Menu

Kandungan Dan Manfaat Daun Endive Berikut Ciri Cirinya

December 19, 2016 | Daun Daunan

Tanaman endive merupakan jenis sayuran yang termasuk kedalam familia Asteraceae. Endive juga tergolong jenis sayuran yang memiliki rasa pahit. Selain dapat dimasak dan dijadikan salad. Daun endive memiliki manfaat banyak bagi kesehatan tubuh.

Bagi anda yang belum mengetahui tentang dari daun endive, berikut ini ulasan mengenai manfaat, morfologi dan kandungan didalam daun endive yang bermanfaat bagi kesehatan.

manfaat-daun-endive

Ciri-Ciri daun endive

Endive tergolong dalam genus Chicorium yang memiliki spesies sayuran pahit seperti chicorium endivia, cichorium pumilum dan cichorium intybus. Tanaman endive terdiri dari 3 jenis yaitu, curly endive, frisee endive, dan escarole endive.

Ciri-ciri dari daun endive:

  • Berbentuk bulat dan lebar
  • Permukaan daun halus
  • Daun agak sedikit keriting pada tepi daun
  • Batang daun pendek dan berbuku-buku

Kandungan pada daun endive

  • Vitamin A, Vitamin K, Vitamin E
  • Folate
  • Mineral
  • Zat besi

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Daun Ende Berikut Cara Penyajiannya

Manfaat daun endive

Mengkonsumsi daun endive sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama pencernaan. Disamping itu ada beberapa penyakit kanker yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun endive. Berikut penjelasannya:

  1. Mencegah alzheimer

Khasiat daun endive yaitu untuk melindungi sistem kerja otak sehingga dapat membantu mencegah terjangkitnya penyakit Alzheimer. Mengkonsumsi daun endive setiap pagi dapat menjadi cara mudah untuk menguatkan fungsi kerja otak. Sehinga resiko terkena Alzhaimer sangat minim.

2. Mencerahkan kulit

Kandungan kolagen dan vitamin C pada daun endive sangat bermanfaat bagi kulit tubuh apabila kita mengkonsumsinya secara rutin. Selain dapat meremajakan kulit secara alami, dapat pula mencerahkan kulit.

3. Melindungi tubuh dari ancaman kanker

Kandungan zak aktif pada daun endive sangat berperan untuk mencegah terjangkitnya kanker yang diakibatkan oleh pencernaan. Selain itu antioksidan pada daun endive dapat menangkal radikal bebas yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sel kanker pada tubuh. jenis kanker tersebut antar lain:

  • Kanker paru-paru dan rongga mulut,
  • Kanker usus besar
  • Kanker prostat pada laki-laki.

4. Menurunkan berat badan

Serat daun endive sangat bermanfaat untuk mengikat lemak didalam tubuh. Jadi sangat cocok sekali bagi anda yang ingin melakukan diet secara alami. Didalam 100gr daun endive terdapat 17kalori.

5. Dapat digunakan untuk penyembuhan scoliosis

Vitamin yang terkandung didalam daun endive memiliki manfaat yang bagus bagi tulang. Kandungan kalsium dan mineral pada daun endive memiliki peranan penting dalam pertumbuhan tulang. Bagi anda yang melakukan proses penyembuhan scoliosis dapat mengimbangi dengan mengkonsumsi daun endive sebagai salad.

6. Mengurangi resiko penyakit darah tinggi, jantung dan stroke

Daun endive berfungsi untuk mengontrol lemak jahat (kolestrol) didalam tubuh serta menjaga fungsi hati, sehinga dapat mengurangi resiko terkena penyakit darah tinggi, jantung dan juga stroke.

7. Melancarkan pencernaan

Daun endive termasuk dari salah satu jenis sayuran yang kaya serat alami. Mengkonsumsi sebagai salad dapat dijadikan alternatif bagi anda yang ingin memiliki pencernaan yang lancar.

8. Mengatasi insufisiensi empedu, anoreksia dan masalah lambung

Rasa pahit yang terdapat didalam daun endive dapat bertindak sebagai diuretik-depurative dan pencahar ringan bagi penderita insufisiensi empedu, anoreksia, serta masalah lambung.

Bagi anda seorang vegetarian memasukkan daun endive ke dalam list sayuran yang anda konsumsi sangat tepat sekali. Mengingat manfaat dari berbagai kandungan yang terdapat didalam daun endive sangat banyak. Sekaligus menjadikan daun ini sebagai alternatif untuk menjaga kebugaran tubuh secara alamiah.

Related For Kandungan Dan Manfaat Daun Endive Berikut Ciri Cirinya