Menu

Kandungan & Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan

December 24, 2016 | Daun Daunan

Jarak atau Ricinus Communis merupakan salah satu jenis tumbuhan liar dan biasanya terdapat di hutan, tanah kosong, daerah pantai, bahkan juga sering dikembang biakkan di dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu yang merupakan spesies dari Euphorbiaceae. Banyak sebutan untuk pohon jarak di Indonesia, misalnya di Jawa Barat dikenal dengan Kaliki, di Sumatera dikenal dengan nama Dulang dan di Madura dikenal dengan nama Gloah.

manfaat-daun-jarak

Ciri-Ciri Daun Jarak

Pohon jarak memiliki batang yang berbentuk bulat, licin, berongga, dan berbuku-buku jelas. Daunnya tumbuh berseling berbentuk bulat dengan ujung nya yang sedikit runcing. Pada bagian permukaan atas daun berwarna hijau tua dan pada bagian permukaan bawah daun berwarna hijau muda. Daun pada jarak merupakan daun tunggal menjari yang berukuran 7-9 cm dan berdiameter 10-40 cm

Kandungan Daun Jarak

Pada daun jarak terdapat beberapa kandungan senyawa seperti kaemfrol-3rutinoside, nicotiflorin, isoquercitrin, rutin, kaempferol, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, vitamin C 275 mg dan berbagai hal lainnya yang sangat baik untuk pengobatan berbagai penyakit kulit.

Manfaat Daun Jarak

Daun jarak merupakan salah satu jenis tanaman herbal. Walaupun daunnya tak terlalu besar, akan tetapi sudah banyak orang yang menggunakannya karena dipercaya sebagai tanaman yang berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut beberapa manfaat daun jarak pada bidang kesehatan

  1. Mengatasi susah BAB

Anda hanya perlu menyiapkan daun jarak yang masih segar. Kemudian kukus daun jarak tersebuh dan anda dapat mengkonsumsi nya sebagai sayuran pelengkap makanan anda. Hal ini dapat sangat efektif untuk melancarkan buang air besar

  1. Menurunkan demam pada bayi

Anda hanya perlu menyiapkan dua sampai tiga helai daun jarak dan kemudian cuci sampai bersih. Kemudian olesi daun daun tersebut dengan minyak yang masih baru. Panaskan daun diatas api pada kompor selama dua menit sampai panas terasa merata.

Kemudian anda dapat meletakkan daun yang sudah dipanasi tersebut pada perut dan punggung bayi. Hal ini dilakukan agar daun tidak mudah terlepas. Atau anda juga dapat memasangkannya pada gurita bayi.

  1. Mengobati kurap

Minyak jarak memang sudah terbukti efektif untuk mengobati kurap dan penyakit kulit umum lainnya. Senyawa aktif pada daun jarak yaitu asam undesilenat yang dapat membantu mengobati kurap.

Hal yang perlu anda lakukan adalah cuci daun jarak dan rendam dalam minyak kelapa selama beberapa jam kemudian panaskan. Setelah itu, tempelkan pada kulit yang mengalami masalah dan tutup dengan menggunakan kain katun. Anda bisa membiarkan hal ini selama semalaman. Lakukan proses ini sampai benar- benar sembuh.

  1. Ampuh mengobati rematik 

Anda hanya perlu menyiapkan 5-8 lembar daun jarak. Kemudian tumbuk halus dan dicampurkan sedikit air hangat. Oleskan pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Anda bisa melakukan hal tersebut tiga kali sehari.

  1. Mengatasi bekas luka

Koreng atau bekas luka akan menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu penampilan. Anda dapat mengatasi nya dengan menggunakan daun jarak. Cukup haluskan daun jarak hingga menjadi bubur dan tambahkan sedikit garam. Oleskan di bagian kulit yang terdapat bekas luka atau koreng. Hal ini juga anda dapat lakukan untuk bekas luka akibat benda tajam maupun bakar.

Baca juga:  Kandungan Dan Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

  1. Memperlancar proses persalinan

Untuk kondisi yang mendesak, daun jarak dapat digunakan untuk memperlancar proses persalinan. Daun jarak dapat memicu kontraksi sehingga proses persalinan  bisa berjalan dengan lancar dan bayi  terlahir normal.

Nah, banyak sekali bukan manfaat dari daun jarak ini. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas, bisa berguna buat pembaca semua

Related For Kandungan & Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan