Menu

Inilah Beragam Manfaat Akar Bayam dan Cara Pengolahannya

October 21, 2016 | Akar Akaran

Bayam adalah sayuran hijau yang sangat sering kita temui baik di pasar ataupun di kebun. Tentunya banyak sekali kasiat yang terkandung dalam tanaman bayam ini. Apa lagi bagian akar dari tanaman hijau kaya serat ini.

Akar bayam yang sering kali dibuang setelah daunnya dijadikan berbagai olahan makanan justru sebenarnya dapat kita gunakan untuk banyak hal yang berguna bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat-akar-bayam-dan-cara-pengolahannya

Ciri-ciri akar bayam

  1. Akar bayam masuk dalam klasifikasi akar tunggang dengan serabut pada bagian atas
  2. Tumbuhan bayam memiliki akar perdu (terma)
  3. Akar bayam akan menembus tanah sedalam 20-40cm bahkan lebih

Setelah kita tau mengenai ciri – ciri  akar bayam, perlu juga diketahui bahwa akar bayam sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah, berikut kami bagikan informasi lengkapnya untuk Anda semua. Silahkan disimak.

Berbagai manfaat akar bayam

  • Melancarkan system pencernaan dalam tubuh

Jadi akar bayam ini mempunyai kemampuan untuk membantu proses pencernaan yang mencakup kesehatan lambung dan organ usus.

  • Mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar

Karena perannya untuk melancarkan system pencernaan, maka dari itu akar bayam juga membantu mengatasi sembelit. Yang mana akar ini berperan dalam menghancurkan atau melembutkan feses supaya mudah keluar.

  • Mencegah dan menyembuhkan wasir atau bisa disebut ambeien

Akar bayam juga baik untuk dikonsumsi para penderita wasir atau ambeien. Mengkonsumsi akar bayam di sertai pengobatan medis bisa mempercepat proses penyembuhan wasir.

  • Mengatasi keputihan

Ternyata selain untuk urusan perut, akar tanaman hijau ini juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap dan mengurangi frekuensi lender pada daerah kewanitaan. Hal itu karena kandungan antibakteri yang ada pada akar bayam.

Selain itu akar bayam juga bisa menyembuhkan brbagai penyakit lainnya. Misalnya, anemia (kurang sel darah merah). Mengatasi kondisi tubuh yang lemah, letih, lesu, melancarkan system peredaran darah, mengobati penyakit kencing nanah, melancarkan kencing pada penderita kencing tidak lancar.

Cara pengolahan akar bayam

Ciri – ciri sudah tau, manfaat juga sudah kami jelaskan. Nah, sekarang kami akan memberikan informasi terkait cara pengolahan akar dari tumbuhan bayam. Karena kalau kita hanya tau manfaatnya saja tetapi tidak bisa mengolahnya juga sia – sia. Maka dari itu berikut cara – cara sederhana untuk mengolah akar bayam.

  1. Jus akar bayam

Cara pertama untuk mengolah akar daun bayam adalah dengan membuat jus segar. Hal ini sangat mudah dilakukan oleh semua sahabat pembaca. Mengkonsumsi jus akar bayam secara rutin dua kali sehari akan membuat Anda terhindar dari keputihan bagi yang perempuan.

  1. Menumbuk akar bayam

Selain dibuat jus, akar bayam juga bisa di tumbuk samapi halus. Setelah ditumbuk, tambahkan garam sedikit saja lalu peraslah tumbukan akar bayam tersebut. Setelah disaring, air dari perasan itu bisa diminum dan dijadikan sebagai obat disentri.

  1. Merebus akar bayam

Siapkan 1 ikat akar bayam, dan sertakan adas pulawaras secukupnya. Kemudian rebus kedua bahan tersebut pada 1 liter air dan biarkan hingga mendidih. Setelah dingin, Anda bisa menyaring akarnya lalu minum airnya. Cara ini dapat bermanfaat bagi penderita kencing nanah dan kencing tidak lancar.

Baca juga ya: Manfaat dari akar bambu kuning

Nah, sekarang kita sudah mengetahui semua yang berhubungan dengan akar bayam sampai pada tahap pengolahan akar bayam itu sendiri. Sekarang marilah kita tidak lagi membuang akar bayam karena manfaatnya yang bisa mengobati penyakit serta mencegah datangnya penyakit kedalam tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Related For Inilah Beragam Manfaat Akar Bayam dan Cara Pengolahannya