Menu

Kandungan Dan Manfaat Kencur untuk Asam Lambung

August 18, 2016 | Kencur

Kencur memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan sekaligus kecantikan seorang wanita. Kencur umumnya dibuat menjadi jamu dengan campuran beras. Jamu ini dikenal sebagai jamu beras kencur yang banyak dijual dalam bentuk kemasan hingga jamu keliling atau yang biasa di kenal dengan jamu gendong.

Manfaat kencur untuk asam lambung

Kandungan zat dalam kencur

Kencur dianggap sebagai bahan alami jamu yang memiliki banyak manfaat untuk mempersehat tubuh. Tidak heran mengingat ada banyak sekali zat baik yang tekandung dalam kencur, berikut di antaranya

  1. Mineral
  2. Pati
  3. Sineol
  4. Asam sinamat
  5. Minyak-minyak atsiri
  6. Gom
  7. Etil ester
  8. Asam metil dan penta dekaan
  9. Bomeol
  10. Alkaloid
  11. Asam anisat
  12. Kemphene
  13. paraemarin

Cara membuat jamu beras kencur

Bagi anda yang tertarik membuat jamu beras kencur sendiri, tidak perlu khawatir mengingat bahan dan cara pembuatannya, yang cukup mudah dilakukan. Yang harus anda perhatikan adalah penyesuaian takaran bahan yang diperlukan. Melalui takaran yang pas maka khasiat dan rasa khas dari beras kencur, bisa didapatkan.

Tertarik mencoba? Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatan jamu beras kencur yang bisa dipraktekkan di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Siapkan kencur sebanyak lima ratus gram
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 200 gram beras
  4. Gula aren atau bisa pula gula merah sebanyak 100 gram
  5. Garam dengan takaran setengah sendok teh
  6. Gula pasir 200 gram
  7. Cengkeh secukupnya
  8. Satu setengah liter air
  9. Kayu manis secukupnya

Cara pembuatan

Langkah pembuatan jamu, bisa dilakukan dengan cara yang berikut ini.

  1. Rendam beras selama 4 jam lalu tiriskan.
  2. Kupas kencur dan jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih.
  3. Tumbuk beras sampai halus lalu campur menggunakan kayu manis juga cengkeh.
  4. Campur semua bahan lalu rebus dan tambahkan gula merah serta gula pasir.
  5. Langkah berikutnya adalah dengan mengaduk ramuan dan tunggu selama 20 menit.
  6. Tunggu sampai mendidih dan masukkan ke dalam gelas.
  7. Konsumsi saat masih hangat.
  8. Agar lebih segar, anda bisa menambahkan jeruk nipis kedalamnya.

Manfaat kencur dalam mengobati berbagai keluhan asam lambung

Asam lambung yang berlebih, dapat menyebabkan terjadinya penyakit maag yang membuat perut terasa melilit. Untuk mengatasi gangguan asam lambung ini, anda bisa mengonsumsi jamu beras kencur. Minuman sehat satu ini, mampu menurunkan kadar asam lambung yang tinggi dalam pencernaan.

Jamu beras kencur, bukan hanya bermanfaat dalam meredakan asam lambung yang tinggi, melainkan juga banyak jenis penyakit yang lain.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Jamu beras kencur mengandung zat yang bernama minyak atsiri dan bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Terutama bagi anak-anak yang sering kali mengalami penurunan nafsu makan, penggunaan jamu beras kencur merupakan alternatif yang tepat.

  1. Penghilang pegal dan capek

Mengonsumsi beras kencur, bisa dilakukan setiap hari asal dilakukan sesuai dengan takaran yang tepat. Jamu beras kencur membantu menghilangkan rasa pegal yang mendera tubuh. Bagi anda yang memiliki jenis pekerjaan berat, sebaiknya mengonsumsi jamu ini untuk membantu menyehatkan sekaligus menghilangkan pegal-pegal tubuh.

  1. Meningkatkan vitalitas dan stamina bagi kaum pria

Mengonsumsi jamu beras kencur, ternyata bisa pula digunakan untuk meningkatkan vitalitas serta stamina kaum pria. Bagi anda yang memiliki pekerjaan berat dan membutuhkan stamina lebih, ada baiknya konsumsi jamu ini secara teratur.

  1. Mengobati masuk angin

Jamu beras kencur, dipercaya sebagai obat bagi mausk angin lantaran rasa hangat yang didapat dari kencur. Bukan hanya memberi efek hangat, namun kandungan beras kencur juga mampu mengurangi rasa mual yang muncul dari para penderita masuk angin.

  1. Menghilangkan nyeri

Manfaat lain dari jamu beras kencur adalah sebagai pereda rasa nyeri tubuh. Alternatif lainnya dalam meredakan rasa nyeri adalah dengan menggunakan daun suji, kulit pisang, serta daun salam.

Untuk mengonsumsi jamu beras kencur, anda bisa menyiapkan bahan-bahan dan mengikuti petunjuk pembuatan di atas. Jika memang kurang suka membuat sendiri karena tidak ada waktu, anda juga bisa membelinya secara langsung di toko obat yang membuat jamu ini secara kemasan.

Related For Kandungan Dan Manfaat Kencur untuk Asam Lambung