Menu

Kandungan Dan Manfaat Daun Honje Untuk Kesehatan

December 21, 2016 | Daun Daunan

Honje atau yang lebih dikenal masyarakat dengan nama kecombrang (jawa), kencong atau kincung (sumatera utara), bangkot (bali), dan beberapa nama lainnya, merupakan sejenis tumbuhan rempah yang mempunyai bunga, buah dan biji. Memiliki nama latin etlingera elatior, tanaman ini berwarna kemerahan seperti tanaman hias pisang-pisangan dan jika batangnya telah tua makan akan berbentuk layaknya tanaman jahe yang tinggi nya mencapai kurang lebih 5 meter.

manfaat-daun-honje

Honje atau kecombrang termasuk dalam kerajaan plantae dan masih satu keluarga dari zingiberaceae. Masyarakat indonesia sering memanfaatkan kecombrang sebagai bahan makanan yang dapat dikonsumsi meskipun dalam keadaan yang mentah.

Ciri-ciri daun honje

Tanaman honje memiliki kemiripan dengan jahe dan lengkuas. Memiliki bunga yang berbentuk gasing dan buahnya berjejalan membuntuk bongkol yang berdiameter sekitar 10 hingga 20 cm. Bijinya sangat banyak berwarna coklat kehitaman dan dibungkus dengan salut biji yang berwarna putih  dan kemerahan.

Daun pada tanaman honje tersusun dalam dua baris dan saling berseling, setiap barisnya berisi 15-20 helai daun. Pangkal nya membulat atau berbentuk menyerupai jantung. Tepi daun bergelombang dengan ujung nya yang meruncing pendek. Pada permukaan daun bagian atas berwarna hijau mengkilap dan terdapat bintik-bintik halus dan rapat. Sedangkan pada bagian bawah daun berwarna keunguan ketika muda.

Kandungan daun honje

Daun honje memiliki kandungan senyawa polyfenol yang cukup tinggi, selain itu terdapat kandungan alkaloid, triterpenoid, flavonoid dan saponin. Vitamin c pada daun honje juga sangat bermanfaat dalam menangkal radikal bebas dan menetralisir racun dalam tubuh, dan melindungi penyakit genetik. Daun honje juga kaya akan vitamin , mineral, dan antioksidan.

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Daun Pare Untuk Kesehatan

Manfaat daun honje

Tanaman honje terkenal dapat dimanfaatkan dalam hal kuliner. Mulai dari bunga hingga batangnya dapat dijadikan bahan makanan dan bumbu dasar. Pemanfaatan yang paling utama sebagai bahan utama pembuatan sambal dan ayam goring. Hal ini karena rasa dan aroma nya yang unik. Bahkan di penang,malaysia bunga kecombrang merupakan unsur penting dalam pembuatan laksa.

Namun terdapat manfaat lain terutama dari daun honje yang dapat bermanfaat dalam bidang kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun honje dalam bidang kesehatan:

  1. Mengobati luka, pada bagian daun honje memiliki kandungan antioksidanyang cukup tinggi dibandingkan pada bagian bunga dan rimpangnya sehingga dapat digunakan sebagai pencuci luka
  1. Mengobati disentri, karena mengandung senyawa polyfenol yang tinggi daun honje dapat digunakan untuk mengobati disentri
  1. Mengahalau bau badan, apabila anda memasak dan mengkonsumsi daun muda honje dan bunganya maka bau nya akan merasuk ke seluruh badan sehingga beberapa hari setelah mengkonsumsinya bau nya masih sangat terasa. Cara ini sangat ampuh untuk menutupi bau keringat. Hal ini dikarenakan karena kandungan minyak atsiri beserta saponin dan flavonoida.
  1. Membantu mencegah osteoporosis / pengeroposan tulang dan gigi
  1. Memperperkuat kinerja dari otak untuk menguatkan daya ingat
  1. Mengatasi dehidrasi / kekurangan cairan
  1. Sumber energi alami
  1. Obat alami untuk penyakit kulit seperti campak
  1. Melancarkan peredaran darah
  1. Membantu mengobati anemia / kurang darah / penambah darah
  1. Menguatkan tulang dan sangat baik untuk masa pertumbuhan.
  1. Daun atau pelepah honje dapat dijadikan sabun dengan cara mememarkan daun atau pelepah hingga berbusa dan kemudian dapat dijadikan sebagai sabun. Anda akan mendapatkan sabun yang bebas dari bahan-bahan kimia.

Nah, iu dia manfaat daun honje buat kesehatan. Semoga bermanfaat.

Related For Kandungan Dan Manfaat Daun Honje Untuk Kesehatan