Menu

Inilah 5 Manfaat Akar Kuning Berikut Cara Pengolahannya

October 15, 2016 | Akar Akaran

Keberadaan akar kuning memang telah lama dikenal bahkan sejak dulu terutama untuk mengobati kerusakan hati. Akar kuning umumnya banyak ditemukan di hutan-hutan tropis yang ada wilayah Indonesia atau lebih tepatnya di pulau Kalimantan.

akar-kuning

Bagi penduduk Kalimantan, akar kelor menjadi tanaman serba guna dan sering juga dikonsumsi. Tidak heran jika di Kalimantan, banyak ditemukan para penjual tanaman akar kuning. Kebiasaan mengonsumsi akar kuning sendiri bukan tanpa alasan, karena jenis tanaman yang satu ini mampu menjaga kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat dari akar kuning adalah sebagai berikut.

Baca juga ya: Manfaat akar kelor

  1. Sebagai anti inflamasi

Salah satu manfaat dari akar kuning adalah sebaagi anti inflamasi. Akar kuning ini bisa digunakan dalam menenangkan membran lendir, sehingga banyak digunakan dalam obat cuci mata ataupun gangguan dalam saluran pernafasan.

Sebagai anti inflamasi, akar kuning juga dapat digunakan dalam meringankan alergi rhinitis, asma, radang tenggorokan hingga penyakit asma. Akar kuning juga bisa digunakan sebagai salep untuk mengatasi inflamasi kulit seperti eksim hingga psoniasis.

  1. Baik untuk pencernaan

Manfaat dari akar kuning yang selanjutnya adalah bagus untuk menyehatkan pencernaan. Akar kuning sendiri bisa digunakan dalam mengatasi gangguan pencernaan seperti diare, tukak lambung serta dispepsia. Selain itu, akar kuning juga bisa digunakan dalam mengatasi sembelit serta meningkatkan aliran empedu dan enzim pencernaan dalam memecah makanan.

  1. Sebagai tonik

Manfaat akar kuning yang lain adalah kemampuannya dalam membersihkan serta mendukung kerja dari kelenjar sekaligus membantu fungsi hati juga limpa. Akar kuning kini juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen dalam tubuh sehingga lebih mudah untuk dicari ataupun ditemukan.

Meski demikian, ada baiknya  Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi jenis suplemen tertentu.

  1. Sebagai antibiotik

Akar kuning dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan dari radikal bebas yang berakibat pada penyakit. Akar kuning sendiri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi serta kalsium yang bagus bagi tubuh. Hal ini juga menjadi alasan kenapa akar kuning menjadi tanaman yang bagus digunakan sebagai antibiotik.

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat akar kuning yang berikutnya adalah baik untuk menjaga kesehatan jantung kita. Akar kuning sendiri mampu menurunkan lipoprotein atau kolesterol LDL dalam tubuh. Penelitian yang telah dilakukan, menyebutkan jika akar kuning mengandung ekstrak goldenseal yang secara efektif mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Cara mengolah akar kuning

Dalam menggunakan akar kuning sebagai produk kesehatan, ada baiknya  Anda menggunakan cara pengolahan yang berikut ini.

  1. Siapkan akar kuning untuk kemudian dipotong-potong dan dijemur di bawah sinar matahari yang terik.
  2. Langkah berikutnya adalah dengan merebus akar kuning dengan 2 gelas air lalu tunggu hingga mendidih dan air rebusan berubah menjadi kuning.
  3. Selanjutnya saring dan pisahkan air sari akar kuning dengan ampasnya.
  4. Tunggu hingga dingin lalu minum air rebusan tersebut..

Selain diminum, penggunaan dari akar kuning juga bisa digunakan sebagai obat luar dengan cara dijadikan sebagai olesan.

Akar kuning memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, meski demikian, hal ini hanya berlaku jika  Anda mengonsumsinya dalam batas yang wajar. Saat  Anda terlalu banyak mengonsumsi akar kuning, maka gangguan pencernaanlah yang bakal  Anda rasakan seperti muntah, mual, buang air kecil berlebih, diare hingga terjadinya iritasi pada kulit.

Selain itu, ada baiknya bagi ibu yang tengah hamil menghindari akar kuning terlebih dahulu, karena bisa menyebabkan terjadinya hal yang tidak diinginkan di kala kehamilan. Akar kuning sendiri bisa menimbulkan efek pencahar pada ibu hamil.

Related For Inilah 5 Manfaat Akar Kuning Berikut Cara Pengolahannya