Menu

Inilah 13 Manfaat Akar Kelor Untuk Kesehatan

October 14, 2016 | Akar Akaran

Kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang juga anggota dari suku moringaceae. Tanaman satu ini memiliki nama ilmiah moringa oleifera yang kadang disebut pula dengan merungi di Indonesia. Tanaman kelor sendiri memiliki ukuran pohon yang mencapai 11 meter tingginya dan dengan daun berukuran kecil yang tersusun secara majemuk dalam satu tangkai.

akar-kelor

Baca juga: Manfaat akar pasak bumi

Tanaman kelor banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sayur ataupun obat-tradisonal. Tanaman kelor juga memiliki bunga dengan warna putih dan agak kekuningan. Bunga dari kelor memiliki tudung berupa pelepah bunga dengan warna hijau. Adapun bunga kelor, akan muncul sepanjang tahun dengan bau harum yang semerbak.

Tanaman kelor juga memiliki buah bernama kelentang dengan bentuk segitiga yang bisa pula digunakan sebagai bahan pembuatan sayur. Tanaman kelor, bisa ditemukan di banyak tempat bahkan ada beberapa negara yang ditumbuhi tanaman kelor dengan suburnya seperti Afganistan, Indonesia,  Bangladesh serta Pakistan.

Manfaat akar kelor bagi kesehatan

Selain daun dan buahnya yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan sayur sekaligus pengobatan, maka akar dari tanaman kelor juga sama berkhasiatnya. Bahkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Sidi Aritjahahja, yang juga merupakan dokter sekaligus herbalis dari Yogyakarta, menyebutkan jika kelor memiliki banyak kandungan sehat yang berguna dalam menyehatkan tubuh.

Terutama pada akarnya, akar kelor memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Akar kelor dapat digunakan sebagai bahan tradisonal untuk peluruh seni, obat batuk, peluruh dahak serta peluruh haid.
  2. Dapat digunakan sebagai obat dalam seperti epilepsi, dieretikum, gonorrhoea, antiskorbut hingga reumatik.
  3. Cocok bagi Anda yang mengalami penurunan nafsu makan.
  4. Sebagai obat pereda kejang.
  5. Untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit.
  6. Sebagai obat parem untuk menyembuhkan kaki yang terasa pegal dan lemah.
  7. Bagus untuk ibu hamil dalam keadaan lemas sehabis melahirkan. Adapun caranya adalah dengan ditumbuk lalu dioles-oleskan pada bagian perut ibu. Meski demikian, ingat untuk tidak dikonsumsi kala ibu sedang hamil, karena bisa memicu keguguran.
  8. Berguna dalam menyembuhkan bisul serta bengkak sebagai obat gorok. Pengobatan menggunakan akar kelor yang satu ini banyak diterapkan di India.
  9. Sebagai obat flu di Amerika Tengah.
  10. Untuk mengobati penyakit kulit bagi masyarakat Jawa.
  11. Mengobati penyakit beri-beri.
  12. Sebagai obat untuk mengobati penyakit ginjal serta malaria.
  13. Mencegah gangguan pada jantung serta masalah peredaran darah sehingga lebih stabil.

Bagi Anda dengan gangguan kesehatan seperti halnya di atas, tidak ada salahnya menggunakan akar daun kelor sebagai salah satu solusi pengobatannya.

Selain akarnya yang berguna dalam mengobati banyak jenis penyakit, daun dari tanaman kelor juga memiliki manfaat yang sama. Terlebih bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, daun kelor bisa digunakan sebagai penurun berat badan anda.

Untuk menurunkan berat badan dengan tanaman kelor, yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat teh daun kelor. Selain itu Anda juga bisa membuatnya sebagai campuran pada minuman smothie serta jus buah. Namun ingat, untuk menumbuk daun kelor terlebih dahulu hingga halus.

Teh herbal dari tanaman ini mampu melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga penurunan berat badan bisa dengan segera dicapai. Selain dikonsumsi dalam bentuk teh, daun dari tanaman ini juga bisa langsung dimakan. Meski demikian, rasa pahit yang dihasilkan, umumnya cukup menganggu. Inilah kenapa ada banyak orang yang memilih mengolahnya terlebih dahulu seperti dibuat sayur asem ataupun botok dan lain-lain.

Related For Inilah 13 Manfaat Akar Kelor Untuk Kesehatan