Menu

Kegunaan jahe merah untuk kesehatan dan kecantikan

January 25, 2015 | Manfaat Jahe Merah

kegunaan jahe merahKegunaan jahe merah – Jika anda bertanya tentang, maka jawabnya ada banyak sekali. Di dalam jahe merah ada beberapa kandungan yang dapat membantu tubuh melawan banyak bakteri dan juga virus, itu sebabnya tanaman ini banyak dipakai untuk pengobatan, baik pegobatan ringan maupun pengobatan berat.

  1. Sebagai obat TB atau Tubercolosis
    Cara menggunakannya mudah saja, kombinasikan jahe merah dengan mengkudu. Ketika pasien rajin mengkonsumsi ramuan ini, niscaya penyakit TB akan cepat sembuh. Ramuan ini pernah diteliti oleh perhimpunan Dokter Paru Indonesia. (diambil dari www.viva.co.id )
  2. Sebagai obat batuk dan obat flu
    Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit batuk dan flu, karana rasa jahe merah yang hangat, maka rasa gatal pada tenggorokan dan juga hidung tersumbat ketika flu akan mudah hilang. Itu karena kandungan gingerol yang ada pada jahe merah dapat mengencerkan dahak atau sebagai ekspectoran, sehingga gatal pada tenggorokan cepat hilang.
  3. Sebagai obat masuk angin
    Kegunaan jahe merah yang sering Anda gunakan adalah ketika sedang masuk angin, sakit kepala,demam, meriang, nyeri persendian, dll. Itu semua dapat diatasi dengan mengkonsumsi jahe merah. Karena kandungan minyak atsiri pada jahe merah dapat meredakan semua permasalahan dalam pencernaan, dan juga penyakit lainnya.
  4. Sebagai obat diet
    Kandungan gingerol dalam jahe merah juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kandungan ini dapat merangsang tubuh untuk lebih meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara meningkatkan panas tubuh, dan keringat keluar lebih banyak.
  5. Sebagai penangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini
    Di dalam jahe merah terdapat kandungan minyak atsiri dan juga antioksidan zingerone. Kandungan ini dapat dijadikan sebagai penangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah penuaan dini.
  6. Mengatasi jerawat
    Kandungan minyak atsiri dan juga antioksidan zingerone dapat menjadikan wajah anda bersih dari jerawat, flek-flek hitam dan masalah lain yang masih berhubungan dengan wajah.
  7. Mengatasi impotensi
    Jahe merah juga dapat Anda gunakan untuk mengobati masalah impotensi dan juga ejakulasi dini. Salah satu manfaat mengkonsumsi jahe marah adalah dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh, itu sebanya masalah impotensi atau ejakulasi dini dapat teratasi dengan mudah.
  8. Mengobati asma
    Tanaman ini juga pernah diteliti oleh ahli Fitofarmaka dari Universitas Gajah Mada, bahwa rasa hangat dari kandungan minyak atsiri pada jahe merah akan membuat penderita asma merasa lega dan tidak menderita asma lagi. (diambil dari www.liputan6.com )
  9. Meredakan masalah pencernaan
    Ada kalanya Anda merasa sembelit, mual, dll. Mengkonsumsi jahe merah juga dapat menyembuhkan penyakit yang Anda derita.

Akan tetapi ketika Anda mempunyai penyakit maag maka sebaiknya berhati-hati jangan mengkonsumsi jahe merah terlalu banyak, karena akan menyebabkan luka di dalam lambung semakin parah.

Itulah beberapa kegunaan dan manfaat jahe merah, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

Related For Kegunaan jahe merah untuk kesehatan dan kecantikan