Menu

Inilah Beragam Manfaat Akar Bambu Kuning Untuk Kesehatan

October 20, 2016 | Akar Akaran

Banyak orang yang belum mengetahui kalau bambu kuning memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Bambu kuning temasuk dalam jenis tanaman hias. Biasanya, orang banyak menyukai bambu kuning karena warna yang dimilikinya indah yaitu kuning alami dan bentuknya yang unik tersebut biasa dijadikan hiasan di halaman depan rumah. Ternyata, selain keindahan warna dan bentuknya yang unik, bambu kuning menyimpan banyak rahasia yang luar biasa untuk kesehatan.

manfaat-akar-bambu-kuning-untuk-kesehatan

Akar yang dimiliki bamboo kuning adalah jenis akar serabut dan bewarna putih. Bagi Anda yang ingin membudidayakan tanaman bambu kuning, sebaiknya menanam saat musim hujan yaitu antara bulan Desember-Februari. Karena bambu kuning mempunyai manfaat besar untuk kesehatan yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Namun, bamboo kuning tidak bisa menghasilkan rebung yang begitu banyak. Rebung adalah bagian tunas pada bamboo muda yang berusia beberapa hari.

Berikut ini beberapa rahasia dari khasiat dan manfaat akar bambu kuning

Sumber Nutrisi dan Protein

Rasa manis yang dimiliki bambu kuning baik untuk dikonsumsi. Bambu kuning mengandung potassium yang banyak bermanfaat untuk kesehatan. Potassium yang terkandung di dalamnya menjadikan bambu kuning rendah kalori. Sayur rebung dari bambu kuning biasanya dimanfaatkan menjadi tambahan makanan yang menyehatkan.

Mengobati Penyakit Tuberkulosis

Seseorang yang terserang penyakit Tuberkulosis (TBC) biasanya disebabkan oleh bakteri. Tanaman bambu kuning mengandung beberapa unsur zat yang dapat mengobati penyakit tuberculosis. Zat yang terkandung di dalamnya yaitu zat tabasheer dan mineral silica yang dapat menyembuhkan penyakit TBC.

Obat Liver

Bambu kuning mengandung zat anti racun yaitu fenol yang mampu mengatasi kerusakan hati. Cara meramu obat herbal dari bambu kuning untuk mengobati Liver yaitu ambillah rebung bambu kuning kemudian diiris tipis-tipis. Keringkan irisan rebung bambu kuning kemudian rebus selama kurang lebih 15 menit dengan 10 gelas air. Setelah itu, saringlah air rebusan dan minum air tersebut selagi hangat. Minumlah secara rutin sehari 3x.

Mencegah Penyakit Asam Urat

Asam urat biasanya disebabkan oleh pengendapat zat purin di dalam tubuh. Perempuan lebih cenderung terserang penyakit asam urat dibandingkan laki-laki. Karena perempuan akan mengalami monopouse sehingga memacu kadar asam urat yang tinggi.

Baca juga: manfaat akar asparagus

Bambu kuning mengandung flavonoid dan antioksidan terutama pada bagian daunnya. Kandungan tersebut berperan penting untuk menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat dan juga dapat menurunkan kadar asam di dalam tubuh. Antioksidan itu juga dapat menghambat penuaan dini.

Mengobati Radang Paru-Paru

Manfaat lain dari bambu kuning yaitu terdapat pada daunnya yang dapat menyembuhkan radang pada paru-paru. Cara meramunya yaitu dengan merebus daun bamboo kuning lalu airnya diminum. Air rebusan bambu kuning memang terasa pahit, namun bisa mengobati peradangan pada paru-paru.

Mencegah Penyakit Kanker

Antioksidan tinggi yang dimiliki akar bambu kuning bisa menangkal radikal bebas yang dapat membuat seseorang terserang penyakit berbahaya seperti kanker. Antioksidan yang dimiliki akar bambu kuning tersebut digunakan untuk menetralkan racun di dalam tubuh.

Mengobati Demam

Manfaat bambu kuning yang dapat menyembuhkan demam sudah ada dan dipercaya sejak dahulu. Dalam pengobatan China, penggunaan bambu kuning terutama pada daunnya sangat manjur menurunkan demam. Cara membuat ramuan bambu kuning untuk obat demam yaitu dengan mengeringkan daunnya lalu ditumbuk kemudian baru diseduh dengan air hangat-hangat kuku dan diminum.

Mencegah Penyakit Cacingan

Cacingan biasanya sering dialami oleh anak-anak. Penyakit ini dapat mengganggu sistem pencernaan dan tumbuh kembang anak, karena gizi dari makanan tidak diserap oleh tubuh melainkan diserap oleh cacing. Daun bambu kuning dapat membantu membunuh cacing-cacing yang ada diperut. Cara meramunya sama dengan mengobati penyakit demam.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat dari akar bambu ini. Nah, selamat mencoba

Related For Inilah Beragam Manfaat Akar Bambu Kuning Untuk Kesehatan