Menu

Kandungan & Manfaat Bangle untuk Menurunkan Berat Badan

September 5, 2016 | Bangle

Bagi anda yang tengah menjalankan program melangsingkan badan, anda bisa menggunakan berbagai bahan alami untuk membantu mewujudkan impian anda. Adapun bahan alami yang bisa anda gunakan, salah satunya adalah bangle. Bangle merupakan herbal rempah yang dapat membantu anda meluruhkan lemak dalam tubuh.

Bangle masih satu kerabat dengan jahe-jahean dengan banyak sekali manfaat di dalamnya. Bukan hanya digunakan oleh orang awam, namun bangle juga banyak digunakan oleh ibu pasca persalinan untuk membuat perut mereka kembali kecil.

manfaat bangle untuk menurunkan berat badan

Kandungan sehat dalam bangle

Bangle memiliki bentuk daun yang lonjong, bunga majemuk dengan bagian bonggol bunga mirip dengan bulat telur. Selain itu, bangle memiliki rumpun yang padat dan memiliki kandungan sehat seperti yang berikut ini.

  1. Minyak atsiri
  2. Terpenin
  3. Tannin
  4. Abinen
  5. Cassumunarin
  6. Fenilbultanoid

Dengan kandungan sehat yang tersimpan dalam bangle diatas, tidak heran jika bangle bagus digunakan dalam menyehatkan badan sekaligus menurunkan berat badan berlebih.

Bangle untuk membantu program diet

Hal yang cukup disayangkan dari penggunaan bangle adalah tidak banyak orang yang tahu akan khasiat bahan alami satu ini. Berbeda dengan jahe, temulawak atau bahkan kunyit yang telah dikenal secara luas oleh masyarakat, nama bangle masih tergolong asing sehingga tidak banyak orang tahu.

Keberadaan bangle dengan manfaatnya sebagai pembentuk tubuh ideal, telah dieliti oleh pusat studi Biofarma di IPB. Pusat studi ini menyatakan jika tanaman bangle, merupakan salah satu komponen penting yang berguna dalam mengecilkan ukuran tubuh.

Melalui kandungan yang tersimpan dalam bangle, tanaman ini dapat membantu tubuh dalam memproduksi lipase. Lipase sendiri adalah sejenis enzim yang berada dalam sistem pencernaan tubuh manusia. Lipase memiliki tugas dalam melakukan sekresi pada hati. Keberadaan lipase, dapat membantu memecah lemak dalam tubuh menjadi gliserol. Alhasil, lemak dalam bentuk gliserol ini akan lebih mudah diproses melalui pembakaran dalam tubuh, untuk kemudian dijadikan sebagai energi.

Di dalam bangle, tersimpan pula zat yang bernama terpenim. Senyawa yang satu ini berguna dalam mengurangi adanya pengaruh dari sistem fruktosa serta enzim dalam tubuh. Terpenim juga mampu mengubah gliserol yang tidak lagi dipakai oleh tubuh, untuk dijadikan sebagai trigliserida atau cadangan lemak untuk kemudian disimpan dalam organ hati serta sel dalam tubuh manusia. Dengan tidak adanya lemak cadangan, secara otomatis lemak akan luruh ke dalam pencernaan dan dibuang dalam bentuk feces.

Riset mengenai bangle oleh pusat study Biofarma IPB, menemui beberapa hasil seperti halnya tingkat keefektifan bangle dalam menurunkan berat badan tubuh. Bangle dipercaya dapat membantu pembakaran asupan lemak di dalam tubuh oleh sistem metabolisme. Bangle juga membantu menghambat proses terbentuknya cadangan lemak di dalam tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Campuran Kunyit dan Jeruk Nipis Yang Menakjubkan

Cara menggunakan bangle dalam melangsingkan tubuh

Cara menggunakan bangle dalam menurunkan berat badan, bisa anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan bangle secukupnya.
  2. Bersihkan bangle hingga bersih lalu parut dan peras airnya.
  3. Masukkan gula aren yang sebelumnya telah dihaluskan.
  4. Aduk bahan di atas hingga merata. Anda bisa juga menambahkan air supaya ramuan tidak terlalu kental.
  5. Konsumsi secara rutin.

Jika memang kurang suka dengan gula aren, anda bisa menggunakan gula murni atau bahkan madu ke dalam ramuan anda. Konsumsi ramuan secara rutin dan rasakan hasilnya secara lebih cepat.

Mengingat sekarang telah tersedia ekstrak bangle yang dikemas dengan harga yang terjangkau, maka anda tidak perlu repot-repot membuat ramuan bangle sendiri.

Related For Kandungan & Manfaat Bangle untuk Menurunkan Berat Badan