Menu

Kandungan Dan Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

December 22, 2016 | Daun Daunan

Siapa yang tidak kenal dengan jambu biji? Buahnya yang sangat enak dan kaya akan vitamin C serta daunnya yang memang teruji untuk mengobati penyakit diare. Jambu biji merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brasil dan disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah yang berwarna putih atau merah.

manfaat-daun-jambu-biji

Kandungan  Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat. Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada daun jambu biji meliputi alkohol, aldehida, hidrokarbon alifatik, alkohol aromatic, kadalena, kalsium, karbohidrat, beta kariofilena, kasuarinin, klorofil A, klorofil B, sinel, tannin terkondensasi, asam krategolat, minyak atsiri, galiotanin, asam guajavolat, guavin A, guavin B, guavin C, guavin D dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Daun Honje Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memang sudah banyak digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional di beberapa Negara tropis. Daun jambu biji memiliki kandungan berbagai senyawa yang dapat memberikan manfaat di bidang kesehatan maupun kecantikan. Berikut beberapa manfaat daun jambu biji yang digunakan dalam bidang kesehatan:

  1. Mengatasi diare

Seperti yang kita ketahui daun jambu biji sudah banyak digunakan untuk mengobati diare. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif membunuh jenis bakteri yang dapat menyebabkan diare seperti bakteri Staphylococcus.

Teh daun jambu biji dapat membantu untuk menghambat berbagai bakteri penyebab diare. Bagi penderita diare, dengan meminum teh ini akan mengurangi nyeri perut dan menyebabkan tinja tidak encer sehingga pemulihan akan lebih cepat.

Anda juga dapat membuat obat diare sendiri dengan cara menumbuk dengan halus kurang lebih 6 lembar daun jambu biji kemudian diseduh dengan air matang. Diperas dan diminum air nya. Secara rutin minumlah 2 kali sehari hingga anda sembuh dari diare.

  1. Mengobati maag

Daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit maag. Anda hanya perlu menyiapkan 8 helai daun jambu biji. Rebus dengan menggunakan 1,5 liter air. Kemudian secara rutin, minum air rebusan tersebut tiga kali dalam sehari.

  1. Mengobati luka

Daun jambu biji memiliki kandungan astringent yang dapat dimanfaatkan untuk menghentikan pendarahan. Anda hanya tinggal menumbuk beberapa helai daun jambu biji dan setelah itu tempelkan ke bagian kulit yang sedang terluka.

  1. Mengobati keputihan

Anda dapat menggunakan daun jambu biji untuk mengatasi keputihan pada wanita. Caranya cukup mudah, hanya merebus dua genggam daun jambu bij dan tujuh helai daun sirih dengan satu gelas air.  Kemudian saring dan minum dengan rutin dua kali sehari.

  1. Mengobati ambeien

Anda bisa mengobati ambeien dengan menumbuk daun jambu biji yang masih sangat muda dengan sebuah pisang batu. Anda dapat meminum air perasannya dengan rutin hingga ambeien anda sembuh.

  1. Mengatasi jerawat dan komedo

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan jerawat dan komedo yang tak kunjung sembuh, anda dapat menggunakan daun jambu biji. Cukup tumbuk daun biji muda dan setelah itu oleskan di bagian wajah yang mengalami masalah jerawat dan komedo. Gunakan secara rutin hingga anda terbebas dari jerawat dan komedo.

  1. Mengobati demam berdarah

Anda perlu menyiapkan sekitar tujuh lembar daun jambu biji, dua genggam daun ceremai, serta 10 lembar daun sirih. Cuci bersih semua bahan dan direbus menggunakan air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan tadi ½ gelas di waktu pagi dan ½ gelas lagi di malam hari.

Nah, selamat mencoba..

Related For Kandungan Dan Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan