Menu

Yuk kita kenali jahe gajah

September 23, 2015 | Jahe gajah

Mengenal jahe gajah

Lebih Dekat Mengenal Jahe Gajah

Mengenal jahe gajah lebih detail dan dari dekat sangatlah bermanfaat. Hal ini karena jahe memiliki banyak sekali khasiat dan merupakan salah satu komoditi populer dari Indonesia. Selain itu, tanaman yang tergolong suku temu-temuan ini hampir selalu ada di keseharian masyarakat Indonesia. Entah itu sebagai bumbu dapur, minuman, obat herbal hingga produk-produk kecantikan.

Jadi tak berlebhihan jika jahe disebut sebagai tanaman multi-guna. Jahe hanya bisa hidup dan dibudidayakan di negara beriklim tropis. Dan, jahe gajah merupakan satu dari 3 jahe yang paling digemari, selain jahe merah juga jahe emprit.

Tak hanya itu, banyak masyarakat yang meyakini bahwa jahe gajah memiliki kualitas terbaik dan paling unggul. Dimana senyawa yang terkandung didalamnya lebih berlimpah karena bentuk fisiknya yang besar.

Ciri-ciri dan Khasiat Jahe Gajah

Penampakan fisik jahe gajah memiliki rimpang yang besar, gemuk dan lebih terlihat kembung dibanding jahe merah atau emprit. Rimpang sendiri biasanya berwarna putih, kuning muda atau kuning.

Untuk seratnya cenderung atau sedikit lebih halus dan lembut. Sementara aromanya tidak setajam jahe jenis lainnya, banyak mengandung air dan rasanya tak terlalu pedas.

Khasiat jahe gajah kurang lebih sama dengan jahe lain. Senyawa kompleks yang terkandung sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Biasanya jahe ini digunakan sebagai penguat rasa dalam makanan dan minuman obat. Diantaranya seperti biskuit, permen, wedang, teh jahe (ginger tea) hingga minuman semacam cocktail.

Cocktail Hanya Dibuat dari Jahe Gajah

Banyak sekali alasan mengapa hanya jahe gajah yang bisa dibuat untuk minuman kelas dunia, cocktail, antara lain:

– Jahe gajah unggul secara fisik. Mulai dari ukuran besar, kembung, daging sedikit serat dan cenderung halus. Bentuk tersebut membuatnya dipercaya sebagai jenis paling baik, meskipun sebenarnya kandungan senyawa didalamnya sama saja dengan jahe jenis lain.

– Tidak pedas dan beraroma lembut. Ketika dikonsumsi citarasa jahe gajah tak setajam jahe emprit atau jahe merah. Ia hanya meninggalkan rasa hangat dan ini sangat disukai oleh masyarakat dunia. Hal ini juga menjawab pertanyaan kenapa jahe gajah mendominasi pasar dunia.

Selain untuk cocktail, sejumlah masyarakat dunia, khususnya Eropa, juga menjadikan jahe gajah sebagai bahan dasar biskuit yang terkenal dengan sebutan ginger cookies. Kue ini sudah banyak dijumpai diberbagai negara dengan banyak modifikasi citarasa. Biasanya dikonsumsi ketika musim dingin untuk menghangatkan tubuh.

Nah, banyak sekali kan kegunaannya. Saat ini olahan jahe memang sudah banyak dijumpai dalam kemasan minuman dan produk makanan, sehingga penyajiannya sangat instan dan mudah dikonsumsi. Namun tak ada salahnya jika Anda mencoba membuat sendiri olahan makanan juga minuman dari jahe gajah ini. Anda bisa memadupadankan dengan bahan lainnya seperti kayu manis, lemon, madu dan masih banyak lagi. Untuk penderita diabetes bisa dikonsumsi rutin tanpa banyak gula. Bagaimana? tertarik membuat makanan dan minuman sehat setelah mengenal jahe gajah.

Related For Yuk kita kenali jahe gajah