Menu

Inilah Beberapa Manfaat Akar Bunga Matahari Yang Luar Biasa

October 22, 2016 | Akar Akaran

Mendengar nama Bunga Matahari yang terlintas di benak kita pasti Kuaci. Ya, Kuaci adalah salah satu camilan yang berasal dari biji Bunga Matahari dan sangat digemari oleh semua orang baik anak-anak maupun orang dewasa karena rasanya yang gurih, enak dan cocok dijadikan teman untuk bersantai. Bunga yang berasal dari negeri Adidaya ini termasuk ke dalam tanaman penghasil minyak. Bunga musiman yang selalu menghadap ke arah matahari ini sangat cocok ditanam di daerah yang datarannya tinggi.

manfaat-akar-bunga-matahari-yang-luar-biasa

Sebelumnya, apakah anda tahu kalau bagian Bunga Matahari tidak hanya bijinya saja yang dapat dimanfaatkan? Hampir semua bagian Bunga Matahari memiliki khasiat serta manfaat yang cukup besar untuk kesehatan pada tubuh kita. Mulai dari bagian akar, batang dan juga daun. Manfaat dari akar Bunga Matahari sama dengan manfaat yang terdapat pada biji, daun dan batangnya. Bahkan ada beberapa manfaat tambahan yang terkandung dalam akarnya. Nah, berikut ini akan kami share manfaat besar dari akar Bunga Matahari.

Manfaat Akar Bunga Matahari

Mencegah Penyakit Malaria

Akar Bunga Matahari dapat dijadikan sebagai penangkal atau anti terserang penyakit malaria. Untuk mencegah dan mengobati malaria, akan lebih ampuh jika dalam meramunya ditambahkan sumsum batang dan dasar Bunga Matahari. Selain akarnya, daun Bunga Matahari juga dapat dijadikan obat malaria. Zat yang terkandung di dalamnya dapat mematikan jenis bakteri plasmodium vivax yang masuk ke dalam pembuluh darah manusia ketika seseorang digigit oleh nyamuk Anopheles betina.

Mengobati Kanker Esophagus

Kanker esophagus memang jarang ditemukan, tetapi kanker ini termasuk ke dalam tujuh penyakit kanker yang tidak langka di seluruh dunia. Gejala awal kanker esophagus adalah mengalami kesulitaan ketika menelan makanan. Untuk mencegah dan mengobati kanker esophagus secara tradisional, anda dapat menggunakan akar Bunga Matahari yang dicampur dengan dasar bunga dan sumsum batang Bunga Matahari.

Mengobati Keputihan di Daerah Miss V

Akar Bunga Matahari juga berkhasiat untuk mengatasi masalah keputihan pada daerah kewanitaan. Jika keputihan terus menerus dibiarkan akan menimbulkan masalah yang serius dalam sistem reproduksi wanita. Lakukanlah pengobatan tradisional dengan menggunakan akar Bunga Matahari untuk mengobati masalah keputihan.

Melancarkan Kencing dan Buang Air Besar

Jika seseorang susah buang air kecil dan air besar akan menimbulkan penyakit pada pencernaan yang dapat berakibat infeksi. Untuk melancarkan proses pencernaan, minumlah air rebusan akar Bunga Matahari. Tips ketika anda merebus akar Bunga Matahari segeralah angkat ketika mendidih. Jangan terlalu lama merebusnya karena dapat merusak kandungan gizi di dalamnya.

Mengobati Batuk Rejan

Batuk rejan atau batuk menahun dapat beresiko mengancam nyawa seseorang jika yang terserang adalah anak-anak dan orang tua yang sudah lansia. Batuk ini begitu mudah menular dan kalau tidak segera diobati dapat menimbulkan penyakit pneumonia. Akar Bunga Matahari dapat dijadikan pengobatan alternatif untuk meredakan batuk menahun atau batuk rejan ini. Cara membuat ramuannya yaitu dengan merebus akarnya hingga mendidih dan jangan terlalu lama merebusnya. Begitu mendidih langsung sedera diangkat.

Mengobati Radang Pernapasan

Radang pada saluran pernapasan dapat diobati dengan akar Bunga Matahari. Selain mengobati radang pernapasan juga dapat mencegah radang lainnya. Seperti pegal linu, membantu menghilang nyeri ketika buang air, dan sebagainya.

Baca juga ya: Manfaat akar bayam

Mengatasi Radang Payudara

Untuk mengobati radang pada payudara, gunakanlah kepala Bunga Matahari yang sudah dihilangkan bijinya terlebih dahulu. Potong kecil-kecil kepala Bunga Matahari tersebut lalu dijemur. Setelah dijemur di bawah matahari, sangrai atau goreng tanpa menggunakan minyak sampai hangus kemudian tumbuk sampai halus atau menjadi serbuk. Sebanyak 15 gram serbuk kepala Bunga Matahari, tambahkan gula secukupnya, dicampur arak putih, dan seduh menggunakan air hangat. Minum sehari 3x.

Nah itu dia berbagai manfaat dari bunga matahari untuk kesehatan kita. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related For Inilah Beberapa Manfaat Akar Bunga Matahari Yang Luar Biasa