Menu

Inilah 10 Manfaat Alang-Alang Merah Yang Wajib Anda Ketahui

August 16, 2016 | Alang Alang

Alang-alang merupakan salah satu jenis tanaman yang berguna untuk menunjang kesehatan sekaligus sebagai tanaman obat. Keberadaan alang-alang sendiri cukup banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Meski demikian, tanaman ini sering dianggap sebagai gulma dan menganggu tumbuh kembang tanaman lain.

Baca juga: Kandungan dan manfaat alang alang untuk kesehatan

Manfaat alang alang merah

Alang-alang termasuk dalam tanaman obat mengingat daun serta akarnya mengandung nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Beragam manfaat alang-alang bagi tubuh antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Membantu melancarkan buang air kecil

Buang air kecil yang tidak lancar seirngkali dialami oleh masyarakat. Susah buang air kecil bisa membuat area intim terasa tidak nyaman karena timbul rasa sakit. Mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan alang-alang sebagai salah satu pengobatannya. Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan menyeduh alang-alang menggunakan gula batu.

  1. Mengatasi gangguan pernapasan asma

Cara mengatasi penyakit asma menggunakan alang-alang, bisa dilakukan dengan cara menyiapkan alang-alang seratus gram, garam, sirih 50 gram, kencur 50 gram lalu rebus menggunakan air bersih sebanyak 200 ml. Setelah air bersisa setengahnya saja, anda bisa menyaring lalu meminumnya secara teratur.

  1. Mengatasi gangguan keputihan

Salah satu masalah yang kerapkali ditemui oleh kaum hawa, adalah masalah keputihan. Keputihan sendiri bisa diatasi menggunakan bahan alami dimana salah satunya adalah alang-alang.

Penggunaan alang-alang dalam mengatasi keputihan, bisa dilakukan dengan cara merebus akar alang-alang dengan tambahan pulasari dan pepaya. Gunakan air rebusannya untuk diminum di pagi serta malam hari.

  1. Mengatasi mimisan

Keluarnya daerah dari area hidung atau mimisan, bisa dihentikan dengan alang-alang. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan akar alang-alang sebanyak 200 gram. Selanjutnya cuci akar alang-alang hingga bersih lalu rebus menggunakan 6 gelas air. Tunggu air rebusan hingga tinggal setengahnya saja. Dinginkan dan saring lalu konsumsi 3 kali dalam sehari.

  1. Mengatasi gangguan prostat

Gangguan pada prostat bisa dicegah dengan secara rutin melakukan olahraga dan mengonsumsi jenis makanan yang sehat. Untuk pengobatan, anda bisa menggunakan 500 gram akar alang-alang yang kemudian direbus ke dalam 6 gelas air. Tunggu hingga air tinggal setengahnya. Konsumsi ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Mengobati gangguan pencernaan diare

Cara mengobati diare menggunakan alang-alang, bisa dilakukan dengan cara menyiapkan akar alang-alang sebanyak 250 gram. Selanjutnya cuci akar alang-alang hingga bersih lalu rebus menggunakan 2 gelas air. Tunggu selama kurang lebih 15 menit. Langkah berikutnya dalah dengan menyaring air lalu konsumsi setelah buang air besar.

  1. Mengobati muntah darah

Penggunaan akar alang-alang, cukup beragam dimana salah satunya adalah untuk mengobati muntah darah. Cara mengobati muntah darah, bisa dilakukan dengan cara mengambil 60 gram akar alang-alang yang seblumnya telah dicuci hingga bersih. Lanjutkan dengan memotong-motong akar alang-alang lalu rebus menggunakan 2000 cc air.

Setelah air bersisa 1200 cc saja, anda bisa mengonsumsinya sebanyak 3 kali dalam sehari. Supaya rasanya lebih enak, anda bisa menambahkan sedikit gula batu. 

  1. Mengobati demam akibat kencing darah

Salah satu gejala yang muncul dari penyakit kencing darah adalah demam. Cara mengatasi demam, bisa dilakukan dengan cara menyiapkan 1 sendok makan penuh alang-alang, beberapa potong tang kwe. Rebus kedua bahan lalu konsumsi setelah air bersisa separuhnya saja. konsumsi ramuan ini hingga air kencing normal dan suhu tubuh turun.

  1. Mengatasi kencing batu

Kencing batu bisa terjadi ketika terjadinya endapan kalsium pada kandung kemih. Gangguan ini menyebabkan rasa sakit di area kemaluan dan sulit buang air kecil. Cara megatasi kencing batu, bisa dilakukan dengan cara menyiapkan akar alang-alang, kumis kucing, juga daun meniran.

Rebus semua bahan di atas lalu tunggu hingga airnya mendingin. Jika diminum secara teratur, ramuan ini berguna untuk menghancurkan endapan batu yang terdapat pada kandung kemih.

  1. Mengatasi gangguan hipertensi

Hipertensi yang juga sering disebut dengan gangguan tekanan darah tinggi, dapat terjadi ketika ada lemak dan kolesterol yang mengendap dalam tubuh. Penggunaan akar alang-alang, bisa digunakan untuk mengurangi gangguan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit komplikasi.

Meski banyak dianggap sebagai tanaman penganggu, namun nyatanya alang-alang, memiliki banyak khasiat yang tidak perlu diragukan lagi kehebatannya.

Related For Inilah 10 Manfaat Alang-Alang Merah Yang Wajib Anda Ketahui