Menu

Kandungan Dan Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Kesehatan

December 26, 2016 | Daun Daunan

Jati belanda atau Guazuma ulmifolia adalah salah satu tanaman dari suku sterculiaceae. Di beberapa daerah, jati belanda disebut dengan nama jati londa atau jatos landi. Jati belanda sudah umum digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal, terutama bagian daun jati belanda mempunyai banyak manfaat dan khasiat.

Tanaman ini berasal dari Amerika tropik dan dibawa ke Indonesia oleh bangsa portugis. Jati belanda dapat tumbuh di dataran rendah dekat pantai hingga daerah penggunungan 800 meter di atas permukaan air laut.

manfaat-daun-jati-belanda

Ciri-Ciri Daun Belanda

Daun jati belanda berbentuk bundar telur, memanjang dengan permukaan daun nya yang halus. Pada saat musim kemarau, daun jati belanda sering menggugurkan diri.

Kandungan Daun Jati Belanda

Sejumlah ahli mengatakan bahwa daun jati belanda mengandung senyawa dari golongan alkaloid, zat samak, dan senyawa damar. Ketiga senyawa ini memiliki kemampuan untuk membatasi produksi lemak yang ada dalam tubuh. Sehingga secara tak langsung akan melangsingkan tubuh. Selain itu, terdapat pula kandungan tannin, resin, lendir, flavonoid, asam fenolik, zat pahit, karotenoid, terpen, sterol, lemak minyak dan masih banyak lainnya.

Manfaat Daun Jati Belanda

  1. Sebagai obat pelangsing

Daun jati memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan serat dan zat lendir yang berfungsi untuk menghambat penyerapan lemak, kolesterol, dan gula dalam tubuh sehingga dapat mengecilkan lingkar perut dan melancarkan buang air besar.

Kandungan tanin di dalamnya memiliki fungsi astringent yang dapat melapisi bagian dalam usus sehingga dapat mengendalikan lemak yang masuk ke dalam usus. Selain itu, daun jati belanda mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mampu dengan cepat membakar lemak dan kalori.  Daun jati belanda juga dapat menekan nafsu makan.

Banyak para ahli kesehatan dan pakar diet menyarankan bahwa melakukan diet dengan menggunakan daun jati belanda dipercaya lebih baik dan lebih aman dibandingkan menggunakan obat obatan yang mengandung bahan-bahan kimia.

Untuk membuat ramuan nya, anda perlu menyiapkan kurang lebih tujuh lembar daun jati belanda, sepotong rimpang bangle, dan temulawak. Cuci bersih semua bahan dengan 1 ½ gelas air bersih. Rebus hingga tersisa satu gelas saja.

Setelah dingin, saring dan minum air rebusan tadi bersamaan dengan temulawak atau kunir putih. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek iritasi lambung. Selama dalam proses penyembuhan menggunakan daun jati belanda ini, diharapkan anda tetap meminum banyak air putih.

  1. Sebagai peluruh kolesterol

Penelitian ini dilakukan oleh laboraturium biokimia Institut Pertanian Bogor, dalam hal ini menggunakan kelinci sebagai hewan percobaan. Hasilnya membuktikan bahwa pemberian ekstrak daun jati belanda dapat mempengaruhi tingkat lemak darah yaitu terjadi penurunan kosentrasi low-destiny lipoprotein, trigliserida dan TPC.

Untuk membuat ramuan ini, siapkan beberapa lembar daun jati belanda kering. Seduh dengan air panas secukupnya dan kemudian disaring. Agar tidak terasa hambar anda dapat menambahkan madu dan gula batu.

Baca juga: Manfaat Dan Kandungan Daun Jeruk Bagi Kesehatan

  1. Sebagai pereda diare 

Daun jati belanda yang sudah kering kemudian digiling untuk dijadikan serbuk. Gunakan sekitar 20 gr serbuk daun jati dan kemudian diseduh dengan menggunakan air panas. Kemudian saring dan diminum dua kali sehari. Anda dapat menambahkan kencur dan madu secukupnya. Namun untuk anda yang mempunyai masalah pada ginjal, sebaiknya jangan mencoba pengobatan ini.

Penggunaan daun jati belanda sebagai obat herbal memang sangat dianjurkan, akan tetapi apabila menggunakannya dengan kadar berlebihan dan terus menerus dapat menimbulkan efek samping. Akibat yang dapat dirasakan adalah dapat mengalami buang air kecil terus menerus, ada pula yang mengalami diare setelah menggunakannya cukup lama.

Related For Kandungan Dan Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Kesehatan