Menu

5 Manfaat Campuran Kunyit Dan Kuning Telur

September 4, 2016 | Kunyit

Indonesia kaya akan tanaman dan rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami berbagai penyakit. Salah satu tanaman yang sering digunakan dalam pengobatan herbal maupun dalam bidang kuliner. Salah satu kandungan yang terkenal dari kunyit yakni senyawa kurkuminoid yang bisa berperan sebagai anti bakteri, anti inflamasi dan sumber antioksidan.

Ketika digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, biasanya kunyit dikombinasikan beberapa bahan lain salah satunya yakni kuning telur yang kaya akan protein. Campuran kunyit dan kuning telur ini dipercaya oleh masyarakat sejak jaman dahulu untuk meredakan berbagai gejala penyakit serta meningkatkan stamina tubuh. Lalu apa saja manfaat kunyit campur kuning telur bagi kesehatan? Berikut ini ulasannya.

Manfaat kunyit dan kuning telur

Beberapa Manfaat Campuran Kunyit Dan Kuning Telur Bagi Kesehatan

  1. Meredakan demam

Jika anak Anda demam, jangan panik, Anda bisa membuat ramuan kunyit campur kuning telur dan madu untuk meredakan demam anak Anda.

Demam biasanya disebabkan karena adanya infeksi atau peradangan di dalam tubuh. Kandungan protein, zat besi, anti mikroba, anti inflamasi dan antioksidan pada campuran kunyit, kuning telur dan madu bisa mempercepat proses penyembuhan serta meredakan infeksi penyebab demam tersebut.

Untuk membuat ramuan kunyit campur kuning telur ini cukup mudah, Anda bisa mencampurkan air perasan kunyit dengan kuning telur ayam kampung kemudian aduk hinga rata. Untuk menambah rasa ramuan serta mengurangi bau anyir dari telur, Anda bisa menambahkan madu ketika mengkonsumsi ramuan ini.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bagi Anda yang sedang dalam masa pemulihan dari sakit atau mengalami kelelahan karena pekerjaan, Anda bisa meminum ramuan atau tonik kunyit campur kuning telur untuk memulihkan stamina dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara membuat tonik kunyit ini yakni dengan menghangatkan ½ cangkir santan. Kemudian menambahkan 1 sdt bubuk kunyit, 1 butir kuning telur, 1 siung bawang putih yang telah dipotong dadu ke dalam santan. Aduk hingga merata, minuman tonik kunyit siap dihidangkan.

  1. Meredakan nyeri haid

Campuran kunyit dan kuning telur juga bermanfaat untuk meredakan nyeri haid yang sering muncul di hari pertama haid.

Kandungan zat besi pada kunyit membantu meningkatkan produksi sel darah sedangkan kandungan kurkuminoidnya juga membantu melemaskan otot-otot rahim sehingga mengurangi nyeri ketika haid. Selain itu, kandungan protein pada kuning telur dan madu membantu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan stamina dan mengurangi rasa letih ketika sedang haid.

Anda bisa membuat ramuan pereda nyeri haid ini dengan mencampur air perasan kunyit, kuning telur ayam kampung dan 1 sdm madu. Minumlah ramuan ini seminggu sekali niscaya haid akan menjadi lancar dan nyeri haid pun akan berkurang.

  1. Meredakan sakit maag kronis

Bagi Anda yang memiliki sakit maag kronis, Anda bisa mengkonsumsi ramuan kunyit campur kuning telur dan madu untuk meredakan sakit maag yang Anda derita. Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini sekali sehari dengan diimbangi banyak minum air putih agar sakit maag tak kambuh lagi.

  1. Meredakan arthritis atau radang sendi

Campuran kunyit dan kuning telur juga baik dikonsumsi bagi Anda yang sering mengalami nyeri sendi atau arthritis. Fungsi anti inflamasi senyawa kurkuminoid pada kunyit membantu mengurangi peradangan serta kandungan protein pada kuning telur membantu proses pembaruan sel-sel tubuh sehingga membantu mengurangi nyeri akibat peradangan tulang dan sendi.

Anda bisa membuat ramuan pereda radang sendi ini dengan mencampur 1 sendok makan kunyit bubuk dan 1-2 butir kuning telur dengan 1-2 sendok teh minyak kelapa. Aduk hingga merata. Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini dengan mencampurnya ke dalam minuman jus agar lebih nikmat saat diminum. Sebaiknya lakukan hal ini 1-2 kali dalam sehari hingga nyeri sendi mereda.

 

Related For 5 Manfaat Campuran Kunyit Dan Kuning Telur