salah satu jenis buah yang memiliki bagian yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Mulai dari buah, biji, dan juga daun.  Pada buah dan biji pasti sudah banyak yang mengetahui khasiatnya karena banyak digunakan untuk bahan baku obat herbal. Namun lain halnya dengan daun durian. Tak banyak yang mengetahui khasiat dibalik daun durian bagi kesehatan.

Sebelum kita mengetahui manfaat daun durian, ada baiknya kita mengenali dulu tentang daun durian.

manfaat-daun-durianfologi

Morfologi daun durian

Daun durian memiliki klorofil yang tinggi dan dapat berfotosintesis. Sehingga sangat membantu sistem pernapasan dan respirasi pohon pada pohon durian tersebut.

Daun (folium) pada pohon durian tergolong dalam daun tunggal yang tidak lengkap dan terdiri dari beberapa bagian yaitu :

  • – Tangkai daun (petiolus)
  • – Helaian daun (lamina)

Ciri – ciri dari daun durian adalah:

  1. Pertulangan daun menyirip. Pada bagian ibu tulang daun (costa) memanjang dari pangkal daun hingga ujunhg daun. Dari costa keluar kesamping-samping tulang cabang sehingga mirip dengan sirip ikan.
  2. Daun berbentuk lanset dengan ukuran yang bervariatif.
  3. Baun berujung runcing dengan sisi atas berwarna terang
  4. Tepi daun rata dan tebal
  5. Tangkai daun berbentuk silendris dan tipis pada bagian pangkal.

Kandungan daun durian

Daun pada buah durian memiliki kandungan zat aktif yang berguna bagi kesehatan. Kandungan zat aktif tresebut antara lain :

  • – Saponin
  • – Flavonoid
  • – Polifenol

Baca Juga: Ciri Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Delima Untuk Kesehatan

Manfaat daun durian

Keanekaragaman tanaman yang tumbuh didataran Indonesia, menjadikan wilayah ini kaya akan tanaman-tanaman yang sangat bermanfaat untuk pengobatan secara herbal. Salah satunya adalah tanaman buah durian yang memiliki banyak manfaat melalui daunnya. Banyak penelitian yang dilakukan guna mengetahui manfaat dari daun durian. Berikut ini beberapa manfaat dari daun durian:

  1. Obat anti jamur canida albicans

Dapat digunakan sebagai obat anti jamur herbal yang dapat mengurangi infeksi candida (kandidiasis) akibat pertumbuhan jamur candida albicans didalam rongga mulut. Zat saponin dan flavonoid pada buah durian menjadikan daun durian memiliki antimicroba.

  1. Menurunkan berat badan

Kandungan serat pada daun durian berkhasiat untuk menurunkan berat badan secara alami.

  1. Melancarkan proses pencernaan

Daun durian juga dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan yang diakibat gangguan pencernan, seperti diare dan sembelit.

  1. Obat infeksi pada kuku

Daun durian dipercaya ampuh mengatasi infeksi pada kuku (cantengan). Cara nya mudah, cukup dengan menumbuk halus lalu oleskan pada kuku yang terkena infeksi. Biarkan selama 20 menit agar terjadi penyerapan.

  1. Obat infeksi jamur kulit

Daun durian dapat digunakn untuk mengobati luka akibat infeksi yang disebabkan jamur pada kulit. Misalnya panu, kadas, kurap kutu air. Penggunaanya pun cukup sederhana. Hanya dengan menumbuk hingga halus daun durian lalu mengoleskan pada daerah yang terinfeksi luka. Zat saponin dan flavonoid pada buah durian menjadikan daun durian memiliki antimicroba.

  1. Menambah gizi untuk kesahatan tubuh

Mengkonsumsi daun durian yang dimasak dengan proses tumis menggunakan minyak zaitun dapat memberikan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan yang didapat dari mengkonsumsi daun durian adalah kalium, kalsium, serat, protein, zat besi.

Pastikan sebelum memasak daun durian, merebus daun terlebih dahulu untuk menghilangkan zat racun yang terdapat didalam daun agar lebih aman dikonsumsi.

Masih banyak yang belum mengetahui tentang manfaat dari daun durian bagi kesehatan. Semoga penjelasan diatas dapat menambah informasi anda mengenai manfaat dari daun durian.

Related For Morfologi, Kandungan Dan Manfaat Daun Durian Untuk Kesehatan